April 12, 2019

Riau Festival 2019 : Menjelajah Kampung Bandar Pekanbaru!



Halooo... apakabar semuanyaa sudah lama tidak apdet blog ini. Nah kali ini saya mau cerita mengenai Jelajah Kampung Bandar di acara Riau Festival 2019. Kamis kemarin saya bersama teman-teman dari Blogger Pekanbaru di undang untuk ikut menjelajah Kampung Bandar yang merupakan salah satu Kampung atau bagian kota lama di Pekanbaru. Penasaran gak sih seperti apa Kampung Bandar ini? yuk ahh.

Kampung Bandar ini terletak di kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru. Kampung Bandar juga dekat dengan Pasar Bawah dan kawasan Pelindo 1. Dulunya kampung Bandar ini sempat terbakar dan sekarang sudah mulai bangkit lagi. Di kampung ini, kamu bisa berkeliling dan merasakan kembali bagaimana dulunya kampung-kampung di tepi Sungai Siak ketika kota Pekanbaru awal-awal didirikan dan mulai berkembang.


Menurut Komunitas Pekanbaru Heritage Walk, Riau Festival 2019 adalah event pertama di Riau yang memadukan Heritage, Musik dan Seni Tradisional, yang di kemas dengan sangat millenial. Di event Riau Festival 2019 ini anak-anak muda di ajak untuk megenal Heritage dengan cara yang lebih menyenangkan.


Nah kembali ke jelajah anak-anak Blogger Pekanbaru di Riau Festival 2019, kami mulai menyusuri Kampung bandar dengan mendatangi Rumah Tenun. Selain kita bisa melihat Proses Tenun yang masih di kerjakan secara manual, kita juga bisa merasakan suasana Rumah lama yang kalo bagi saya mengingatkan ke rumah kakek saya dulu. Seru sih, apalagi pemilik Rumah Tenunnya juga sangat ramah sekali membuat kita tambah nyaman. tak jauh dari Rumah Tenun kamu bisa berkunjung juga ke Rumah Singgah Tuan Kadi, Rumah ini dulunya di jadikan tempat pemberhentian sementara sebelum Tuan Kadi menuju Rumah Hinggap yang letaknya di dekat Mesjid Raya. 


Di sekitaran Rumah Tenun, kamu akan banyak menemukan Mural-Mural karya anak-anak komunitas di Pekanbaru. Riau Festival juga berkolaborasi dengan komunitas Mural yang mengecat dinding-dinding di Kampung Bandar agar terlihat lebih menarik. Dan tentunya mengundagn kita untuk berphoto di Spot-Spot muralnya.


Menyusuri Kampung Bandar juga sangat menyenangkan karena warganya juga sangat ramah. Jadi kita tidak merasa asing sama sekali ketika berjalan-jalan di sini. Di Check Point Selanjutnya ada acara Stand Up dari anak-anak komunitas Stand Up Pekanbaru yang juga sangat cukup menghibur. di Checkpoint ini kami juga bisa menemukan Mural-Mural lagi dan juga pameran Photo-photo Kampung bandar.


Oke kita lanjut lagi ke kawasan Pelindo 1 dimana dulunya tempat ini adalah pusat pelabuhan yang sibuk . Sekarang kita hanya bisa melihat gudang-gudang yang sudah kosong milik Pelindo 1 dan bekas Pelabuhannya di tepian sungai. Oh ya di Kawasan Pelindo 1 ini juga ada tugu nol kilometer Pekanbaru loh. 


Di bekas Pelabuhan Pelindo ini ada kegiatan Massive Ground Mural yaitu kegiatan Mural secara bersama-sama dari teman-teman komunitas. di Sini, sambil menikmati Mural dan kesibukan teman-teman mural menyelesaikan gambar mereka kami juga sempatkan untuk membeli cemilan hahaha maklum gaes perjalanan ini membuat perut keroncongan.

Setelah kegiatan sore hari barulah di malam hari ada Pentas Kreatif Melayu yang berlokasi di Kawasan Pelindo 1 ini juga. di Pentas Kreatif Melayu ini kita di suguhkan oleh penampilan artis seperti Freza n Friends, Wan dance Studio, Geliga Jazz Feat Bintang Indrianto, Kadek Rihardika, dan Bonita and The Hus Band. 


Itulah kisah Jelajah yang seru abis di Kampung Bandar dalam rangkaian acara Riau Festival 2019. semoga tahun-tahun selanjutnya event ini masih ada soalnya seru kalii. Kalo kalian berkunjung ke Pekanbaru jangan lupa singgah ke Kampung Bandar ini ya! see ya!

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts