August 28, 2016

Sedikit Catatan Untuk Ulang Tahun Kedua Kongkow Nulis

8:34 AM
tidak terasa Kongkow Nulis akan berulang tahun yang kedua bulan september ini. senang sih tidak menyangka bahwa kami bisa berjalan sejauh ini. ini juga berkat support dari teman-teman kongkow yang emang sangat berkontirbusi untuk perkembangan Kongkow nulis. walaupun sedang riuh dengan urusan persiapan Anniversary yang kedua, dan segala macam program dan tetek bengek yang harus di selesaikan di Kongkow Nulis ada juga beberapa percikan dari tiap tim pengurus Kongkow Nulis yang sangat luar biasa. kami memang seperti keluarga besar pada umumnya. kadang-kadang kakak beradik tidka bisa akur karena sesuatu hal haha.. iya kan?

kembali ke masa lalu, Kongkow Nulis ini saya dirikan bersama Melati yang ketika itu kami bertemu di salah satu komunitas tapi punyavisi yang sama mengenai dunia kepenulisan dan hal-hal apa saja yang menjadi kendala sebenarnya di dunia tersebut. setelah mengobrol dan mengadu ide akhirnya lahirlah Kongkow Nulis yang kami Sounding pertama kali di acara Be WritPreneur bersama @tweetnikah yang menulis buku Aku, Kau, dan KUA dan juga motivator Hendrik Ronald. di sinilah pertama kali nama Kongkow Nulis kami dengungkan.

waktu terus berjalan, saya masih ingat waktu itu Grup Kongkow belum seramai ini. kami hanya berisikan 4 orang yang waktu itu memang sudah saling kenal dan karena di ajak bergabung saja. smpai akhirnya mulai bertambah hingga menjadi sekitar 35 member Aktif yang baru kami rekrut setelah melakukan seleksi kepada 56 calon pendaftar member. sepanjang pernjalanan Kongkow Nulis, kami menemukan serpihan-serpihan kami yang pada akhirnya tidak bisa terpisahkan. kami menjadi kokoh dengan banyaknya perjumpaan dengan orang-orang menakjubkan di Kongkow Nulis. mungkin saya akan menceritakan perjalan detail Kongkow Nulis di Postingan selanjutnya. kali ini saya hanya ingin menceritakan orang-orang yang memang sangat bersemangat untuk melakukan perubahan  yang hingga sekarang menjadi keluarga besar yang tidak tergantikan menurut saya.

Athri
ini adalah kakak tertua kami di Kongkow Nulis. dia adalah anak sulung yang seperti kebanyakan anak sulung yang sangat suka mengayomi adek-adeknya yang ada di Kongkow Nulis. dia sigap, dan jauh dari feminim.tapi hatinya berkilau. matanya penuh dengan energi. itulah kakak kami yang siap menjewer telinga kami jika kami melakukan sesuatu yang tidak pada tempatnya.dia galak tapi baik hati..

Febi
ini sebenarnya kaka kedua, tipe anak kedua yang penyabar memang sangat pantas disematkan padanya. bagaimana tidak?dia tidak akan pernah marah untuk hal-hal jahil yang selalu dilakukan sahabatnya D Athri Kasih. dia juga akan selalu tersenyum  dengan apapun yang terjadi padanya. beberapa menjulukinya ibu peri. memang cocok..

Anggo
orang kesehatan ini adalah orang yang sangat tangguh dan punya pemikiran-pemikiran matang. walaupun terkadang kami berpikir dia ini suka galau dan keras kepala tapi anggo adalah orang yang paling tepat di ajak untuk mendiskusikan langkah apa yang harus di ambil utuk sesuatu masalah yang ada di Kongkow Nulis. selain itu dia juga orang yang tidak akan segan menasehati kami jika ada sesuatu yang memang bukan pada tempatnya. dia sedikit konvesional.. apalagi setelah kalian tahu selera lagunya adalah Ebiet G Ade.

Memel
Memel adalah partner yang luar biasa. selalu punya ide cemerlang untuk membuat Kongkow Menjadi lebih baik. walaupun kadang dia sangat suka ceroboh dalam beberapa hal tapi dia memang bisa di andalkan Tentunya. dia selalu bisa menjadi sudut pandang lain di Kongkow Nulis. selain itu dia adalah adik yang sangat gampang tersentuh hatinya. dia adalah adek cengeng kami..

Wike
tipikal independent women yang sangat detail oriented dan juga selalu penuh tawa dan keceriaan. tegas dan sangat efisien. rumahnya selalu dijadikan tempat berkumpul oleh kami. selain itu dia akan sangat senang jika bisa mensupport apapun yang dilakukan Kongkow walaupun menyusahkanya termasuk menjadi seksi transportasi anak-anak Kongkow..

Rezky
sebenarnya dia penuh energi tapi kadang hanya menjadi Silent Reader. dia sangat bertanggung jawab dengan amanat yang di berikan kepadanya. termasuk orang yang paling konsisten dan paling passionate. dia LDR kami di Kongkow Nulis. adik yang akan selalu di tunggu kepulangannya. adik energik...

Rizki
jika dilihat dari perawakannya yang tinggi kurus, banyak orang mengira bahwa dia anak pendiam tapi jauh di dalam jiwanya tertanam benih Rock and Roll dan kebebasan. Rizki adalah orang yang sangat tanggap dengan apapun yang terjadi di Kongkow Nulis. dia selalu bisa menjadi orang yang diandalkan di waktu-waktu genting. wajahnya menawan, hatinya beriman. kami berharap sebelum menemukan teman hidup dia menyelesaikan skripsinya terlebih dahulu..

Kamal
kamal adalah orang yang paling jutek menurut saya di Grup Kongkow. kamal tidak akan segan-segan untuk mehunuskan tajamya lidah kepada siapapun di grup dan dia sangat objektif. kamal salah satu orang yang bisa memberikan pandangan-pandangan dari sisi teknis dunia kepenulisan kepada teman-teman lainnya di grup Kongkow. walaupun dia terkadang sedikit melankolis tapi dia adik kami yang memang sangat teruji kepintarannya .


Tika
tika selalu kami juluki adik bungsu karena dia adalah yang paling muda di antara kami. tika berbakat, smart, dan supporter yang sangat setia. dia sama seperti Rizki akan selalu ada dalam hal-hal yang sangat dibutuhkan. kami yakin dia akan menjadi sesuatu dimasa depan. tergantung adik bungsu kami ini ingin berusaha lebih keras atau tidak. dia adalah orang yang akan mewarisi beberapa hal dari Keluarga ini.

Tia
adik kami yang paling cerewet yang pernah kami temukan. dia tidak akan segan-segan untuk mengatakan apa yang dia rasakan. mungkin lebih tepat jika dia adalah tipe orang yang jujur dan realistis. walaupun cerewet dan wajah jutek, hatinya bertabur berlian. percayalah dia akan sangat bisa diandalkan..


itulah beberapa orang spesial di dalam grup yang saya temukan dan akan menjadi bagian dari keluarga besar ini. kami akan terus berjalan mencari serpihan keluarga lainnya yang mungkin juga sedang menunggu untuk ditemukan. atau sedang bergerak menuju kami untuk kami sambut. kami tidak tahu siapa tapi mereka akan terus berdatangan untuk menjadi keluarga besar dari Kongkow Nulis.. saya berharap mereka ditemukan secepatnya..

August 23, 2016

Tak Perlu Judul

7:21 PM
cerita ini tak perlu judul
hanya penuh dengan keresahan dan kegundahan
setapak aku hanya akan selalu melihatmu di balik senyum jauh
hanya akan selalu meledakkanku dengan angan jauh

cerita ini tak perlu judul
cerita ini jauh tenggelam di lubuk hati terdalam
entah karena malu atau memang belum cukup waktu
biarkan mengendap di dalam gelap

cerita ini tak perlu judul
aku ingin berlabuh
engkau mencari tempat berteduh
bisa jadi hanya semu
mungkin itu hanya harapku bukan harapmu


cerita ini tak perlu judul
hanya penuh dengan keluh
lidah keluh dan keluh kesah


cerita ini tak perlu judul
dia bersembunyi jauh di dalam senyum
dia bahagia, hanya saja dalam diam
dia berharap, hanya saja dalam doa mustajab

cerita ini tak perlu judul



August 19, 2016

Opsi

5:25 AM
beberapa waktu ini entah mengapa saya seperti sedikit galau dengan hidup saya. entah kenapa tapi emang berasa lebih mellowable aja cih.. apa pengaruh lagunya Tulus kali ya? hahaha.. tidak mungkin.. jadiii karena sedang mellowable begini sayapun mencoba untuk mengurangi aktifitas chat2 dan juga menonton habis anime-anime yang bersisa di laptop saya. biar kalo ngomong gak kebawa-bawa mellownya dan juga biar bisa lebih mengontrol diri juga sih.. *halah sok sokan..

jadi kali ini saya ingin membahas mengenai pilihan dan tujuan karena sangat berhubungan dengan apa yang sedang saya alami sekarang ini. kemarin saya sempat mengecek roadmap saya dalam 5 tahun ke depan dan merevisi dua tahun yang sedang saya masuki. saya sudah membuat beberapa pilihan atau dengan kata lain membuat kombinasi mengenai dua tahun yang ada di roadmap saya. memang tidak merubah total, yang saya lakukan hanya memodifikasi dan menyesuaikan dengan resources yang saya punya saat ini. mulai dari yang beresiko kecil dengan tingkat boring tinggi sampai ke yang beresiko besar dengan tingkat kesenangan dan boosting skill yang baik. tapi tetap saja ini mengenai roadmap dan tujuan-tujuan saya selanjutnya.. apapun nantinya yang akan terjadi saya akan menjalankannya dengan semangat dan optimis.

dengan beberapa opsi kombinasi sebenarnya membuat perlambatan untuk bergerak menurut saya karena kita terlalu mempertimbangkan sesuatu sampai kita lupa bahwa kita harusnya hanya fokus ke satu hal yang memang menjadi tujuan kita. saya pernah mendengar petuah yang berbunyi "berpikir adalah awal dari ketakutan" benar saja, ketika kita mulai berpikir, secara spontan otak kita akan melakukan defense terhadap apa yang sedang kita pikirkan tersebut. misalnya jika kamu melompat dari tebing ke sungai dengan jarak yang cukup tingi tentunya kamu akan segera berpikir "wahhh bahayaa ini bagaimana kalau begini, begini, begitu" kita menjadi terlalu banyak alasan dan ,menjadi overthinking. coba jika kamu melihat sedikit dan langsung melompat saja. tentu hasilnya akan berbeda setidaknya kamu sudah melewati batas dirimu dengan menambah portofolio keberanianmu terjun dari tebing tinggi.

sekarang ini dengan beberapa pilihan yang sengaja saya buat membuat saya lebih banyak berpikir dan ini lebih melelahkan tentunya. berita baiknya adalah saya punya sudut pandang lain yang bisa menambah masukan untuk diri saya sendiri. kombinasi-kombinasi yang saya buat tadi harus secepatnya saya olah untuk dijadikan tujuan. saya akan memilih opsi yang paling mendekati dengan tujuan saya selanjutnya. dengan menghilangkan opsi-opsi yang tidak memungkinkan untuk saya kejar. mungkin bisa dikatakan bahwa ini hanya opsi strategi untuk mencapainya. saya hanya mencoba menemukan beberapa kombinasi saja dari hal yang sudah saya susun ini.

okeh mungkin itu dulu untuk sekarang.. doakan saja semoga opsi kombinasi ini bisa berjalan dengan baik ya!

August 18, 2016

Mengenai Nikahan Alvin Anak Pak Ust

7:45 AM
karena dari kemarin banyak yang membahas si anak Pak Ustad Arifin Ilham Yang nikah di Umur yang sangat belia, dan juga beberapa orang dikantor dan teman-teman yang smepat membahasnya jadi kepengen juga ikutan hahaha *woooo ebi anak Ikut-ikutan. tapi ini hanya dari kacamata saya yang masih begitu awam dan juga masih jauh dari pengalaman soal Pernikahan tapi ada beberapa hal menarik yang saya tangkap dari cerita dek Alvin yang keren abis ini.

jika di lihat dari sisi kebaikan. tentu ini adalah sebuah berita baik dimana anak semuda Alvin sudah punya keberanian untuk menikah. apalagi Alvin adalah anaknya Ust terkenal yang insyaallah sudah di didik dengan baik oleh orang tuanya. dan dengan keberanianya ini juga membuat teman-teman baik laki-laki maupun perempuan juga berharap bisa menjadi sosok Alvin. pasti bahagia dan beruntung banget yaa bisa seperti Alvin. menyempurnakan separuh agama di usia yang sangat belia dan siap untuk berjuang bersama.. duhhh siapa yang gak kepengen coba.

baca juga : Tiga Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Jika Memilih Pasangan

itu dari sisi pertama.sisi lainnya datang dari sebuah tulisan di salah satu blog yang di share oleh teman saya yang membahas mengenai ini juga. dari yang saya tangkap pernikahan Alvin ini malah membuat akun akun yang katanya dakwah malah mengompor ngompori anak-anak muda untuk galau. untuk segera merasakan apa yang Alvin lakukan. tidak salah memang karena saya melihat akun-akun yang katanya dakwah itu memang malah mengompori untuk segera menikah muda dan pada akhirnya akun seperti ini tidak berbeda dengan akun-akun anak abege labil lainnya yang juga selalu berisi mengenai masalah cinta-cintaan. dan satu lagi yang saya noted, mengenai kelabilan karena usia yang juga sangat muda ketika menikah. hmm... boleh juga.

kalo dari teman-teman kantor saya yang notabene adalah ibuk-ibuk yang juga anggota-anggota pengajian bilang yaa sah-sah aja kalo ingin mencnotoh Alvin tapi tetap saja dalam pernikahan itu ada tanggung jawab besar. apalagi sebenarnya kalo di pikir-pikir juga Alvin ini ada Ust terkenal gaes.. tentunya untuk networking dan segala macam hal yang mudahkan ya.. hehe.. yaa secara duniawi. tapi yang perlu di garis bawahi mungkin dari yang dibilang teman-teman saya adalah jika kita ingin menikah muda mungkin kita harus punya orang tua yang paham dengan baik mengenai hal tersebut atau kemampuan ekonomi yang sangat baik. saya tidak menyalahkan sih memang di sisi ini tentu sangat masuk akal.

saya juga menemui pasangan lainnya yang sama seperti Alvin ini. menikah di usia yang cukup muda juga, kebetulan mereka adalah orang negeri jiran Malaysia. saya lihat si laki-laki memang sudah cukup matang dari sisi ekonomi karena dia punya usaha yang lumayan juga. begitupun si perempuan juga berasal dari orang yang lumayan berada. tapi bukan hanya itu pointnya, kesiapan untuk berjalan bersama-sama juga termasuk didalamnya. saya punya contoh yang sangat dekat yaitu adik saya sendiri juga memutuskan untuk menikah di usia yang lumayan muda. dan alhamdulilah sudah di karuniai dua orang anak yang lucu-lucu dan pinter-pinter hihi.. *pinter kayak oomnya yakaaannn.. nah dalam berumah tangga tentu pasti banyak juga tantangan yang di hadapi nantinya. pasti bakal ada percik-percik amarah antara kedua belah pihak tapi saya melihat itulah yang membuat kedua belah pihak bertambah kesabaran dan kedewasaannya. kadang tergantung dari pribadi masing-masing juga apakah mentalnya siap untuk hal-hal yang seperti itu.

memang dalam beberapa yang saya baca kenapa anjuran untuk menikah muda itu marak di bicarakan karena pergaulan zaman sekarang yang sudah sangat lepas kendali tapi bukan berarti menikah muda tanpa persiapan adalah solusi yang cukup baik juga. tentunya harus ada persiapan baik mental maupun fisik. menikah bukan semudah yang dipikirkan juga pastinya.

untuk saya yang masih belum punya pengalaman dalam dunia pernikahan tentu saja ini adalah sesuatu yang serius. bayangkan kita akan hidup bersama dengan orang yang mungkin baru kita kenal tidak berapa lama. dan ini perlu sesuatu yang namanya komitmen dan konsistensi. nah itulah yang harus kita persiapkan. kesiapan untuk menerima seseorang yang sudah kita yakini akan berjalan beriringan bersama kita yaa ibaratnya akan menjadi teman satu sampan mengarungi lautan dunia yang begitu luas ehaaa~

baca juga : Beberapa Saran Untuk Lelaki

mungkin hal yang paling susah adalah meyakini bahwa dia yang paling baik dari sekian banyak pilihan yang ada. hmmm... mungkin lebih tepatnya meyakini bahwa dia adalah tujuan kita. kalo udah yakin yasudah ayok melangkah bersama. sama seperti Alvin. dia yakin dan juga mempersiapkan dirinya untuk itu. tidak akan ada yang sempurna kan ya tapi persiapan adalah sesuatu yang penting juga. selain itu jika memang akan menuju kesana jangan pernah berharap bahwa pasangan kita akan sesempurna seperti cerita-cerita yang banyak bertebaran. gaess.. kita mungkin hanya tahu sedikit mengenai itu. dan yang pasti tidak akan semua kisahnya akan kita ketahui secara pasti. jadi berharaplah untuk bisa bersama-sama menuju kebaikan target kita bukan hanya dunia tapi akhirat kan? jadi ayok bersama-sama saling mendukung untuk memperbaiki diri menuju kesana.


 saya selalu memegang kata-kata Ali Bin Abi Thalib yang saya temukan disalah satu artikel atau buku yang saya baca yang mengatakan begini "cinta itu adalah jika kamu menyukai semua kekurangan pasanganmu" maksudnya adalah kelebihan yang dimilikinya sudah jelas. tapi apakah kita bisa menerima kekurangan yang ada padanya? itu kenapa komitmen dan konsistensi sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan.

selain itu Alquran juga menyebutkan bahwa "istri adalah pakaian dari suami begitu juga sebaliknya"

untuk Alvin barakallah dude.. semoga bisa menjadi seorang suami yang bertanggung jawab. saya pribadi masih kalah jauh dari kamu Vin. semoga saya juga bisa menyusul.

jika kamu perempuan maka persiapkan saja apa yang menurutmu perlu untuk masa depan dan jangan berhenti untuk selalu menuju kebaikan. jodoh akan datang dari mana saja. jangan hanya melihat fisik tapi lihatlah potensi lelaki itu dimasa depan.

karena saya sampai sekarang percaya dan yakin bahwa menikah adalah salah satu jalan agar di mapankan oleh Allah. di kayakan, di mudahkan, dan salah satu jalan untuk menyempurnakan agama. dan nikah muda bukan sesuatu yang baik itu adalah solusi di iringi dengan kesiapan, perbaikan diri dan menimbah ilmu. okeh mungkin itu dulu sampai jumpaaa.. :D


source photo : makassar.tribunnews.com

August 17, 2016

Kebiasaan Menunda

7:21 AM
daaann akhirnyaaa sayapun menulis postingan yang sudah saya tunda untuk menulisya sejak malam haha. nah begitulah dahsyatnya persoalan menunda ini sampai saya harus curhat di postingan karena kebiasaan menunda yang sudah melewati batas tidak wajar.

baca juga : Lagi Malas Gerak

kebiasaan menunda ini tentu saja tidak baik karena menurunkan tingkat produktifitas sehari-hari. yang seharusnya kerjaan selesai hari ini malah gak jadi dikerjain dan mungkin baru tiga hari lagi dikerjain. ngerih kan yaa.. hih..

tapi emang tidak bisa dipungkiri kalo bawaan menunda ini memang susah di hilangkan. dari dulu hingga sekarang tetap aja penyakit ini masih lengket. mungkin karena kita sering leha-leha dan merasa masih punya waktu. padahal kalo misalnya kerjaannya sudah kita laksanakan dari awal yaa gak bakal bikin kelabakan.

nah kebetulan tadi itu juga ada postingan di Instagram yang membahas mengenai  kebiasaan Menunda ini.



Penyakit Nanti
.
.
Al Hasan Al Bashri rahimahullah berkata:
.
: " إِيَّاكَ وَالتَّسْوِيفَ فَإِنَّكَ بِيَوْمِكِ وَلَسْتَ بِغَدِكَ قَالَ : فَإِنْ يَكُنْ غَدٌ لَكَ فِكِسْ فِيهِ كَمَا كِسْتَ فِي الْيَوْمِ , وَإِلا يَكُنِ الْغَدُ لَكَ لَمْ تَنْدَمْ عَلَى مَا فَرَّطْتَ فِي الْيَوْمِ " . .
Jauhi taswif (nanti).. karena kamu sedang berada di hari ini..
bukan di hari esok..
Bila esok masih menjelang..
maka lakukan seperti yang kamu lakukan di hari ini..
Bila esok tidak menjelang..
kamu tidak akan menyesali perbuatanmu di hari ini..
Nanti..
Penyakit yang menghinggapi penuntut ilmu..
Ketika ada kesempatan..
ia berkata: nanti sore saja..
Ketika sore menjelang..
ia berkata: nanti saja besok..
Demikianlah setan..
memberikan angan-angan..
agar kita terluput dari kebaikan..
.
.
Say no to nanti..
.
.
.
Ustadz Abu Yahya Badrusalam/SalamDakwah



nah dari pernyataan diatas sangat jelas bahwa bermalas-malasan itu sangat tidak baik apalagi menunda. karena menunda pekerjaan akhirnya kita juga yang akan menyesalinya di kemudian hari. okeh baiklahh saya akan lebih bersemangat lagi untuk melakukan pekerjaan yang memang harus dilaksanakan pada waktu yang sudah ditentukan. no tunda-tunda lagi deh yaa.. semogaa hihihi... :D

 

source gambar dan pesan2 : @teladanrasul

August 12, 2016

Yuk Ngaji bersama Felix Shiaw

8:42 PM
Minggu kemarin ini akhirnya mendapat kesempatan berjumpa dengan Ust. Felix Shiaw. kebetulan beliau sedang mengisi di acara #yukngaji yang diadakan di Mesjid UIN Suska Riau. karena tamunya istimewa, yang datang untuk kegiatan ini juga tentu saja membludak. berikut beberapa hal yang sempat saya catat dari ceramah beliau kemarin ini.

sebagai pencair suasana ada MC yang memang sangat lucu menurut saya ternyata dakwah bisa di combine sedemikian rupa dengan dakwah.. hihi salah satu yang membuat saya terkekeh mengani pembahasan siul untuk merayu cewek.bukan berarti karena bulan ramadhan siul kita juga harus ada tajwidnya. yaappp ini memang tamparan juga buat kita semuanya. kalo saya mengartikannya seperti bukan berarti kita mengucapkan barakallah fi umrik untuk teman dalam beberapa hal yang tidak dilakukan dalam agama otomatis  hal itu menjadikannya islami hehhe.. yaa seperti itulah kira-kira.

selanjutnya ust. Felixpun maju dan langsung membuka tausyahnya. dia memulai dengan pembahasan kalau taat pasti bahagia dan jika bermaksiat pasti sengsara. beliau juga memberikan beberapa contoh mengenai hal di atas. selanjutnya beliu bertanya " adakah disini yang tahu perbedaan senang dan Bahagia?" ada beberapa yang menjawab dan dilanjutkan penjelasan dari ust. Felix. menurutnya senang atau kesenangan itu jika ditumpuk akan menjadikan sesuatu itu tegang. sama seperti ketika kita banyak duit, kita khawatir jika duit kita hilang, di curi orang atau terjadi hal-hal buruk kepadanya sama seperti harta juga begitu. contoh lainnya adalah makan. makan ini adalah salah satu contoh kesenangan tapi jika terlalu banyak makan perut juga akan begah dan membuat kita tidak bisa bergerak. bener gak?

nah kalo bahagia ini adalah ketika melepaskan. bahagia ini tidak terletak pada materi. ust. felix shiauw mencontohkan ketika kita kebelet ingin ke belakang, setelah menyelesaikan urusan kita pasti lega kan? nah itulah kebahagiaan. mungkin kalian bisa mendefenisikan ke contoh lainnya menurut saya.

selanjutnya dia membahasan mengenai iblis yang dikeluarkan dari surga dan juga nabi adam yang memang ingin dijadikan oelh Allah sebagai Khalifah dibumi. yang saya tangkap dari pembahasan ini adalah jika kita suka menolak kebenaran dan angkuh kita bisa jadi di kategorikan sebagai setan.. hih..

selain yang di atas, sebagai penutup ust Felix membahas mengenai lelaki dan perempuan. perbedaan dalam cara berpikir dan juga beberapa hal lainnyayang tidak sempat saya catat hahaha... yang sempat saya catat adalah tidak ada yang membuat laki-laki setia selain allah. okehhh mungkin itu saja sihh.. maap jika ada beberapa hal yang kurang jelas. maklum ada beberapa part yang saya lupa hihi.. daahhhh... :D

Lagi Malas Gerak

7:19 PM
Beberapa waktu belakangan ini saya sepertinya terkena virus malas gerak atau bisa disebut mager. entah kenapa bawaannya sekarang malas aja kalo mau ngapa-ngapain. makanya saya sedang mencari cara agar virus ini menghilang. emang semager apasih? yaudah deh simak aja ceritanya dibawah hihi..

Kasus mager pertama saya adalah duduk di kursi kantor. mungkin karena sudah duduk dan juga tugas yang menumpuk jadinya malas aja kalo harus kemana-mana lagi haha.. sampai kadang untuk minum ke kitchen aja saya harus memantapkan niat walaupun udah berasa banget dehidrasi. jadilah saya selalu manggil-manggil orang warehouse untuk bolak balik lantai 1 dan lantai 2 jika ada keperluan ke lantai 2. selain itu kadang saya kesel sendiri sama bos saya. padahal telp berada di sebelah mejanya *kebetulan meja kami berseberangan. eh tetap aja saya yang di suruh ngangkat telp.. kan kamp... :)..

Mager selanjutnya di meja segala macam di dalam kamar saya, sama seperti kasus di kantor karena sudah duduk enak jadinya males mau ngambil air lagi atau bersihin sampah snack yang berserakan di meja. entah kenapa bawaanya pokoknya males aja gitu. apa karena ini mungkin yang menjadi salah satu penyebab badan saya bagian tengah jadi tidak terkendali perkembangannya atau karena kebanyakan makan baking soda. :)) okeh garing skip..

Selanjutnya yang selalu menjadi permasalah mager adalah ketika sudah berada di atas tempat tidur. baik itu pas bangun atau pas mau tidur duhh maless bangett seriusann. yang saya kerjakan hanya scroll-scroll hape sama baca buku. udah gitu aja. kalo misalnya lagi mau ke toilet jugaa berasa maless.. padahal udah kebelet kadang duhhhh.. bahaya kan yaa sebenarnyaa.. --"

Nah itulah beberapa posisi mager saya sehari-hari. semoga saya bisa konsisten untuk bergerak lebih luwes lagi kedepannya. di jauhkan dari rasa malas. dimudahkan segala urusan *lah.. hihi..okeh segitu aja dulu yaaa..:D.. see yaa..

August 03, 2016

Sedikit Catatan Dari Pak Hermawan Kertajaya

10:05 AM
tahun 2015 kemarin, saya sempat mengikuti acara Wow Marketeer untuk kedua kalinya yang di adakan oleh Markplus dan majalah Marketeer. acara yang sangat menarik menurut saya. apalagi saya juga sangat suka dengan Pak Hermawan Kertajaya karena beliau adalah salah satu ahli Marketing indonesia, bahkan mungkin dunia. dia sudah menulis buku bersama Philip kotler dan juga sudah mengisi seminar bersama-sama di antero dunia. kebtualn catatan ini sudah lama tertimbun di dalam notes saya dan tadi saya baru menemukannya kembali. apa saja hal-hal menarik waktu itu yang saya dapatkan dari beliau?

pertama adalah mengenai marketing 3.0 yang digagasnya. marketing 3.0 ini adalah point-point yang harus kita punya ketika membangun merk atau brand dan pada akhirnya akan berdampak pada sales dan juga service yang kita punya. jika kamu ingin tahu lebih detail mengenai marketing 3.0 ini kamu bisamembeli buku pak hermawan di tokok buku terdekat okeyyy.. hihhi..

pak Hemawan juga membahas bagaimana rasulullah berbisnis. walaupun dia tidak menceritakan detail tapi dia sepertinya mempelajarinya. setelah itu dia membahas mengenai Markplus, perusahaan yang di rintisnya dari awal yang sekarang sudah punya 300 orang karyawan kalo tidak salah. sealin itu Markplus juga di sulap menjadi seperti University, karena menurut pak Hermawan, Dunia marketing bergerak cepat dan semua orang ahrus terus belajar agar bisa kompetitif. itulah alsan kenapa Markplus bisa menajdi tempat belajar yang baik juga bagi karyawannya.

setelah itu dia bercerita mengenai Korea Selatan. kenapa Korea Selatan bisa semau sekarang ini. ternyata ada 2 point penting yang mendorong mereka hingga menjadi negara maju seperti sekarang

1. karena mereka merasa punya musuh
Korea Selatan tidakakur dengan negara Korea lainnya. dengan kata lain itu menjadi pecutan bagi warga negaranya untuk bisa lebih maju dari mereka dan menunjukkan bahwa mereka bisa survive walaupun sudah menjadi dua negara.

ini sama halnya dengan cerita lama dimana ikan di letakkan di depan dan di kejar oleh ikan hiu. ikan kecil akan terpacu untuk bergerak menghindar karena ingin menyelamatkan diri. nah seperti itulah Korea Selatan menempatkan dirinya *filosofi yang sama juga di pakai oleh Singapore kalo tidak salah.

2. belajar dengan jajahan dengan menyamai mereka
karena dulu Korea juga pernah di jajah maka ini menjadi kesempatan juga bagi mereka untuk belajar dan menyamai mereka dalam semua bida terutama teknologi. kalian sudah tahu bagaimana samsung, Hyundai dan kia merajai dunia kan?

selain itu Korea adalah negara yang juga berhasil mecampurkan Government, Bussiness, People, and Culture dalam misi negara mereka. dan menurut saya ini harusnya di contoholeh negara kita iya kan? dengan perpaduan yang sangat baik anatara, pemerintah, bisnis, kebudayaan, dan orang-orangnya akan terjadi pergerakan atau dinamika yang sangat baik. hasilnya kita bisa bergerak bersama karena kita merasa sama-sama memiliki misi dan visi untuk negara.

nah itulah point-point penting yang sempat saya catat waktu itu. memang masih banyak lagi sebenarnya tapi ini terjadi tahun lalu dan ada beberapa part yang saya rasa sudah lupa hehehe. mohon maap yaa gaes.. okeh itu dulu dehh semoga bermanfaat.. see yaaa. :D

Legenda Regu Harimau

9:39 AM
karena masih dalam rangka International Tiger day dan juga kemarin secara tiba-tiba status fb mengenai memory masa lalu di komen oleh seorang teman karib dengan yel-yel yang sering kami nyanyikan dulu, kira-kira petikan yel-yelnya seperti ini "Regu Harimau mari kita bersatu!". Pikiran sayapun langsung menyelam  ke memory masa lalu dimana kami saat itu masih sekolah di SMP hahaha.. ternyata waktu sangat cepat berlalu. memory yang mengendap ini ternyata terlalu seru untuk disimpan. Di sinilah legenda Regu harimau dan Regu Edelweis bermula!

jadi menurut ceritanya Regu Harimau SMP kami adalah Regu paling keren se-Kabupaten ((Kabupaten)). dan selalu bersang di tingkat provinsi maupun nasional. dengan kredibilatas dan prediket yang diberikan oleh semua orang terhadap regu Harimau ini. tentu seleksi untuk bergabung kedalamnya dibutuhkan syarat-syarat khusus *ya ndak khusus kali laahh... tapi tetap saja regu Harimau menjddi salah satu tujuan kami masuk pramuka waktu itu. konon selain spesifikasi dan kecakapan, biasanya regu ini hanya di huni oleh senior kelas dua atau yang kamu sudah menyelesaikan kecakapan khusus Rakit.

kisah awalnya adalah kami  adalah anak-anak kelas satu yang ingin ikut kegiatan extra kurikuler di sekolah. kebetulan saya memilih pramuka. saya juga tidak akan menyangka bahwa petualangan yang kami lakukan akan se-seru yang saya alami. kami berasal dari kelas yang berbeda, masih polos, dan dari regu berbeda juga pada awalnya.

dari sepuluh regu yang tercipta di awal, akhirnya hanya 3 regu yang bisa bertahan hingga kelas dua. seperti budaya yang sebelumnya kami tentu saja masih belum bisa bergabung dengan regu harimau yang melegenda itu. kami bergabung di regu singa dan elang*ehaa.. di sinilah kami bertemu dan berkenalan. dan alhamdulilah sampai sekarang ini pertemanan ini terus berlanjut menjadi sahabat karib.

yang pertama sekali saya kenal waktu itu adalah bg Firman yang kebetulan saudara sepupu saya. terus ada robi, wira, andre, zikri, edo, gilang, hasbi, dan renaldi. tapi seiring waktu renaldi dan hasbi juga tidak terlalu aktif akhirnya. tinggallah kami yang bersisa. di regu perempuan, edelweis terjadi hal yang sama juga mulai dari beberapa regu di awal dan akhirnyahanya bersisa 4 orang saja. yaitu dona satu, dona dua, elvi, dan rita hahah.. tapi mereka bergabung dengan adik kelas agar bisa mencukupi regu mereka.

pada akhirnya kami berkumpul di satu regu, regu harimau, kami mengemban tugas untuk menajdi yang erbaik dan kami buktikan dengan beberapa prestasi juga. memang waktu itu kami hanya lebih bertaring di ajang kabupaten. tapi setidaknya kami menjaga nama harimau kami tetap gemerlap hahaha..

karena selalu berkegiatan bersama, tentu saja empati tiap orang yang berkecimpung di kegiatan ini meningkat ((meningkatlahhh)). karena tingginya intensitas bersama otomatis kami akhirnya dekat. banyak kejadian-kejadian lucu yang sering terjadi dan dari awal memang semuanya sudah sangat berkarakter sekali. beberapa kenangan manis selalu kami ceritakan bersama hingga sekarang. mungkin legenda regu Harimau ini adalah orang-orang yang ada di dalamnya yang sampai sekarang masih tetap bertahan untuk bersaudara. kami sudah saling paham satu dengan yang lain.

selain legenda mengenai persaudaraan mereka yang melekat jauh. regu harimau ini juga salah satu tempat dimana kami mengasah bidang keilmuan bertahan hidup yang tidak semua orang mendapatkannya. bagaimana bertahan dari hujan yang lebat di dalam tenda, bagaimana mengkoordinasi teman-teman satu regu, disiplin dan juga saling mensupport satu dengan yang lain. banyak sekali yang mungkin tidak cukup bila saya ceritakan semuanya disini.

ahh sudahlahh ini hanya tulisan lompa-lompat karena yel yel dari komen fb karib kemarin.. "regu harimaauuu mari kitaa bersatuuu.. bersatu paduu dubidamdubiduu.. menjalin rasa senasibb dalam reguuu.. dalammm regu dubidamdubidu.."


contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts