October 31, 2017

Jalan-jalan Ke Oemah Abah

10:06 PM

Kali ini saya berkesempatan datang ke Oemah Abah dalam rangka Re-opening mereka. Oemah Abah sebelumnya berkonsep Resto dan sekarang mengeser konsepnya agar lebih ramah dengan anak muda. Yukk ada apa aja sih di Oemah Abah yang baru?

Ketika sampai, ada beberapa perubahan yang dilakukan oleh Oemah Abah dari sisi design seperti tempat makan di teras sebelah kiri yang dulu lantainya batu dan sekarang sudah di semen. Tak lama kak Atri langsung menyapa saya dan Mumut yang kebetulan sudah duluan sampai. kamipun mengobrol sambil menungu yang lain tiba.


Setelah berbincang-bincang sedikit kamipun di bawakan menu oleh waitres dari Oemah Abah dan satu persatu mulai memesan menu. Jadilah kami memsan 5 menu utama yang siap di icip-icip yaitu Ayam Kecap, Ikan Kerapu bakar, Ikan  Pari Bakar, Ikan Pari Steam, dan Ayam Bakar.



Namanya juga pada hobi pepoto jadilah pada di susun rapi dulu untuk jadi bahan poto oleh kami haha.. setelah puas sesi poto akhirnya kita bisa bersantap. yang pertama kami coba adalah ikan pari bakar, karena emang dari awal penasaran dengan ikan pari ini karena saya juga baru pertama kali nyobain ikan pari duh endes, di lanjutkan dengan ikan kerapu yang rasanya juga tidak kalah sedap.

Sayangnya untuk pari steam mungkin lidah saya kurang cocok dengan rasanya tapi overal buat teman-teman yang lain masih okeh. Nah setelah selesai icip-icip kitapun ngobrol dengan chef Oemah Abah mengenai masakan yang baru saja kami santap.

Setelah semua rangkaian kegiatan bersama Oemah Abah selesai kamipun juga ijin pamit ke Abah owner Oemah Abah. Terima Kasih Abah yang sudah bersedia mengundang kami untuk icip-icip sukses buat Oemah Abah yaa!

October 24, 2017

Experience Daikin

5:07 AM



Ada pengalaman menarik beberapa waktu lalu ketika saya menuju kantor. Ada iklan besar dengan pencatat suhu diatasnya. Ini menjadi pengalaman unik tersendiri bagi saya yang sangat jarang melihat iklan yang terkonsep dengan keceh seperti ini. Ketika di dekati ternyata ini adalah salah satu iklan perusahaan AC dari jepang Daikin. Iklan yang sangat kreatif dan membuat saya jadi penasaran dengan AC Daikin ini. Yang saya ingat soal Daikin ini adalah dulu ayah saya pernah bilang bahwa dia masang AC Daikin di Proyeknya. Hmmm.. Jadi Penasaran dengan AC satu ini saya mulai cari tahu dari mana yaa ini? haha.. Yodah deh yuk Cuss bertanya ke Mbah Gugel dulu.


Saya sudah Searching-Searching dan nemu kisah perusahaan Daikin ini. ternyata Daikin Masuk dalam daftar perusahaan AC terkemuka di dunia. Saya buka Websitenya dan menemukan halaman yang berisi history mengenai Daikin yang bisa kamu cek disini. Ternyata Daikin sudah beroperasi hampir se-abad loh gaes, ckckck.. keren. Awalnya Daikin berdiri tanggal 25 Oktober 1924 yang mana waktu itu menjadi bagian dari Osaka Kogyo Limited yang di pimpin oleh Akira Yamada. 

Sampai sekarang Daikin sudah melanglang buana hingga ke berbagai negara. Dan menjadi brand yang sangat terpercaya mengapa bisa terpercaya? mungkin akan kita temukan jawabannya nanti.

Sayapun kembali searching dan menemukan ternyata di pekanbaru ada kantor perwakilan Daikin. Wah kebetulan nih saya bisa mampir sambil menghilangkan rasa penasaran saya dengan Daikin.



Singkat cerita akhirnya saya berkunjung ke Showroom Daikin. Kesan pertama yang saya dapat adalah bingung karena ruangannya di setting seperti kamar beserta kasur-kasurnya, atau minibar yang juga memang sangat mirip dan juga kantor. Tidak berapa lama saya di hampiri oleh mbak-mbak SPGnya.


"Halo mas, ada yang bisa saya bantu mas?".

"Iya mbak saya ingin bertanya-tanya sedikit ini mbak mengenai AC Daikin".

"Boleh mas, kira-kira mas kebutuhan AC nya seperti apa ya?".

"Emang Apa aja jenis AC nya mbak? rencananya saya mau pake untuk kamar?".

"Okeh mas, tapi sebelum itu apakah saya boleh menjelaskan sedikit mengenai AC nya mas? jadi di Daikin ada AC inventer dan Non inverter. perbedaannya adalah Inverter lebih hemat listrik tapi seidkit mahal nah untuk non-inverter lebih murah tapi sedikit boros dalam penggunaan listriknya mas".

"Hoo.. seperti itu yaa. Bisa tunjukin saya AC nya mbak?".

"Bisa mas, nah ini ada ruangan yang di pasang AC kami mas. seperti yang mas lihat AC nya ada yang tipe mini juga untuk yang mas tanyakan tadi seperti ini kira-kira mas, mas juga bisa melihat berapa daya listrik yang di pakai oleh AC nya".

"Wah keren juga ya mbak. loh ini pake ruangan seperti ini bagus juga ya mbak? ini maksudnya biar tahu pengaplikasiannya ya mbak?".




"Benar mas, jadi kita memberikan gambaran ruang dan pengaplikasian AC nya sesuai kebutuhan dari Customer kita karena Daikin punya tipe-tipe AC dengan fungsi yang berbeda-beda pula. seperti yang mas lihat ini, ini pengaplikasian untuk kamar".

"Eh bisa di bikin gini ya" saya menunjuk ke plafon yang disatukan dengan AC seperti di kamar-kamar hotel.

"Bisa mas jika mas ingin model yang seperti ini. Nah ini untuk pengaplikasian di Cafe dan di kantor, di sebelah sana mas bisa lihat pengaplikasian untuk 2 AC dengan satu mesin saja"

"Wah bisa satu mesin dua AC mbak? saya baru tahu loh ini".

"Bisa mas ini biasanya di aplikasikan untuk apartemen, jadi biar lebih hemat tempat kipasnya dan AC nya bisa di aplikasikan di ruang keluarga juga di kamar".

Mbak-nya juga langsung menyalakan ACnya sambil menunjukkan listrik yang di pakai oleh 2 AC tadi. 


Saya kembali nanya ke Mbaknya "mbak kalo ngambil AC nya di sini bisa gak mbak?"

"Bisa mas tapi bisa jadi lebih mahal. saya Sarankan mas untuk mencoba nanya dulu di toko-toko terdekat karena produk kita juga ada di sana. Mas bisa bandingkan harganya nanti"

Serius ini adalah jawaban paling keren yang pernah saya dapatkan dari Seorang SPG. Karena saya merasa bahwa saya tidak di intervensi untuk membeli produknya dan jujur saya sangat nyaman dengan pelayanan mbaknya. Mbaknya juga menambahkan bahwa di sini lebih banyak pembelian spartpart untuk AC. Selain itu jika mislanya membeli AC Daikin kita bisa meminta pemasangannya dari luar karena menurut mereka untuk pemasang AC itu sudah dilatih agar sesuai dengan Standar yang Daikin tetapkan.

Jujur saya sangat terkesan dengan pelayanan dari SPGnya. Dan juga cara mereka untuk membuar Customer berhak untuk menentukan sendiri produk apa yang ingin mereka ambil nantinya. Bisa jadi ini adalah resep yang membuat Daikin tetap bisa menjadi perusahaan yang bertahaan hingga hampir seratus tahun keren. Menurut saya, ini yang membuat Daikin bisa menjadi AC dengan Kualitas dunia yang terpercaya. Pertanyaan saya terjawab sudah. selain itu yang membuat saya suka dari Daikin yaitu :

1. Tanggap
2. Jujur
3. Sangat memahami kebutuhan Customer


Sejauh ini, pelayanan yang paling keren dengan pengetahuan produk yang mumpuni baru saya temukan di dua tempat salah satunya adalah Daikin. Itulah pengalaman saya dengan Daikin dan saya sebagai Customer dan orang awam akan sangat mempertimbangkan untuk menggunakan Daikin setelah merasakan sendiri bagaimana Daikin menjaga kualitas produk dan layannya untuk banyak orang di dunia. Thanks Daikin.

October 17, 2017

Review Film My Generation

7:29 AM

Baru-baru ini IFI Sinema Melaunching Official trailer film terbaru mereka yang berjudul My Generation. Film yang akan tayang tanggal 9 November ini sangat menarik perhatian banyak orang karena tema yang sangat dekat dengan anak-anak remaja atau milenial dengan berbagai macam problematika yang mereka yang mereka hadapi. Penasaran gak sih sama film ini? kuy lanjut!

Sebelum masuk ke Sinopsis Film My Generation kita bahas dulu Profil dari IFI Sinema ya gaes. Jadi IFI Sinema sudah berkecimpung di dalam dunia perfileman sejak tahun 2007 lalu. IFI Sinema sudah menelurkan beberapa karya di antaranya berjudul Coklat Stroberi (2007), Radit dan Jani (2008), 3 Doa dan 3 Cinta (2008), Coblos Cinta (2008), Serigala Terakhir (2009), Lovely Man (2012), Mika (2013, dan Pertaruhan (2017).

Di Film My Generation ini Mbak Upi di daulat sebagai Sutradaranya dan juga memperkenalkan 4 pemain yang sangat fresh yang sangat sesuai dengan karakter anak milenial sekarang serta wajah baru dalam dunia perfilman Indonesia yaitu Bryan Langelo, Arya Vasco, Alexndra Kosasie, dan Luthesa. Selain itu film ini juga di ramaikan oleh artis kawakan seperti Tyo Pakusadewo, Ira Wibowo, Surya Saputra, Joko Anwar, Indah Kalalo, Karina Suwandi, dan Aida Nurmala.

Pemakaian talenta baru yang di lakukan IFI Sinema bertujuan untuk mencari talenta-talenta baru dalam dunia perfilman serta menampilkan wajah yang segar buat semua penonton yang diharapkan bisa meberi warna berbeda untuk film My Generation sendiri. Ke-empat pemain utama juga sudah memiliki modal yang cukup untuk di asah dalam berakting di film bergenre remaja ini.

Film My Generation ini bercerita tentang persahabatan 4 anak SMU yaitu Zeke, Konji, Suki, dan Orly. Berawal dari gagalnya mereka untuk pergi berlibur bersama karena video mereka yang memprotes sekolah, guru dan orang tua mereka menjadi viral di sekolah mereka. Tapi kejadian itu malah membawa mereka pada kejadian-kejadian dan petualangan yang emmberikan pelajaran berarti buat mereka. Ke-empat sahabat ini juga memiliki karakter yang berbeda dengan konflik yang berbeda-beda pula.

Orly adalah gadis yang sangat kritis, Pintar dan Beprinsip. Ia sedang dalam masa pemberontakan mengenai kesetaraan gender. Orly berusaha menghancurkan label-label negatif yang di berikan kepada perempuan. Di luar itu Orly sedang bermasalah dengan Ibunya yang single parent yang sedang berpacaran dengan laki-laki yang lebih muda darinya.

Suki adalah perempuan paling cool di antara teman-temannya. Suki memiliki masalah dengan kepercayaan diri yang coba ia sembunyikan. Krisis kepercayaan dirinya meningkat seiring dengan orang tua yang selalu berpikiran negatif terhadapnya.

Zeke adalah orang yang sangat rebel dan juga loyal dengan sahabat-sahabatnya. Ternyata Zeke memendam masalah yang sangat besar yaitu dia merasa tidak di cintai oleh orang tuanya.

Konji adalah seorang pemuda yang polos dan naif. tengah mengalami masalah dilema dimasa pubertasnya. Ia juga merasa bahwa orangtuanya sangat over protective dan juga kolot. HIngga ada satu peristiwa yang membuatnya Shock dan kehil,angan kepercayaan terhadap orang tuanya.

Menurut Mbak Upi SUtradara Film My Generation, karakter ini sangat mewakili anak-anak milenial zaman sekarang. Dimana Proses Pembuatannya menghabiskan waktu 2 tahun untuk riset dan pembuatannya sendiri menghabiskan waktu 1 tahun.

Duh keren banget yaa.. gak sabar pengen liat filmnya tanggal 9 bulan november 2017 nanti. Kamu penasaran juga gak sih sama filmnya? 

Terus Bergerak! - Intisari Kisah Dewa Eka Prayoga

1:39 AM

Kemarin saya sempat melihat video Mas Dewa Eka Prayoga yang sangat menggungah saya dimana dia bercerita bahwa dia bangkrut dan berhutang 8 milyar setelah itu dia mendapat sakit yang sangat langka yang mengharuskan dia terbaring berbulan-bulan dan menghabiskan ratusan juta untuk obatnya. berikut beberapa hal menarik yang saya ambil dari sharing beliau. apa saja itu? yukk simak!

kisah safa marwah
terus bergerak
Mas Eka bercerita mengenai kesulitan yang dihadapinya ketika baru saja hitungan hari setelah menikah yaitu bangkrut dan berhutang 8 miliar. bayangin gaes utang 8 miliar ketika baru nikah kira-kira kalo kita gimana ya ngadepinnya. nah menurut mas Eka ketika kejadian ini dia teringat mengenai kisah Siti Hajar yang di tinggal oleh nabi ibrahim bersama nabi Ismail di padang gersang yang sekarang kita kenal dengan kota Mekah. Di kisa ini Siti Hajar bolak balik dari Safa dan Marwah untuk mencari pertolongan dan sumber air karena waktu itu nabi Ismail sudah kehausan. yang akhirnya Allah memberikan Mukjizat berupa air Zam-zam yang keluar dari hentakan kaki nabi Ismail.

Kisah ini mengajarkan kita untuk selalu bergerak walaupun dalam keadaan sesulit apapun. seperti Sti Hajar yang terus bolak balik antara  Safa Marwah sambil berdoa kepada allah. menurut mas Eka lagi tugas kita jangan cepat putus asa, terus bergerak!

Mas Eka menambahkan kisah waktu di timpa musibah di atas, dia tetap bergerak dengan membuka usaha ceker pedes yang harganya hanya 10 ribu. Cckckck kebayang gak sih utang 8 miliar di angsur dengna jualan ceker pedes harga segitu butuh waktu berapa lama katanya tapi itulah esensi dari terus bergerak.

kisah nabi musa
Cari tongkatnya / solusinya cari solusi yang dekat
Selanjutnya mas Eka bercerita mengenai kisah nabi Musa yang waktu di kejar Firaun hingga ke tepi laut. Nabi Musa di beri Mujizat oleh Allah lewat tongkatnya yang bisa mebelah lautan. Begitulah kadang Allah memberikan kita jalan di waktu yang tepat. Kisah ini juga memberikan kita pelajaran bahwa Solusi itu sangat dekat dengan kita. seperti Nabi Musa dan tongkatnya. tinggal kita saja sadar atau tidak mengenai solusi yang ada di depan kita. 

Tentang doa nabi yunus
Mengakui kesalahan
Mas Eka juga ingat bagaimana kisah nabi Yunus yang di telan oleh ikan Paus dan di dalam perut ikan Paus itu nabi Yunus berdoa memohon ampun kepada Allah. Nabi Yunus berani mengakui kesalahannya, bagaimana dengan kita? apakah kita sudah memohon ampun kepada allah untuk kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan? ini sangat menyentil diri saya sendiri yang kadang juga masih melakukan dosa. Duh..

Detonator kebaikan
Yang dimaksud dengan detonator kebaikan ini adalah semacam pemantik bom kecil tapi bermanfaat seperti membantu atau bermanfaat buat banyak orang. Mneurut mas Eka lagi dengan adanya pemantik kebaikan ini maka kebaikan-kebaikan lainnya akan terbuka lagi buat kita kita. Itu juga salah satu cara agar niat kita selalu baik untuk melakukan hal apapun. Semoga kita bisa belajar untuk berniat baik dalam setiap langkah yang kita buka dan menyebarkannya kepada banyak orang nantinya.. aminn..

Lalui ujian kecil dan nikmati prosesnya
Kata mas Eka, Banyak dari kita tidak sabaran dalam melakukan sesuatu apalagi dalam bisnis. Pengen bisnisnya langsung besar, pengen langsung naik jabatan dan banyak lagi kepengen-kepengen yang mungkin saja kita belum pantas dan siap mendapatkannya. Menurutnya kita harus melewati ujian-ujian kecil yang datang ke kita. Misalnya dalam bisnis, kita tidak bisa langsung punya karyawan puluhan orang. Mungkin kita memulainya dengan kita yang mengerjakannya sendiri setelah usaha mulai maju barulah kita mulai rekrut orang-orang untuk membantu kita di dalam bisnis.

Kita juga lupa bahwa proses-proses kecil ini harus kita lalui dan jangan lupa nikmati setiap proses yang sudah kita lewati. Tetap selalu bersyukur. Saya jadi ingat dengan konsep 10.000 jam yang mana menurut para peneliti kita bisa menjadi ahli dalam suatu bidang ketika kita sudah melewati proses 10.000 jam kita. dan tentu saja inilah yang dinamakan proses di dampingi dengan sabar tentunya.

dosa terbesarmu adalah kau tidak tahu dosamu
Ini yang makjleb banget sih menurut saya, Mas Eka mengakatakan kadang kita tidak sadar bahwa dosa kita sudah menumpuk dan yang lebih parahnya lagi kita tidak tahu dosa kita, kita tidak menyadarinya. Itu termasuk dosa besar kita yaitu kita tidak tahu dosa kita. 

Mas Eka ketika mendapatkan ujian sakit parah beberapa waktu lalu bilang bahwa dia sempat berpikir ya Allah kenapa saya yang mendapatkan ujian seperti ini ya Allah, tapi bagi Allah itu perkara mudah baginya kalo Allah menjawab kenapa tidak? kita sebagai mahkluknya bisa apa?

Saya merinding sepanjang mendengarkan penjelasan Mas Eka ini. Sangat luar biasa sekali menurut saya. Semoga kita semua mendapatkan manfaatnya ya gaes.. jika kalian mendapat manfaat juga dari postingan ini silahkan di komen di bawah Sampai jumpa lagi di postingan selnajutnya :D

October 02, 2017

Review Sekala Studio Surabaya

1:30 AM

Pasti kita semua punya planing untuk memiliki rumah idaman kan ya? mungkin sepertinya masih jauh angan-angannya tapi kenapa enggak kita angsur dari sekarang aja gitu planingnya ibarat kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit, bener gak? 

Saya juga salah satu yang sangat suka bolak balik nanya-nanya untuk planing rumah walopun bajetnya belum ada yaa solawatin dulu aja.. hihi.. insyaallah akan ada rejekinya tapi kita buka pintu dulu untuk jalan kesananya dari sekarang. nah kebetulan kemarin ini saya nemu salah satu Studio Arsitek di Surabaya yang di gawangi oleh seorang Arsitek yang masih sangat muda, namanya Satrio Rianto. Pria Lulusan ITS ini akhirnya menjadi teman mengobrol saya beberapa waktu yang lalu sambil berkonsultasi mengenai Planing rumah. gaya banget gak sih? hahaha..

design ruang sesuai fungsi dan memikirkan kenyamanan anda

Saya mendapatkan kesempatan untuk konsultasi dan bertanya berbagai macam hal mengenai palning yang ingin saya wujudkan. Beberapa juga disanakan oleh Mas Rian sang Owner. Saya juga diberikan beberapa contoh design rumah yang sangat keren, beberapa berasal dari Protofolionya.
salah satu contoh design ruangan kamar


contoh rumah dengan design minimalis
Serius bagus-bagus banget sampai saya juga bingung harus dibikin model apa. Nah enaknya lagi mas Rian ini sangat terbuka jika ada yang ingin bertanya-tanya dulu. jadi kita bakal di arahkan dan di sesuaikan dengan bajet kita. Jika nanti dirasa cocok, baru deh proses design.

Jika kamu penasaran atau ingin langsung konsul ke mas Riannya kamu bisa hubungi kontak dibawah ini ya. Insyaallah Fast Respon kok. kuy kontak, mulai dari sekarang Planningnya.


Contact : Satrio Rianto
Email    : s.rianto@gmail.com
                sekalastudio@gmail.com 
Alamat  :  jl. Semolowaru Elok AI-7 Surabaya
Phone    : 081212126335 ( WA, Telpon)
               :  087835127321 (Sms, Telpon)
Instagaram : @satrio.rianto

October 01, 2017

Catatan Kongkownulis di Tahun Ketiga, Saya Rindu Kalian semua!

10:37 PM
Kongkownulis ketika Launching Buku Pekanbaru Boring Siapa Bilang

September kemarin adalah ulang tahun Kongkownulis ketiga. Saya tidak menyangka bahwa kami bisa sampai pada tahun ini selalu banyak kejutan dan harapan baru untuk Kongkownulis. walaupun kami sedang Hibernasi untuk saat ini sambil mengevaluasi apa yang akan dilakuan di Kongkownulis.

Beberapa orang masih sering bertanya kepada saya kapan Kongkownulis akan memulai kegiatannya lagi? saya belum bisa memastikannya kapan tapi Saya dan Melati masih terus memprogres evaluasi dan pemantapan konsep Kongkownulis dengan pelan tapi pasti. Smoga awal tahun nanti Kongkownulis sudah bisa bangun lagi dari tidurnya yang memang sangat panjang ini.

Kenapa Kongkownulis akhirnya hibernasi untuk sementara waktu?

Seperti yang sudah saya jelaskan pada teman-teman yang bertanya bahwa Kongkownulis perlu jeda waktu setelah beberapa hal tak terduga terjadi didalamnya. Beberapa kegiatan dan Proyekpun harus dihentikan dulu karena saya ingin Kongkownulis diperbaiki sebelum nanti berinteraksi lagi di tengah-tengah kita. Selain itu, Saya sangat menyadari bahwa saya dan juga melati adalah manusia biasa yang juga sangat banyak salah dan khilafnya. Dengan jeda ini kami bisa saling berintropeksi diri masing-masing dan menarik lagi benang merah Kongkownulis. Kami ingin mengembalikan apa yang ingin di tuju oleh Kongkownulis ketika kami gagas September 2014 lalu.

Kalian juga bisa baca : Sedikit Catatan Untuk Ulang Tahun Kongkownulis Kedua

Kongkownulis ingin menjadi salah satu penggerak teman-teman dalam berkarya tapi dalam perjalanannya mungkin ada bumbu-bumbu, masukan dan inovasi yang diberikan oleh teman-teman didalamnya yang juga membuat Kongkownulis terus bergerak. Tapi selama berjalan mungkin Kongkownulis tidak bisa menyenangkan semua orang dan mungkin saja tidak cukup ruang yang disediakan Kongkownulis untuk berkreatifitas.

Saya ingat masa-masa dimana grup tidak pernah berhenti berbunyi, atau kegiatan-kegiatan yang selalu penuh oleh teman-teman yang masih penasaran untuk sama-sama belajar. Semoga masa-masa seperti ini akan kembali, mungkin dengan orang-orang berbeda tapi saya yakin semangatnya tetap sama yaitu semangat berkarya dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kalian juga bisa baca : Awal Tahun dan Kongkownulis


Selamat ulang tahun yang ketiga Kongkownulis. Tahun yang agak senyap emang tapi tahun yang sangat bnayak pelajaran yang bisa di petik didalamnya. Semoga apa yang sudah di lewati memberikan pengajaran untuk kita semua. Dan saya tetap yakin bahwa Kongkownulis tetap bisa bermanfaat dan  berkontribusi untuk membantu teman-teman lainnya untuk berkarya dengan menjadi versi terbaik dari dirinya.

Yang perlu kami lakukan selanjutnya adalah membuktikan bahwa Kongkownulis benar-benar hadir untuk semua orang yang ingin melahirkan karya terbaiknya. Terima kasih untuk kalian yang selalu mensupport Kongkownulis hingga sekarang ya. dan untuk teman-teman Kongkownulis lainnya saya rindu kalian semua! sampi jumpa lagi di part selanjutnya.

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts