Oktober 24, 2017

Experience Daikin




Ada pengalaman menarik beberapa waktu lalu ketika saya menuju kantor. Ada iklan besar dengan pencatat suhu diatasnya. Ini menjadi pengalaman unik tersendiri bagi saya yang sangat jarang melihat iklan yang terkonsep dengan keceh seperti ini. Ketika di dekati ternyata ini adalah salah satu iklan perusahaan AC dari jepang Daikin. Iklan yang sangat kreatif dan membuat saya jadi penasaran dengan AC Daikin ini. Yang saya ingat soal Daikin ini adalah dulu ayah saya pernah bilang bahwa dia masang AC Daikin di Proyeknya. Hmmm.. Jadi Penasaran dengan AC satu ini saya mulai cari tahu dari mana yaa ini? haha.. Yodah deh yuk Cuss bertanya ke Mbah Gugel dulu.


Saya sudah Searching-Searching dan nemu kisah perusahaan Daikin ini. ternyata Daikin Masuk dalam daftar perusahaan AC terkemuka di dunia. Saya buka Websitenya dan menemukan halaman yang berisi history mengenai Daikin yang bisa kamu cek disini. Ternyata Daikin sudah beroperasi hampir se-abad loh gaes, ckckck.. keren. Awalnya Daikin berdiri tanggal 25 Oktober 1924 yang mana waktu itu menjadi bagian dari Osaka Kogyo Limited yang di pimpin oleh Akira Yamada. 

Sampai sekarang Daikin sudah melanglang buana hingga ke berbagai negara. Dan menjadi brand yang sangat terpercaya mengapa bisa terpercaya? mungkin akan kita temukan jawabannya nanti.

Sayapun kembali searching dan menemukan ternyata di pekanbaru ada kantor perwakilan Daikin. Wah kebetulan nih saya bisa mampir sambil menghilangkan rasa penasaran saya dengan Daikin.



Singkat cerita akhirnya saya berkunjung ke Showroom Daikin. Kesan pertama yang saya dapat adalah bingung karena ruangannya di setting seperti kamar beserta kasur-kasurnya, atau minibar yang juga memang sangat mirip dan juga kantor. Tidak berapa lama saya di hampiri oleh mbak-mbak SPGnya.


"Halo mas, ada yang bisa saya bantu mas?".

"Iya mbak saya ingin bertanya-tanya sedikit ini mbak mengenai AC Daikin".

"Boleh mas, kira-kira mas kebutuhan AC nya seperti apa ya?".

"Emang Apa aja jenis AC nya mbak? rencananya saya mau pake untuk kamar?".

"Okeh mas, tapi sebelum itu apakah saya boleh menjelaskan sedikit mengenai AC nya mas? jadi di Daikin ada AC inventer dan Non inverter. perbedaannya adalah Inverter lebih hemat listrik tapi seidkit mahal nah untuk non-inverter lebih murah tapi sedikit boros dalam penggunaan listriknya mas".

"Hoo.. seperti itu yaa. Bisa tunjukin saya AC nya mbak?".

"Bisa mas, nah ini ada ruangan yang di pasang AC kami mas. seperti yang mas lihat AC nya ada yang tipe mini juga untuk yang mas tanyakan tadi seperti ini kira-kira mas, mas juga bisa melihat berapa daya listrik yang di pakai oleh AC nya".

"Wah keren juga ya mbak. loh ini pake ruangan seperti ini bagus juga ya mbak? ini maksudnya biar tahu pengaplikasiannya ya mbak?".




"Benar mas, jadi kita memberikan gambaran ruang dan pengaplikasian AC nya sesuai kebutuhan dari Customer kita karena Daikin punya tipe-tipe AC dengan fungsi yang berbeda-beda pula. seperti yang mas lihat ini, ini pengaplikasian untuk kamar".

"Eh bisa di bikin gini ya" saya menunjuk ke plafon yang disatukan dengan AC seperti di kamar-kamar hotel.

"Bisa mas jika mas ingin model yang seperti ini. Nah ini untuk pengaplikasian di Cafe dan di kantor, di sebelah sana mas bisa lihat pengaplikasian untuk 2 AC dengan satu mesin saja"

"Wah bisa satu mesin dua AC mbak? saya baru tahu loh ini".

"Bisa mas ini biasanya di aplikasikan untuk apartemen, jadi biar lebih hemat tempat kipasnya dan AC nya bisa di aplikasikan di ruang keluarga juga di kamar".

Mbak-nya juga langsung menyalakan ACnya sambil menunjukkan listrik yang di pakai oleh 2 AC tadi. 


Saya kembali nanya ke Mbaknya "mbak kalo ngambil AC nya di sini bisa gak mbak?"

"Bisa mas tapi bisa jadi lebih mahal. saya Sarankan mas untuk mencoba nanya dulu di toko-toko terdekat karena produk kita juga ada di sana. Mas bisa bandingkan harganya nanti"

Serius ini adalah jawaban paling keren yang pernah saya dapatkan dari Seorang SPG. Karena saya merasa bahwa saya tidak di intervensi untuk membeli produknya dan jujur saya sangat nyaman dengan pelayanan mbaknya. Mbaknya juga menambahkan bahwa di sini lebih banyak pembelian spartpart untuk AC. Selain itu jika mislanya membeli AC Daikin kita bisa meminta pemasangannya dari luar karena menurut mereka untuk pemasang AC itu sudah dilatih agar sesuai dengan Standar yang Daikin tetapkan.

Jujur saya sangat terkesan dengan pelayanan dari SPGnya. Dan juga cara mereka untuk membuar Customer berhak untuk menentukan sendiri produk apa yang ingin mereka ambil nantinya. Bisa jadi ini adalah resep yang membuat Daikin tetap bisa menjadi perusahaan yang bertahaan hingga hampir seratus tahun keren. Menurut saya, ini yang membuat Daikin bisa menjadi AC dengan Kualitas dunia yang terpercaya. Pertanyaan saya terjawab sudah. selain itu yang membuat saya suka dari Daikin yaitu :

1. Tanggap
2. Jujur
3. Sangat memahami kebutuhan Customer


Sejauh ini, pelayanan yang paling keren dengan pengetahuan produk yang mumpuni baru saya temukan di dua tempat salah satunya adalah Daikin. Itulah pengalaman saya dengan Daikin dan saya sebagai Customer dan orang awam akan sangat mempertimbangkan untuk menggunakan Daikin setelah merasakan sendiri bagaimana Daikin menjaga kualitas produk dan layannya untuk banyak orang di dunia. Thanks Daikin.

2 komentar:

Kuma Seo mengatakan...

selamat ya mas, yang menag kontes daikin

hairil habibi mengatakan...

wah terima kasihh yaa mas khumaedii hihi..

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts