March 07, 2017

Apasih Kongkownulis?


"Apasih Kongkownulis?"

Sampai sekarang pertanyaan itu selalu singgah ke telinga saya. Daripada saya mengulang-ulang lagi mungkin ada baiknya saya catat saja di blog saya biar semua orang juga lebih banyak tahu menenai Kongkownulis hihi..

Jadi Kongkownulis awalnya terbentuk dari perbincangan saya dan melati. Awalnya kita cuma pengen bikin komunitas sesuai dengan kesukaan kita dan dalam lingkup membaca dan menulis. Tapi kami pengen sesuatu yang lebih fun dan bisa di nikmati lebih banyak orang karena beberapa komunitas kesannya kadang-kadang lebih tertutup. Dan juga banyak komunitas yang juga terlalu kaku atau rulesnya juga ribet belum lagi hanya fokus di salahs atu bidang saja. Saya dan Memel agak maruk, kami ingin Kongkownulis bisa di isi oleh siapa saja yang memang punya pemintaan yang sama atau mungkin yang belum tertarik sama sekali tapi kami bisa membuatnya menyenangi dunia buku dan tulis menulis nantinya.

Kongkownulis juga ingin kami jadikan sebagai bentuk melawan stereotipe yang bertebaran di khalayak ramai  bahwa yang membaca buku dan suka menulis itu bukan cuma orang-orang cupu saja, tapi mereka juga orang-orang yang sangat pintar, keren, apdet, juga berprestasi.

Saya dan Memel juga bersepakat membuat pusat Kongkownulis di Pekanbaru kenapa? Karena kami ingin di lihat dari sisi Lokalnya dan juga Pekanbaru punya perpustakaan yang terkeren dan terbesar di Asia Tenggara kenapa kita tidak memanfaatkan moment ini juga?.

Kongkownulis juga kami rancang bisasenyaman mungkin nantinya untuk semua orang, kami tidak membatasi diri untuk menerima sesuatu yang baru lagi dalam kepenulisan atau karya. Karena memang itulah tujuan Kongkownulis sebenarnya. Kami juga sangat percaya bahwa semua orang adalah unik dan kami akan berusaha menonjolkan keunikan masing-masing teman-teman yang berada didalam KOngkownulis semaksimal mungkin.

dalam visinya Kongkownulis ingin menjadi organisasi yang berfokus sebagai Akselerator dan Stimulator dalam pengembangan minat baca dan menulis yang berfokus menghasilkan karya-karya baru. Visi ini di perkuat oleh tagline kami yaitu Read, Write, Publish, Inspire. Kami ingin menajdikans etiap program yang ada di Kongkownulis nantinya bisa memacu teman-teman untuk bersemangat mencari ide baru, kreatifitas baru, atau mungkin bentuk baru dalam dunia kepenulisan yang bertujuan untuk menjadi karya! dengan berfokus menjadi versi terbaik dirimu sendiri.

kita punya lima core values di Kongkownulis
1. fun
2. Collaborative
3. be yourself
4. grow yourself
5. Family base

Nah sebelum saya lupa hahaha.. kenapa sih namanya Kongkownulis? Nama Kongkownulis kami ambil dari istilah Kongkow yang artinya nongkrong jadi filosofinya ketika Kongkow kita nulis atau bisa dibilang kongkow yang produktif daripada ngabisin waktu cuma buat haha hihi.. iya gak? xp.

"Di Kongkownulis bisa ikut apa aja sih?"
jadi di Kongkownulis kamu bisa mengikuti beberapa program yang sudah kita rancang sedemikian rupa. apa saja itu?

1. Kongkow Ngobrolin
Kongkow Ngobrolin adalah kegiatan sharing sekali sebulan dengan ahli-ahli dalam dunia kepenulisan atau mungkin orang-orang yang bisa menginspirasi teman-teman contohnya kita pernah ngadain Kongkow Ngobrolin Skripsi dimaan kita akan mengupas semua hal yang berbau skripsi karena skripsi mau tidak mau akan banyak berhubungan dengan tata cara menulis, selanjutnya kami pernah membahas beasiswa, lah apa hubungannya? pendekatannya di sini adalah bagaiamana memulai pembicaraanlewat email dengan prof-prof yang ada disana dan itu juga pastinya masuk dalam ranah menulis menurut kami. waktu itu kamimengundang bg Adi salah satu mahasiswa Doktoral di Jepang untuk berbagi pengalamannya. trus apalagi? banyaakk pokoknyaa.Kelas Sharing ini gratis dan siapa saja boleh ikutan. seru gak tu? hihi

2. Barter Buku
Di latar belakangi dari banyaknya teman-teman Kongkownulis yang mahasiswa dan kadang ada beberapa buku ketjeh yang belum bisa di beli, daripada ngiler mending kita gantian bacaa hihi.. itulah awalnya terbentuknya Barter buku. jadi di sini kamu bisa saling bertukar buku dengan teman-teman di Kongkow dan nanti akan di beri waktu dua minggu untuk menyelesaikan bacaanya.. yaa konsepnya kayak perpustakaan gitu tapi kalo yang ini perpustakaannya di rumah.. hihi..

3. Owop (one Week One Post)
Nah kalo yang ini adalah menu  wajib mingguan untu semua teman-teman Kongkownulis yang sudah bergabung menjadi member. Ini salah satu tempat latian untuk menulis. Nah biasanya kita menargetkan semua member untuk menulis minimal satu tulisan tiap minggunya dan untuk tahun 2017 ini kita akan lebih banyak kasih Challenge ke teman-teman yaa jika bisa  produktif kita bakal kasih hadiahh hihi...

4. Weekend Baca
kegiatan ini kita lakukan sekali dua minggu dengan fokus pembahsan terhadap satu judul buku dan teman-teman juga bisa menceritakan buku-buku apa saja yang sudah di baca dalam ninggu ini dan juga membahas tulisan OWOP teman-teman yang menurut kita menarik.

5. MWP (My Writing Project)
Di MWP ini teman-teman akan di tuntut untuk menghasilkan karya. Terserah apa itu apa mau tulisan dengan cara baru, atau mau buku dengan gambar-gambar, atau teater itu terserah teman-teman karena kita berfokus karya dengan kreatifitas. KIta ingin menghasillkan karya dan bisa jadi karyanya belum punya genre bisa jadi lohhh.. Program MPW ini di lakukan selama 6 bulan dengan program yang intensif.

nah itu tadi sedikit banyaknya mengenai Profil Kongkownulis. JIka kamu tertarik untuk bergabung silahkan colek kita  di @kongkownulis yaaa hihi.. sampai jumpa lagiii!


No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts