May 27, 2017

Hal Kantor


kisah saya di kantor akhirnya berlanjut, setelah perjalanan setahun ini lumayan menyenangkan. Selama menjadi karyawan inipun saya mendapatkan sangat banyak insight dan pemahaman baru tentunya. Dari sisi Karyawan. mulai dari interaksi bos dan anak buah sampai persaingan di dalam kantor itu sendiri. apa saja? yukk...

Nyaman tidak nyaman
nah kadang ketika melihat dari kejauhan sepertinya pekerjaan yang kita lakukan itu akan sangat keren sekali. atau kamu pasti pernah berangan bahwa kamu akan bekerja di perusahaan yang sangat keren. Perlu kalian ketahui bahwa semua perusahaan punya permasalahan mereka masing-masing dan bisa jadi karena brandingnya mereka bisa jadi sangat keren di luar, tapi bisa jadi tidak di dalamnya. Tapi tergantung kalian sih apakah kalian bisa untuk menyatu dengan cepat dan menerima kekurangnya atau kamu akan mempertimbangkan tempat lain. Kerja sama dengan nikah sih menurut saya dan kamu harus memilihnya secara serius.

Mengenai Nyaman dan Tidak nyaman itu terpulang dari pribadi kamu sendiri dan bagaimana kamu menyingkapinya. Mungkin jaman kita di kenal dengan jaman milenial dimana anak-anak mudanya ingin punya kontrol sendiri untuk diri mereka sendiri tapi di perusahaan, apalagi kamu sebagai Fresh Graduate kamu akan segera melihat sesuatu yang mungkin berbeda dengan apa yang kamu anut selama ini. Bisa jadi perusahaan kamu masih menggunakan sistem kolot yang mau tidak mau kamu harus ikut didalamnya.

Tapiii... persoalan seperti ini bisa menjadi tantangan tersendiri buatmu, jika kamu termasuk tipe Fighter kamu akan segera bangkit dan menyesuaikan diri dengan keadaan. Kamu akan di tuntut untuk berpikir positif dan juga belajar hal-hal baru lebih banyak. percayalahh sabar sangat dibutuhkan di bagian ini. Gunakan kesempatan yang diberikan perusahan yang merekrutmu untuk belajar banyak disana. Paksa dirimu untuk belajar mengikuti komando. Kita semua tahu jika kamu ingin jadi pemimpin, kamu harus belajar dipimpin lebih dulu.

Interaksi
Interaksi menjadi krusial di perusahaan karena dalam kamu akan bergaul dengan berbagai macam tipe orang di perusahaan tersebut. Bisa jadi mereka lebih pintar, lebih tua, lebih muda, dan lebih berkuasa darimu. Kamu harus bisa segera menyesuaikan diri dengan ritme perusahaan dan cara berinteraksi didalamnya. Kadang kita menghadapi suasana yang kikuk di awal tapi mau tidak mau kamu harus menghadapinya. Saya rasa kamu juga sangat paham bagaimana seharusnya memperlakukan orang-orang dikantormu nanti.

Menahan diri
Beberapa orang sangat menyenangkan di kantormu, tapi beberapa tidak, terlebih itu adalah atasanmu sendiri. memang banyakyang bilang atasan kita itu seorang psikopat tapi kamu sekarang di bawah kontrolnya. Salah satu saran saya adalah menahan diri. Mungkin kamu ingin memaki sisapapun yang ada di sekitarmu karena tekanan yang kamu hadapi disana. tapi percayalah menahan diri akan baik untukmu, secara tidak langsung kamu berlatih untuk memilah informasi dan juga memilah hal-hal yang membuatmu menjadi orang yang negatif. Mungkin bosmu akan terlalu arogan tapi itulah yang menjadi PR untukmu agar kamu juga jangan terpancing untuk melakukan sesuatu yang tidak baik. Ingat ini latihan yang sangat sulit jadi seringlah berlatih.
 
kadang menjilat
Dalam persaingan yang sengit dalam internal kantor tentu saja banyak cara yang akan di lakukan rekan kerjamu salah satunya menjilat. Daaannn itu termasuk salah satu cara yang berhasil jika kamu ingin punya posisi yang lumayan dan sudah menjadi rahasia umum jika kamu ingin posisi lebih baik kamu harus belajar menjilat.

Memang hak mu jika kamu ingin bertahan seperti itu, tapi apakah kamu ingin mengikuti arus yang tidak sehat begitu? kamu memang ahrus menahan diri tapi kamu juga pasti tau apa yang tindakan yang sebaiknya kamu ambil. Setidaknya jika itu memang tidak cocok denganmu jangan terlalu vocal melawannya. Cukup tunjukkan ketidak setujuanmu denga cara-cara yang baik.

Mengapa bos masih menganggap kita tidak  melakukan apa-apa?
Ini adalah amsalah yang sangat menarik bagi saya karena kadang bos kita selalu menganggap kita tidak melakukan apa-apa dalam pekerjaan kita. Mau tidak mau kamu akan di judge tidak melakuan apa-apa. tapi apapun itu lakukan hal yang baik dan maksimalkan fungsimu disana. seperti yang saya bilang di atas manfaatkan untuk belajar sebanyak-banyaknya.. jika nanti kamu sudah benar-benar tidak tahan kamu bisa pindah dengan kenaikan skill yang baik.

memang sangat banyak perusahaan yang sangat mempertimbangkan kaum milenial seperti kita di perusahaannya tapi juga hanya beberapa yang bisa masuk didalamnya. Tetap bangun mimpimu untuk bekerja sesuai dengan yang kamu inginkan tapi jangan lupakan untuk tetap berlatih secara hardskill dan juga softskill. See yaaa. :D

1 comment:

Athri Kasih said...

Ciye anak kantor,

yang semangat yaaa

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts