August 03, 2016

Sedikit Catatan Dari Pak Hermawan Kertajaya

tahun 2015 kemarin, saya sempat mengikuti acara Wow Marketeer untuk kedua kalinya yang di adakan oleh Markplus dan majalah Marketeer. acara yang sangat menarik menurut saya. apalagi saya juga sangat suka dengan Pak Hermawan Kertajaya karena beliau adalah salah satu ahli Marketing indonesia, bahkan mungkin dunia. dia sudah menulis buku bersama Philip kotler dan juga sudah mengisi seminar bersama-sama di antero dunia. kebtualn catatan ini sudah lama tertimbun di dalam notes saya dan tadi saya baru menemukannya kembali. apa saja hal-hal menarik waktu itu yang saya dapatkan dari beliau?

pertama adalah mengenai marketing 3.0 yang digagasnya. marketing 3.0 ini adalah point-point yang harus kita punya ketika membangun merk atau brand dan pada akhirnya akan berdampak pada sales dan juga service yang kita punya. jika kamu ingin tahu lebih detail mengenai marketing 3.0 ini kamu bisamembeli buku pak hermawan di tokok buku terdekat okeyyy.. hihhi..

pak Hemawan juga membahas bagaimana rasulullah berbisnis. walaupun dia tidak menceritakan detail tapi dia sepertinya mempelajarinya. setelah itu dia membahas mengenai Markplus, perusahaan yang di rintisnya dari awal yang sekarang sudah punya 300 orang karyawan kalo tidak salah. sealin itu Markplus juga di sulap menjadi seperti University, karena menurut pak Hermawan, Dunia marketing bergerak cepat dan semua orang ahrus terus belajar agar bisa kompetitif. itulah alsan kenapa Markplus bisa menajdi tempat belajar yang baik juga bagi karyawannya.

setelah itu dia bercerita mengenai Korea Selatan. kenapa Korea Selatan bisa semau sekarang ini. ternyata ada 2 point penting yang mendorong mereka hingga menjadi negara maju seperti sekarang

1. karena mereka merasa punya musuh
Korea Selatan tidakakur dengan negara Korea lainnya. dengan kata lain itu menjadi pecutan bagi warga negaranya untuk bisa lebih maju dari mereka dan menunjukkan bahwa mereka bisa survive walaupun sudah menjadi dua negara.

ini sama halnya dengan cerita lama dimana ikan di letakkan di depan dan di kejar oleh ikan hiu. ikan kecil akan terpacu untuk bergerak menghindar karena ingin menyelamatkan diri. nah seperti itulah Korea Selatan menempatkan dirinya *filosofi yang sama juga di pakai oleh Singapore kalo tidak salah.

2. belajar dengan jajahan dengan menyamai mereka
karena dulu Korea juga pernah di jajah maka ini menjadi kesempatan juga bagi mereka untuk belajar dan menyamai mereka dalam semua bida terutama teknologi. kalian sudah tahu bagaimana samsung, Hyundai dan kia merajai dunia kan?

selain itu Korea adalah negara yang juga berhasil mecampurkan Government, Bussiness, People, and Culture dalam misi negara mereka. dan menurut saya ini harusnya di contoholeh negara kita iya kan? dengan perpaduan yang sangat baik anatara, pemerintah, bisnis, kebudayaan, dan orang-orangnya akan terjadi pergerakan atau dinamika yang sangat baik. hasilnya kita bisa bergerak bersama karena kita merasa sama-sama memiliki misi dan visi untuk negara.

nah itulah point-point penting yang sempat saya catat waktu itu. memang masih banyak lagi sebenarnya tapi ini terjadi tahun lalu dan ada beberapa part yang saya rasa sudah lupa hehehe. mohon maap yaa gaes.. okeh itu dulu dehh semoga bermanfaat.. see yaaa. :D

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts