[daily writing][carousel][6]

April 03, 2018

Menjelajah Solo, Kota Yang Ramah Dan Teduh

3:01 AM
"menyusuri kota adalah salah satu cara bersentuhan dengan sejarah. melepaskan pandangan ke hiruk pikuk masyarakat sambil mengambil makna mengenai peradaban lain yang luar biasa di luar sana"

Setelah beristrikan orang Jawa, sekarang saya mulai akrab dengan Kota Solo. Saya juga sudah beberapa kali melakukan perjalanan Solo - Pekanbaru tapi sayangnya dari beberapa waktu lalu saya belum sempat untuk mengeksplorasi lebih jauh kota Solo. Kebetulan pertengahan Maret 2018 ini kami pulang lagi ke Solo, saya bilang ke istri saya untuk berkeliling sesampainya di sana. 

Sambil mengecek Aplikasi Skyscanner untuk melihat-lihat  tiket pesawat, siapa tahu tiket pesawat Garuda Indonesia sedang ada Penawaran menarik kan?.

Kami landing di Bandara Adi Sucipto jumat siang dan dilanjutkan perjalanan darat ke Solo sekitar 1 jam. Dulunya saya berpikir bahwa Solo ini adalah satu wilayah dengan Jogjakarta tapi ternyata tidak, Solo ternyata bagian dari karesidenan Surakarta dan masuk ke dalam provinsi Jawa Tengah.


hiasan dinding Bandara Adi Sucipto.
Orang Jawa terkenal dengan tata krama yang sangat terjaga. Di Jalan saja ketika lampu merah berganti hijau kendaraannya tidak terlalu berambisi untuk menerobos, malah kadang saya yang dibuat gregetan di jalan karena bergeraknya terlalu lama. sangat berbeda dengan tipikal orang-orang di Sumatra. 

Jalanan di Solo juga sampai sekarang masih membingungkan buat saya, masuk di jalan yang satu dan untuk balik harus berputar ke jalan lainnya. belum lagi beberapa jalan yang searah menambah keruwetan di kepala. Uniknya, Solo memiliki jalur lambat yang harusnya bisa memecah kepadatan di jalur utama, sayangnya sejauh pengamatan saya tidak terlalu banyak di manfaatkan kecuali untuk parkir mobil.

Nuansa Kota
Kota yang sangat tertata rapi, itulah kesan saya pertama kali ketika datang ke Solo dulu. Walaupun awalnya saya merasa rumah-rumah atau bangunan saling berdempetan. Mungkin karena keterbatasan lahan dan jumlah orang yang datang atau pindah setiap tahunnya.

Kota ini juga termasuk kota yang rimbun, kamu bisa menemukan pohon-pohon besar di sepanjang jalan. Menurut istriku, dulunya Solo tidak seramai ini tapi dengan berkembangnya kota otomatis jumlah penduduknya pun kian ramai. Tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya, Solo selalu terlihat sibuk setiap hari. Kendaraan hilir mudik tidak henti-hentinya. 
Persimpangan jl. Slamet Riyadi.
Alun-Alun.
Selama saya berkeliling dan bolak-balik beberapa kali mengunjungi kota ini, saya melihat bahwa Masyarakat Solo sangat menjaga apa yang diturunkan orangtua mereka misalnya bangunan-bangunan yang sudah berumur masih terjaga atau mungkin rumah-rumah yang tetap di pertahankan walaupun sudah beralih fungsi menjadi toko. Sehingga bangunan yang kita lihat disini akan lebih bervariasi.



Bank Indonesia gedung baru dan lama yang bersebelahan.
Pasar Gede.
Kereta Batara Kresna.
Saya menyempatkan diri menyusuri jl. Slamet Riyadi hingga ke Jl. Sudirman karena di sini ada beberapa tempat menarik yang bisa di tuju dengan berjalan kaki seperti Benteng Vastenburg, Museum bank Indonesia Surakarta, Balai Kota, Pasar Gede dan beberapa tempat lainnya.

Keraton Kasunanan Surakarta
Dari persimpangan PGS (Pusat Grosir Solo) kamu bisa langsung menuju ke Keraton Kasunanan  Surakarta melewati alun-alun. Dulu saya pernah melewatinya tapi tidak sempat untuk masuk dan berkeliling. setelah alun-alun, kamu akan menemukan dinding-dinding tinggi yang merupakan area Keraton. Dari depan keraton ini terlihat megah dengan warna biru dominan di tiang dan pintunya.


Kasunanan Surakarta.
Untuk masuk ke dalam Keraton kamu harus membeli tiket masuk dengan harga Rp.10.000. Kamu bisa melihat-lihat barang-barang yang dulunya digunakan oleh keraton seperti kursi, senjata, hingga kereta kencana. di Keraton Kasunanan Surakarta ini juga ada Tour Guide jika kamu ingin menggali informasi lebih dalam lagi seputar keraton. 

Gerbang Kasunanan Keraton Kasunanan Surakarta.
Lorong Keraton.
Kita bisa berphoto di depan Kasunanan bersama bapak-bapak ini.
Di Keraton ini kamu bisa berphoto dengan penjaga keraton. Bapak-bapak ini sangat ramah dan sangat sabar menghadapi ramainya orang-orang yang ingin berphoto bersama. Mereka juga saling bergantian untuk mendampingi pengunjung.

Mencoba Tape dan Emping
Awalnya saya agak penasaran ketika di tawari satu bungkus daun pisang ini. Katanya ini adalah tape. Memang agak berbeda dengan tape yang sering saya lihat biasanya. Isinya adalah tape dan ketan hitam yang di campur. Cara makannya juga unik, menggunakan emping sebagai sendoknya. Ini merupakan perpaduan yang sedikit lucu buat saya. Belum pernah terbayangkan oleh saya menjadikan emping akan di jadikan teman makan tape ini. Jika kamu ke Solo kamu harus mencoba tape yang satu ini.

Tape Solo

Susu Segar Favorit
Di Solo, Saya melihat banyak sekali yang berjualan susu segar di kota Solo. Saya tidak tahu kenapa tapi mungkin masyarakat Solo memiliki kebiasaan minum susu segar. Istri saya juga ternyata termasuk penyukanya, malah sudah menjadi langganan. Ketika di Pekanbaru dia juga sering bertanya dimana kira-kira bisa membeli susu segar seperti yang dia temui di Solo.Tapi di Pekanbaru juga sangat jarang penjual susu seperti di Solo ini.

Ada dua merk Susu segar yang menurut istri saya cukup terkenal di Solo yaitu She Doel dan Shi Jack. Warung Susu Segarnya juga bisa kita jumpai di pinggir-pinggir jalan kota Solo.

Susu Segar tepi jalan
Soto Untuk Sarapan
Kebiasaan lain orang Jawa adalah sarapan Soto. Kalau di Sumatra mungkin lebih populer sarapan Lontong sayur tapi di Jawa lebih dekat dengan Soto. Di Solo, saya punya satu tempat sarapan Soto yang selalu saya datangi jika saya berkunjung. Selain Sotonya, saya juga sangat suka dengan tahu goreng yang di jual disini. Tempat Soto ini bernama Soto Boyolali Mbah Boniyem yang terletak di jl. Adi Sucipto.Tempat ini juga sangat ramai setiap harinya, Malah terkadang kita mengantri dulu menunggu pengunjung lainnya selesai menikmati hidangan.


Pelanggan sedang menikmati Soto.
Soto Mbok Boniyem yang selalu ramai.
Nongkrong di Solo
Selain berjalan-jalan mengelilingi kota, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mencari tempat tongkrongan yang asik di Solo. Saya sangat setuju bahwa Solo punya banyak tempat yang bisa dikunjungi baik itu untuk makan maupun untuk sekedar nongkrong.

Kali ini saya berkunjung ke tempat yang lumayan kece, namanya wedangan Gulo Klopo yang beralamat di jl. Diponegoro no 123, Wirogunan Kartasura.Tempatnya sangat bersih dan luas. Pilihan makanannya juga sangat banyak hingga saya sampai bingung untuk memilihnya, Ditambah musik akustik yang asik menemani kita menyantap makanan. Tempat ini juga berkonsep terbuka dengan beberapa gazebo. parkirnya juga sangat lega serta ada patung garuda besar ditengah atas tempat kita memilih makanan yang berdiri kokoh. 

Berbagai jenis pilihan makanan di angkringan


Suasana di Gulo Klopo

Nasi Liwet Malam Hari
Katanya kita belum sampai di Solo jika belum mencicipi makanan yang satu ini. biasanya Nasi Liwet ini bisa kita temukan di sepanjang jl. Slamet Riyadi dan Keprabon pada malam hari, walaupun kita juga bisa mendapatinya di pagi hari, tapi lebih mudah di jumpai di malam hari. Beberapa saudara istri saya yang di Surabaya malah sering menyempatkan diri untuk singgah ke Solo hanya demi mencicipi Nasi Liwet di sini. 

Nasi Liwet source : https://travelingyuk.com/nasi-liwet-solo/72339/
Pernikahan Adat Jawa
Salah satu tujuan kami ke solo adalah untuk menghadiri acara pernikahan teman istri saya. Kebetulan acaranya memakai adat jawa dan saya juga sampai sekarang masih ingin tahu seperti apa kira-kira pernikahan adat jawa ini. Karena kami dulu tidak menggunakan Prosesi Jawa. 

Biasanya di jawa, untuk acara pernikahan diadakan beberapa jam saja karena keterbatasan waktu penyewaan gedung. Setahu saya, acara pernikahan diadakan pagi sekitar jam 10 hingga jam 1 siang atau di malam hari. 

Dengan waktu yang tidak terlalu panjang tentunya membuat pengantin dan keluarga bisa dengan cepat untuk menyelesaikan acara. Tidak seperti di Sumatra yang bisa diadakan sehari penuh. 

Acara Pernikahan di Solo
Untuk persoalan Kateringpun juga ada dua jenis sesuai dengan kebutuhan yaitu sistem piring lempar dan prasmanan. Keduanya sama-sama punya kelebihan masing-masing. Menurut istri saya piring lempar itu biasanya berasa lebih jawa dan lebih terstruktur. misalnya untuk pembuka akan di keluarkan appetizer dulu setelah itu ada sup atau selat dan dilanjutkan dengan makanan utama setelah itu baru disediakan dessert. kalau Prasmanan suasana acaranya akan lebih santai.

Salah Satu Prosesi Pernikahan Adat Jawa.
Selat, Makanan Khas Solo.

Akhirnya pulang ke Solo kali ini membawa keseruan tersendiri buat saya, ada hal-hal baru lagi yang saya dapat. Perjalanan ke Solo akan selalu menarik dan menyenangkan. Saya yakin kota-kota lainnya di Indonesia punya rahasianya sendiri yang belum di jelajahi tapi yuk kita datangi pelan-pelan satu persatu. Mau itu ke pantai atau ke gunung, Indonesia itu tetap indah. Sampai jumpa di perjalanan selanjutnya.

disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

March 31, 2018

Tidak Jauh Dari Jakarta, Maksimalkan Liburan Singkatmu di Kepulauan Seribu

5:31 AM
Tidak Jauh Dari Jakarta, Maksimalkan Liburan Singkatmu di Kepulauan Seribu

Weekend itu berharga, jangan dihabiskan hanya tidur-tiduran saja. Tapi juga jangan pergi ke mal karena Jakarta punya segudang destinasi wisata yang tidak jauh dari pusat kotanya. Tidak perlu khawatir dengan jaraknya, kamu tidak repot mencari tiket murah untuk terbang kok kalau ingin berwisata ke sekitaran Jakarta seperti ke Kepulauan Seribu di utara ibukota. Meskipun dekat, kamu bisa memaksimalkan rasa liburan di Kepulauan Seribu yang penting tahu cara mendapatkannya. Bagaimana?

Bantingan, Transportasi ke Kepulauan Seribu Jadi Murah

Pergi sendirian memang tidak banyak kendala, tapi biaya jadi bisa membengkak karenanya. Ajak saja beberapa teman untuk pergi bersama ke Kepulauan Seribu dan menikmati liburan di sana. Kepulauan Seribu bisa diakses dengan perahu penyeberangan kok, dan menghabiskan waktu di perjalanan paling asyik bersama teman bukan? Semakin banyak yang diajak semakin baik untuk anggaran pengeluaran bersama. Bayarnya jadi lebih ringan, karena ongkos sewa perahu dibagi bantingan berbanyak.

Satu Kali Trip untuk Satu Pulau

Kepulauan Seribu sangat terjangkau jaraknya dengan ibukota, tapi ada baiknya setiap trip kamu fokuskan pada satu pulau saja. Misal, berkunjung ke Pulau Pramuka dan mengeksplorasi segala yang ada di pulau tersebut, sampai puas. Lain kali bisa dilanjut lagi kamu bisa mengajak teman-teman yang sama mengunjungi Pulau Tidung, Pulau Bidadari, atau Pulau Harapan pada trip berikutnya agar setiap pulau yang dikunjungi puas dijelajahi tanpa harus berpindah dari satu ke yang lain.

Pilih Travel Agent yang Punya Reputasi Jempolan

Ada banyak pilihan tour yang ditawarkan untuk ke Kepulauan Seribu. Jangan tergiur dengan harga tiket murah yang ditawarkan oleh agen travel kurang pengalaman. Sebaiknya pilih yang pasti-pasti saja, yaitu agen perjalanan ke Kepulauan Seribu yang sudah tahu setiap lekuknya. Selain nggak khawatir kena tipu, perjalananmu juga bakal lebih maksimal dan terjamin kepuasannya.

Jadilah Traveler Peduli Alam

Senang-senang saat liburan itu sah-sah saja. Tapi jangan sampai keceriaan berganti penyesalan gara-gara kesembronoanmu sendiri. Jadilah traveler yang bertanggung jawab, baik pada diri sendiri, travel agent, dan peserta lainnya. Hindari keinginan untuk melanggar peraturan yang sudah diterapkan oleh tour guide. Misal, menyentuh terumbu karang secara serampangan saat diving atau snorkeling. Taati peraturan yang ada supaya perjalanan kamu lebih nyaman termasuk jangan buang sampah sembarangan!

Berburu Spot Fotogenik

Salah satu kewajiban traveler saat ini adalah menemukan spot fotogenik. Bila perlu, spot tersebut nggak pernah difoto orang lain karena semakin langka dan menarik sebuah pemandangan, semakin besar pula apresiasi yang didapatkan ketika diunggah ke media sosial. So, jangan lupa untuk berburu spot-spot fotogenik di Kepulauan Seribu dan share ke teman-teman di Jakarta.
Menarik bukan?

March 12, 2018

Apa Yang di Butuhkan Millenials Untuk Bertahan di Zaman Sekarang?

7:49 AM

Di era globalisasi sekarang ini memang tantangannya akan bertambah berat apalagi dengan mudahnya akses internet membuat persaingan semakin seru. Udah mirip iklan aja ini pembukaannya tapi itu adalah fakta yang terjadi sekarang ini. Kita juga bisa melihat bagaimana anak-anak usia tahunan saja sudah menguasai bidanganya dengan sangat baik. Ada yang sudah bisa main drum di usia 3 tahun, ada yang sudah jadi atlet di usia 4 tahun, atau maen skateboard di usia 18 bulan. Kita bisa melihat bagaimana masa depan menyapa nantinya. Dan tentu saja Generasi Z tidak lama lagi akan mulai bersaing dengan Generasi Milenial. Apakah Generasi sudah mempersiapkan diri?

dalam prosesnya, Generasi Milenial termasuk generasi yang sangat independent dan juga tidak suka repot. Mereka juga sangat senang memiliki barang-barang yang bisa mengidentifikasi mereka langsung misalnya menggunakan gaya tertentu, tidak senang di atur, dan Open Minded, yaps! itu Millenial.

Dengan kemampuan belajar, beradaptasi mereka yang luar biasa ini, dan semakin semaraknya perkembangan zaman. saya mengambil kesimpulan ada beberapa point yang bisa membuat mereka  bisa bertahan di zaman sekarang, apa itu? kuy simak.

PENGETAHUAN
Agar tetap bisa bertahan, Milenial di tuntut untuk terus mengupdate diri. Pengetahuan menjadi hal utama untuk bisa bertahan di era digital sekarang. Apalagi kecepatan informasi yang masuk dari segala arah juga memaksa orang-orang untuk merubah cara pikirnya. generasi milenial harus berani mengambil resiko untuk terus menerus menimbah ilmu agar tidak tercecer oleh generasi Z.


GADGET DAN INTERNET
Dengan jangkauan dunia yang sudah tidak terbatas saat ini, tentunya Gadget dan Internet juga menjadi hal wajib untuk generasi milenial ibarat kata nih kaum milenial melihat gadget sebagai kebutuhan primer. Menyelami dunia internet bisa membawa berkah tersendiri bagi kaum milenial malah sudah banyak kita lihat sekarang ini usaha-usaha berkembang sangat cepat di internet. misalnya tidak punya toko tapi bisa menghasilkan ratusan juta perbulan, atau membangun personal branding dan akhirnya bisa di gaet untuk kerjasama dengan brand-brand keceh. bisa banget pastinya.

BAHASA INGGRIS ++
Bahasa Inggris juga menjadi tantangan tersendiri nih buat milenial sekarang. Bahasa Inggris sudah jadi menu wajib apalagi di tambah kemampuan bahasa lainnya tentu saja akan menambah nilai tambah. Jadi yuk mulai berlatih lagi memperlancar bahasa Inggris dan kalo bisa ditambahkan dengan bahasa lainnya.

CONTENT
Zaman sekarang content yang baik akan selalu bisa menarik perhatian dan memiliki pasarnya sendiri. Kreatifitas adalah salah satu elementnya. Saya ingat salah satu pesan yang disampaikan Pandji yang bilang "sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik" maksudnya adalah dengan persaingan yang semakin ketat kita juga diharapkan untuk menghadirkan Content-content yang memang berbeda atau istilah lainnya keluar dari kerumunan. kita bisa lihat sesuatu yang viral datang dari tingkah-tingkah yang di luar dugaan kita, atau lahir dari hasil berpikir yang tidak biasa.

kamu bisa baca juga : DUNIA TIDAK DICIPTAKAN UNTUK MEMENUHI KEINGINAN KITA

BARANG YANG MENDESKRIPSIKAN DIRI
Nah ini yang sangat menarik menurut saya, Anak-anak milenial sangat senang dengan barang yang menurut mereka "saya banget". Cara Melihat suatu Brand juga mulai berbeda. Beberapa orang memilih barang dengan merk yang bisa mendefenisikan siapa mereka.  Dan tak jarang malah anak-anak milenial membuat Produk sendiri dan ini peluang loh!.

pada akhirnya kaum Milenial memiliki kesempatan untuk menjadi generasi yang bergerak dengan sangat cepat dan dinamis. Walaupun punya skill adaptasi yang tinggi tapi Milenial harus tetap belajar agar tetap bisa survive. Nah jika kalian punya pendapat yang berbeda atau Kalau menurut kalian apalagi yang harus dimiliki oleh Generasi milenial agar tetap bisa bertahan? silahkan balas dikomen ya see ya!

March 05, 2018

Menolak Menjadi Tamak

7:05 PM

Dalam beberapa percakapan saya bersama seorang teman diskusi. Kami mendapati kasus dimana ada beberapa orang yang menjalankan bisnisnya dengan sangat unik. Misalnya seperti penjual sepeda yang membatasi produksi sepedanya berapa ratus unit saja setahun dan jika ada pemesanan maka mereka akan memasukkannya untuk pesanan tahun berikutnya. Ini sesuatu yang nenarik di tengah komersialisasi atau kapitalisme yang ingin membesarkan bisnis mereka sebesar besarnya dan sekokoh kokohnya. Mereka malah memilih cara yang sangat jauh dari biasa. 

Menurut saya ini adalah strategi dimana beberapa pemain menjaga level aman dengan hanya menjadi kelas menengah. Menariknya ini bisa jadi model bisnis yang sangat cocok dengan tipe milenial dimana mereka tetap bisa mengekpresikan diri dan juga menjadi yang terbaik di bidangnya dengan tetap passionate dengan apa yang di lakukan dan juga bersenang2 tepat waktu. Bukannya "cukup" sudah sangat cukup buat kita? 

Fenomena ini juga mungkin sangat membingungkan untuk kita karena pemahaman bisnis kita bisa jadi berfokus pada scale up tapi beberapa kasus di atas sangat berbeda.. Mereka menjaga kualitas dan eclusive-nya produk mereka. Dengan kata lain memilih niche yang menurut mereka tepat dan mempertahankan demand untuk pembeli yg tepat. walaupun dalam beberapa kesempatan Scale Up Bisnis bisa menjadi option untuk bisnis apapun agar bertumbuh lebih hebat lagi.

Kasus yang seperti ini saya pelajari juga di salah satu film berjudul Children Heaven yang mengisahkan seorang anak yang ingin memiliki sepatu dimana dia harus bergantian dengan adiknyakarena mereka hanya memiliki 1 sepatu. akhirnya dia mengikuti perlombaan dan ketika mendapat juara 1 dia malah bersedih karena ternyata dia hanya menginginkan juara 3 yang hadiahnya adalah sepasang sepatu. hmm. sangat menarik.

Menurut pendapat saya tidak semua yang berbisnis itu berharap untuk menjadi yang terbesar. Tapi mereka berfokus dengan kualitas dan visi mereka membangun perusahaannya. Mungkin dengan penghasilan yang "cukup" versi sendiri bisa mebuat kita menghindari ketamakan yang kita tanamkan dalam pikiran kita. Bukan berarti perusahaan yang berkembang dengan cepat dan menjadi besar tidak baik sama sekali ya. perusahaan seperti itu akan selalu di butuhkan.

Menurut saya lagi dengan konsep seperti ini kita juga akhirnya bisa berbagi kesempatan lainnya untuk orang lain agar bertumbuh seperti kita. Karena dalam hidup itu tidak akan pernah cukup bagi kita apapun itu dalam bentuk uang penghargaan dan lainnya. saya berharap suatu saat saya bisa membuat perusahaan dengan visi seperti itu. Atau setidaknya perusahaan anak-anak muda sekarang mulai berpemikiran seperti itu. semoga bermanfaat.


December 15, 2017

2018 Life Construction

7:21 AM

Akhirnya sampai juga di penghujung 2017 tidak terasa sama sekali memang pasti semua ngerasa baru kemarin aja. Dan tahun ini juga menjadi sesuatu yang spesial buat saya karena beberapa rencana saya bisa terwujud tahun ini. nah ngomong-ngomong nih apakah kamu sudah membuat resolusi untuk tahun depan? atau masih menyelesaikan resolusi tahun ini yang belum terwujud? tidak masalah sih yang penting tetap optimis bahwa setiap tahun yang akan datang bisa membuat diri kita lebih baik lagi. kita juga tidak akan pernah tahu kejutan apa yang diberikan oleh Allah buat kita di tahun mendatang bener gak?.

Nah untuk tahun ini alhamdulilah dari 7 Planning yang saya rencanakan saya bisa mewujudkan 5 di antaranya yang kamu bisa membacanya disini


Untuk tahun depan saya juga sudah merencakan beberapa list yang semoga saja bisa saya selesaikan dengan baik kembali. saya juga selalu membuat list dengan metode SMART ( Specific, Measurable, Aggresive, Realistic, and Time-Bound). Jadi saya berharap resolusi tahun depan bisa di rencanakan dengan lebih baik ya walaupun mungkin beberapa orang akan under Estimate tapi ya kita harus yakin dulu dong!

Berikut ini nih beberapa list planning saya di tahun depan yang saya bagi dalam empat sisi penting yang menurut saya sangat penting di kontruksi. Saya juga berusaha untuk fokus dan melakukan hal-hal yang memang benar-benar di perlukan dan saya juga bisa berkomitmen melakukannya. apa saja itu? kuy simak gaes!.



1. Keuangan
Yang Paling pertama yang perlu saya rekontruksi di tahun depan adalah sisi Keuangan apalagi sudah menjadi seorang suami, sekali lagi ya saya katakan sebagai "SEORANG SUAMI" hahaha.. tentu saja harus sangat mempertimbangkan ini di tahun depan. Nantinya saya juga akan berdiskusi dengan Istri untuk apapun spending yang akan kami keluarkan rencana resolusi saya di tahun depan adalah :
 - menghitung fondasi keuangan tahun 2018
 - berkomitmen dengan Usaha yang sudah di ancang-ancang tahun ini.

Dalam planning saya, saya akan memulai mengevaluasi bagian keuangan dengan dua metode di atas. Dimana saya mulai menghitung semua rata-rata pendapatan saya di tahun depan dan membaginya ke dalam kebutuhan penting dan besar. Sehingga saya mendapatkan prediksi berapa jumlah maksimal dari pendapatan saya dan berapa yang bisa saya save. Setelah itu saya menghitung dalam jangka waktu berapa spending yang penting-penting ini akan terpenuhi.

Selain itu saya juga ingin berkomitmen untuk melanjutkan dan mendevelop usaha yang sudah saya rintis di tahun ini. Saya juga mulai menghitung modal dan bagaimana saya bisa mengoperasikannya nanti semoga tahun depan usaha ini sudah bisa running walaupun pelan tapi ada progresnya hihi aminnn.

2. Pengetahuan
Sebagai seorang yang suka kepo saya juga merencanakan bisa belajar sesuatu yang baru di tahun mendatang. Menurut saya ini salah satu hal penting selain meng-upgrade pikiran saya juga harus tahu bahwa ini bisa menjadi tambahan modal karir saya kedepannya. Dua Hal utama itu adalah :
 - mempelajari ilmu seputar manajemen dan brand
 - belajar bahasa baru

Tahun depan saya akan berusaha belajar hal yang saya senangi seperti Ilmu Manajemen dan Brand. Selain untuk persiapan kuliah tentunya. Dan yang akan menjadi PR saya adalah belajar bahasa baru yaitu bahasa jawa hihi... biar nanti bisa ngerti yang di bilang sama istri, Semoga Saja.

3. Sosial
Mengerakkan kongkownulis kembali, Kenapa?

Karena sudah setahun ini Kongkownulis hanya vakum saja. Saya yakin bukan hanya saya saja yang kangen dengan semua kegiatan yang ada di Kongkownulis. Tapi mungkin orang-orang diluar sana juga sangat rindu untuk bersama-sama kembali dengan Kongkownulis. Tahun ini kami hanya melakukan beberapa kegiatan saja tapi lebih banyak dalam bentuk Talk Show atau undangan. Prestasi yang paling membanggakan tahun ini adalah salah seorang mahasiswi lulus dengan mengambil judul skripsi yang berhubungan dengan Kongkownulis. Sesuatu yang sangat membanggakan tentunya bagi kami. Saya merasa kami tidak punya alasan untuk tidak melanjutkan hal baik ini. Semoga saja tahun depan ada kejutan untuk semua teman-teman dari Kongkownulis. Di tunggu ya wei!.

Nah biasanya dalam berkegiatan pastinya sering capek dan lelah juga apalagi jika ada event besar yang kami lakukan bersama-sama. Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena ada Theragran-M yang mensupport daya tahan tubuh. Oh ya Theragran-M ini sangat bagus untuk mempercepat masa penyembuhan loh dengan kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc).

4. Menyelesaikan beberapa project menulis yang sudah di lakukan tahun ini
 Tahun 2017 saya memulai beberapa project menulis dan beberapa terpaksa terbengkalai pengerjaannya karena kesibukan dan juga persiapan pernikahan saya kemarin *lebih ke deg-degannya sih makanya jadi gak konsen getoh. Untuk tahun depan saya berharap bisa menyelesaikan tiga project Menulis ini dalam jangka waktu 9 bulan ke depan. Saya juga sudah mengatur Time-Roundnya dan berkomitmen ini bisa saya selesaikan.

Walaupun ini sepertinya sangat simpel bagi saya tapi sebenarnya perlu komitmen yang besar untuk menjalankannya dan membuat semuanya terwujud tepat waktu. Mungkin dalam perjalanannya tidak semua perencanaan atau resolusi yang dibuat ini harus mengikuti orang lain karena saya percaya bahwa kita punya Zona waktu kita sendiri.

Jadi apakah kamu juga sudah membuat Resolusimu untuk tahun depan? atau masih menjalankan resolusi tahun 2017 yang sudah direncanakan sejak 2016 lalu? hihi.. semoga enggak deh. Semoga resolusi tahun ini sudah bisa selesai menjelang tanggal 30 Desember nanti ya!. Tapi jika memang ada beberapa resolusi tahun ini yang emang belum sempat kamu lakukan tidak ada salahnya jika memasukkannya kembali ke list resolusi tahun depan, why not jika itu bisa bermanfaat untuk diri kamu dan orang banyak.

Okeh itu dulu Semoga bermanfaat. sampai jumpa di postingan selanjutnya!



FOLLOW @hairilhabibi

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts