[daily writing][carousel][6]

January 09, 2019

Sepotong Cerita RW 4 Tangkerang Labuai Pekanbaru

7:22 AM


Ada salah satu Rukun Warga  yang berhasil menggerakkan masyarakatnya untuk bergotong royong bersama-sama hingga menjadi salah satu daerah binaan Astra yang di sebut juga sebagai Kampung Berseri Astra, menjadikan lingkungan mereka bersih dan nyaman hingga mampu memberikan beasiswa untuk anak-anak warga yang ada di daerah sana. Sepotong cerita inilah  yang membawa saya dan beberapa orang teman datang untuk melihat apa yang sebenarnya mereka lakukan?.

Koperasi yang di usahakan bersama masyarakat
Hari itu, kami mencari papan tanda yang memang tidak akan disadari oleh orang-orang yang melintas di jalan Imam Munandar jika di lihat sekilas. Masuk ke Jalan Kopi sesuai petunjuk papan tanda tadi tapi kami masih belum yakin ini benar-benar daerah yang dimaksud tersebut sampai kami menemukan salah satu bangunan dengan bacaan "Selamat Datang Di Taman Baca Indah Madani". Kami berhenti dan seorang teman mencoba memastikan pada seorang bapak yang sedang masuk dalam pembicaraan via telepon Genggam. 

Tak berapa lama, kami berhenti di sebuah warung dan langsung di sambut hangat sapaan dari bapak yang kemudian saya ketahui bernama pak Mirsal atau warga sekitar biasa memanggil beliau dengan sapaan pak Achenk. Orang-orang mulai mengambil posisi termasuk saya. 

Setelah ramah tamah selesai, saya langsung mengangkat tangan dan bertanya kepada pak Achenk, mungkin karena terlalu penasaran dan membuat saya tidak sabar lagi apa sebenarnya yang mereka lakukan.

"Jadi Pak, Kenapa RW 4 Tangkerang Labuai Bukit Raya Kota Pekanbaru ini yang di pilih menjadi Kampung Berseri Astra?", mulut lugasku menyosor begitu saja.

"Haha... pertanyaan yang baik sekali, awalnya seperti ini.."

Ketika itu, tahun 1993 daerah ini masih sangat tandus sekali, Belum banyak yang tinggal di sini hingga tahun 2006 Saya menyumbangkan Pohon bersama Komunitas Motor. Pohon-pohon yang di sumbangkan tadi kita rawat dengan baik sampai pada tahun 2014 saya di pertemukan dengan Badan Lingkungan Hidup untuk bina Proklim atau Program Lingkungan Bersih. 

Program Pertama kita waktu itu adalah membuat warga sadar sampah. Alasan utamanya warga kebingungan untuk membuang sampah yang mengakibatkan sampah banyak berserakan. Akhirnya kami membuat tempat sampah dan mengecatnya agar terlihat lebih menarik. Warga juga meresponnya dengan sangat positif yang praktiknya di lakukan hingga hari ini.
Berbincang bersama Pak Achenk

Setelah itu barulah RW 4 Tangkerang Labuai di tawarkan menjadi daerah Binaan Astra. Program ini memiliki 4 pilar yang harus menjadi concern mereka yaitu Pendidikan, Kesehatan, Penghijauan, dan UMK. 

Keuntungan lain dari Program Astra ini adalah anak-anak mendapatkan beasiswa sekolah yang membuat warga sangat terbantu. Tantangan untuk warga RW 4 adalah menjaga dan membertahankan standar yang sudah ditetapkan. Dan tentunya bisa menjadi contoh daerah-daerah lainnya di Pekanbaru. 

Selain itu, di RW 4 ada program untuk tanaman hidroponik dan menurut pak Achenk semua rumah di RW 4 sudah memiliki Biopori untuk penyerapan air hujan. Kece kan?

Harapannya dengan Program dari Astra ini, bisa menstimulasi daerah-daerah lainnya untuk meningkatkan kebersihan dan menjaga daerahnya agar  tetap nyaman untuk di huni. 

RW 4 sekarang juga sudah mulai mandiri dengan menciptakan koperasi dan mulai memproduksi Sabun Cuci Piring yang ternyata berkembang sangat pesat. Semua produksi dilakukan oleh ibu-ibu RW 4 secara bersama-sama.Seru kan?.
Sabun Cuci Piring Produksi yang di produksi ibu-ibu RW 4 Labuai Pekanbaru

Memang cerita yang singkat, tapi saya percaya bahwa  apa yang sudah di raih sekarang merupakan usaha-usaha dan kerja keras di masa lampau. semoga semakin banyak daerah yang bisa bergerak secara bersama-sama untuk sesuatu yang positif.

October 16, 2018

Support System Paling Kece Di Dunia!

11:25 PM




Sebagai aktivis kota Pekanbaru yang memiliki banyak kegiatan, jadilah istri selalu di ajak wara-wiri kemanapun saya pergi. Serunya, istri saya juga sangat support dengan apa yang saya lakukan, malah kadang-kadang ikut membantu atau paling tidak memberikan saran yang sangat berguna buat saya. Kalau menurut teman-teman saya, jarang sekali bisa nemu istri mau nemenin suami kayak begini dan saya termasuk yang beruntung katanya. Jadi lewat tulisan ini saya ingin mengapresiasi istri saya yang sudah ikhlas dan rela selalu mendampingi saya. Yok lah kenalan dulu dengan Support System paling kece versi saya!.

Sebagai pemburu konten, ada masanya dimana saya mendatangi berbagai tempat demi selesainya tugas perkontenan baik untuk blog, maupun photo-photo untuk keperluan di Sosial Media. Kadang saya juga di undang ke beberapa acara atau kegiatan dimana dampaknya akan mengurangi waktu weekend kami. Tapi untungnya istri saya enggak suka komplain malah ikut nemenin ke acara-acara tersebut. Di situ kadang saya merasa terharu sebagai suami yang bergabung dalam anggota tidak resmi asosiasi pekerja senin hingga minggu kecuali libur nasional.



Sebenarnya istri saya ini bukan tipe yang ribet sih cuma dia adalah seseorang yang sangat terencana. Walaupun dengan kegiatan super random yang kami kami lakukan, pastinya itu sudah di bincangkan jauh-jauh hari dengan pelaporan jadwal dengan maksud biar kita juga gak tepar-tepar banget gitu loh. 

Dengan kegiatan yang kalau menurut tetangga saya "sibuk tapi gak kaya-kaya" akhirnya berpengaruh dengan pola makan saya yang harus menyesuaikan dengan kondisi real kehidupan lapangan atau dompet *eh. Tapi itu dulu gaes, sejak ada istri tercinta "my lovely" ini... tetap aja masih susah ngatur pola makan. Gak, gak, canda doang kok untuk sekarang ini sudah mulai agak teratur karena selalu di ingatkan untuk makan. Walaupun terkadang masih suka makan suka-suka.



Istri juga kadang sebel kalau pas dia gak ikut saya makan aneh-aneh, mungkin ini juga menjadi salah satu alasan kenapa istri saya buntutin kemana-mana. Saya juga sadar diri sih pengaruh makan tidak teratur itu akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Di kasus inilah istri saya sangat berperan penting nih gaes.  

Dengan berbagai macam jenis dan bentuk makanan yang hinggap di perut saya, kadang saya suka kena masalah pencernaan. Apalagi jika sedang diluar berkegiatan, saya juga jarang makan sayur yang mengakibatkan buang air besar tidak lancar zzz..

Kalau sudah begini tentu saja laporan akan masuk ke istri, kalian tentu tahu apa yang akan terjadi kan? yupps betul, di kasih Solusi! *pasti pada mikir kena marah istri kan haha. Disinilah awal mula saya dikenalkan dengan Herbadrink Lidah Buaya, waw apa ini??.




Jadi Herbadrink ini adalah minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia yang diproses melalui teknologi modern. Herbadrink lidah buaya ini berkhasiat untuk membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan dan membantu melancarkan buang air besar. Herbadrink ini terbuat dari bahan alami loh.

Oiya kebetulan yang Herbadrink Lidah Buaya ini Free Sugar jadi cocok dan aman dikonsumsi juga oleh penderita diabetes atau untuk konsumen yang ingin menghindari gula berlebih.

Nah begini nih gaes penampakannya :



Ketika pertama kali mencoba ternyata baunya sangat wangi. Rasanya juga sangat enak. Selain Lidah Buaya, Herbadrink juga ada varian Sari Temulawak, Kunyit Asam, Sari  Jahe dan lain-lain.

Akhirnya saya menemukan solusi pas untuk masalah penceranaan yang sering saya hadapi. Kalau kamu penasaran kuy di coba gaes. Daripada brat bret brat bret kan ya hehe.. okeh segitu dulu cerita saya kali ini sampai jumpa di postingan selanjutnya ya!

September 15, 2018

3 Jenis Investasi Untuk Anak Muda

9:59 PM

Dalam beberapa waktu kemarin saya kebetulan menemukan video dari Yasa Singgih yang membahas mengenai Investasi untuk anak muda. Investasi di sini bukan hanya berarti apa saja yang bisa kamu simpan tapi beberapa hal yang bisa kamu hitung juga sebagai investasi untuk menunjang hidupmu ke depan. apa saja itu? yuk simak.

3 jenis investasi untuk anak muda

1. Investasi Untuk Diri Sendiri

Salah satu investasi yang bermanfaat tapi terkadang beberapa orang mengacuhkannya adalah investasi untuk diri sendiri. bagaimana bisa kita grow up kalau tidak diberikan pupuk yang baik juga. Salah satu contoh investasi yang punya dampak positif untuk diri kita adalah dengan menambah bacaan setiap bulan. Pastinya kita sudah dengar peribahasa bahwa buku adalah gudang ilmu. dengan membaca buku rutin otak kita akhirnya terbiasa untuk menangkap gagasan baru.

Selain membaca, kamu juga bisa menggali ilmu di Youtube. Di Youtube kamu akan menemukan puluhan ribu video terkait dengan bidang yang tertarik untuk dipelajari. Sisakan saja waktu beberapa jam untuk rutin menyimak channel-channel seru yang ada di youtube. Kamu akan merasakan dampaknya nanti.

Ikut seminar juga bisa menjadi salah satu cara untuk berinvestasi ilmu. memang sih ada beberapa seminar yang harga tiketnya mahal tapi pastinya seminar ini sangat worth it sebagai investasi ke diri sendiri. Kamu bisa merencanakan dan nabung jauh-jauh hari untuk bisa ikut. 

2. Investasi Sosialisasi

Kamu termasuk orang yang suka berteman gak sih? saya ingat salah satu pepatah yang bilang rejeki kita kadang berada di tangan orang lain. Salah satu cara untuk menjemput rejeki adalah dengan bersosialisasi. mungkin kita tidak sadar bahwa membangun networking bisa menjadi investasi bermanfaat untuk kita. Salah satu  cara menambah teman adalah dengan ikut event. Kamu bisa menemukan banyak orang-orang yang mungkin saja cocok untuk berbagi ide.

Kegiatan volunteer bisa menjadi pilihan lainnya untuk menambah pertemanan dan juga menambah pengetahuanmu. Sepengelaman saya selama mengikuti kegiatan volunteering, saya menemukan banyak orang-orang yang punya kapasitas yang baik untuk saya menanyakan berbagai macam hal. Jadi jika ada kegiatan volunteering yang bisa kamu ikuti di kotamu kenapa tidak!.

3. Investasi Aset

Terakhir nih investasi yang paling penting adalah investasi dari aset. menyiapkan aset adalah hal yang sangat perlu dilakukan dari sekarang, kenapa? karena ini akan mempengaruhi khidupan kita dimasa depan.kamu bisa mulai belajar saham, reksadana, atau mulai coba-coba untuk memulai investasi ke usaha temanmu. 

Nah itu tadi 3 investasi yang bisa coba kamu lakukan mulai dari sekarang. semoga bermanfaat ya. see ya!


August 02, 2018

5 wisata kuliner keluarga di pekanbaru

8:15 PM
5 Wisata Kuliner Keluarga di Pekanbaru

Bicara mengenai makan-makan saya jadi ingat salah satu yang kemarin menjadi catatan saya yaitu, sebenarnya ada gak sih tempat makan untuk keluarga? pertanyaan ini keluar waktu itu ketika menjelang acara pernikahan saya kebetulan istri saya orang solo dan tentu saja dengan belum pernah berkunjung kesini. Belum lagi perbedaan rasa yang berbeda tentu saja bisa mempengaruhi kenyamanan selama berkunjung di Pekanbaru. Kuliner untuk Keluarga di Pekanbaru ini akhirnya saya jadikan PR dan mulai menjelajahi kota untuk mencari beberapa tempat yang menurut saya sangat bisa di rekomendasikan jika ada sanak family atau kolega yang sedang berkonujung ke pekanbaru,  lidah mereka tentu saja akan berbeda. ini dia 5 tempat wisata kuliner untuk keluarga di Pekanbaru, yuk simak!

5 wisata kuliner keluarga di pekanbaru

1. Teras Kayu

Teras Kayu Resto menurut saya adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk dijadikan pilihan jika kamu ingin makan bersama keluarga di luar. Selain pilihan menu yang sangat lengkap, Teras Kayu juga menawarkan harga yang murah. beberapa kali saya singgah ke sini, tempat nya juga selalu sangat penuh dan ramai. Kalau kamu teratarik ke sini kamu bisalangsung  meluncur ke Jl. Jenderal Sudirmandi sebelah Koki Sunda, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau 28125. Teras Kayu ini juga memiliki beberapa cabang yang tersebar di beberapa daerah di Pekanbaru tapi saya lebih merekomendasikan Teras Kayu Resto yang berada di JL. Sudirman karena parkiran yang cukup luas dan bisa menampung lebih banyak pelanggan.

Udang Galah ala Teras Kayu Grup


2. Pondok Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo

Pondok  Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini termasuk restoran baru karena baru buka sebelum puasa kemarin menurut info yang saya dapat. Saya juga sudah berkunjung 2 kali ke sini dan memang sangat memuaskan menurut saya. Selain tempatnya yang luas, di Pondok Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini menu nya lebih simpel dengan harga yang sangat-sangat terjangkau sekali. Kalau kamu penasaran dengan Pondok Ikan Bakar Daun Bumbu Uwo ini kamu bisa langsung menghampirinya jl. Adi Sucipto arah ke Nadara lama atau AURI atau kamu juga bisa masuk dari jl. Rawa Indah kelurahan sidomulyo kecamatan marpoyan damai. 

Pondok Ikan Bakar daun Bumbu Uwo

3. The Food Opera

The Food Opera menyediakan makanan khas Arabian. Dan menu yanglebih banyak di sini adalah menu daging-dagingan. Seru nya di The Food Opera ini adalah mereka menyediakan paket kelompok gitu yang otomatis jika di hitung-hitung cukup hemat juga. Kalau menurut saya sih tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif ganti selera jika memang bingung mau kemana bersama keluarga. kalau kamu tertarik mencoba The Food Opera ini kamu bisa gas ke jl. Arifin Ahmad Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru.

Source : bertuahpos.com


4. Roso Lawas

 Untuk Tempat yang satu ini menurut saya tidak kalah ramainya dari Teras Kayu dan makanannya juga enak-enak. Roso Lawas juga punya 2 cabang sejauh yang saya tahu sampai sekarang. alamat pertama berada di jl. Sisingamangaraja dan alamat kedua berada di jl. Arengka yang posisinya pas sebelah kanan jl. Arifin Ahmad. 
source : facebook.com/rosolawas


5.Sultan Resto

Sultan Resto merupakan tempat makan Khas Melayu di Pekanbaru. Dengan ciri bangunan yang sangat unik juga menjadi kenikmatan sendiri ketika berkunjung kesini. Sultan Resto terdiri dari 2 lantai dan juga mereka menyediakan ruangan khusus jika kamu ingin mengadakan acara disana. Untuk Harga menruut saya berada di level Medium dengan pilihan menu yang sangat variatif. Alamat Sultan Resto adalah jl. Ronggo Warsito no. 12 Pekanbaru.

Sultan Resto

salah satu menu di Sultan Resto
Nah itu tadi 5 rekomendasi tempat makan keluarga di Pekanbaru. Semoga bermanfaat ya semuanya. Kalau kesana jangan lupa ajak-ajak jugak ya wei hehe.. sampai jumpa di review selanjutnya!
 

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts