June 17, 2016

Wuhu.. Besok Puasa!



Senang sekali karena tidak terasa besok bakal masuk bulan Ramadhan. Nah yang lebih seru lagi bertepatan dengan weekend. Jadi bisa ngumpul-ngumpul bersama keluarga. Karena kami juga tipe yang sangat jarang berkumpul bersama jadi momen weekend ini menjadi momen yang sangat pas tentunya. Jadi apa saja yang saya lakukan di hari sebelum puasa? Yuk ikut..

Jadi saya pulang ke Bangkinang kota tercinta. Di Bangkinang, ada suatu kegiatan yang namanya Balimau Kasai dimana masyarakat Kampar mandi di Sungai Kampar. Katanya sih ini adalah wujud kegembiraan menyambut bulan Ramadhan. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa ini melanggar syariat Agama. Hmmm.. yang jelas bagi saya ini adalah sebuah tradisidan tergantung kita meniatkannya seperti apa. Mungkin saya tidak ikut mandi karena yang lebih banyak mandi itu juga anak-anak hihi... Di kampung saya biasanya Balimau Kasai ini dengan membuat sampan hias yang nanti akan berlayar hingga Batu Belah. Sampan hias ini biasanya di bentuk macam-macam, ada yang seperti rumah adat, ada yang seperti gajah, dan lain sebagainya. Pokoknya seru juga sih melihat kreatifitas masyarakat dan antusiasmenya dalam Balimau Kasai menyambut bulan ramadhan ini.

Jadi ada beberapa tempat untuk kita melakukan “mengiliu” atau dalam bahasanya menghilir atau mengikuti arus sungai.  Tempat pertama dari daerah Kuok hingga Langgini dan dari Pulau, Tepi Air hingga ke Batu Belah. Jadwal “mengiliu” ini juga ada sedikit perbedaan tergantung jauhnya jarak mengikuti arus tadi. Kalo saya sih rutenya dari Pulau Tepi Air ini karena emang kampung saya di sana. Dan tahun ini saya hanya menjadi penonton saja, biasanya saya beserta teman-teman lainnya juga ikut “mengiliiu” tapi karena sudah sadar umur ada baiknya kita mengalah hahaha..

Setelah sampan hias di lepas berdasarkan no. urut dan tidak ketinggalan diikuti oleh pengiring yang menggunakan ban dalam mobil truk atau perahu karet jadilah kami mengikuti mereka lewat jalan darat menunggu hingga sampan hiasnya finish di Batu Belah. Seperti pada umumnya kegiatan seperti ini pasti akan menyebabkan macet, saya, ibu, ayah, dan tante berinisiatif berangkat lebih cepat menuju ke Batu Belah dan benar saja ketika kami berangkat masih belum terjadi macet panjang seperti yang diperkirakan. Perjalananpun lancar hingga Batu Belah tapi ternyata masih belum cukup aman. Di Batu Belah juga terjadi Macet panjang karena jalanan yang kecil dan menumpuknya kendaraan yang parkir di badan jalan. Hadeuh…
Kami juga sempat terjebak karena parkir yang tidak berprikemanusiaan. Terpaksalah kami menunggu orang-orang yang memarkir mobil di belakang mobil kami selesai dengan ritualnya –“.

Setelah keluar dari hiruk pikuk tadi tibalah saatnya bersiap-siap menuju mesjid untuk melakukan sholat taraweh pertama dalam bulan ramadhan ini. Duhhh… emang suasana yang sangat dirindukan. Ketemu lagi dengna pak RT, atau tetangga-teangga lainnya.. yaahh gak masalah menyapa asal jangan nanya kapan nikaha aja..x)..

Di mesjid dekat rumah saya ini, saya merasa sedikit deg gitu ketika mendengar bahwa mesjid sedang mencari orang-orang yang bisa untuk mengiringi sholat taraweh untuk yang membaca sholawatnya. Hmm.. sedih juga yaa karena pada akhirnya saya merasa tidak ada yang akan menggantikan bapak-bapak ini nantinya. Bayangkan kita sebagai anak muda nanti akan menggantikan posisi mereka sebagai pengurus mesjid, imam, muazin dan sebagainya. Apakah kita sudah bersiap untuk hal-hal seperti itu? deg banget lahh pokoknya.. ada  sedikit harapan saya untuk belajar lagi mengenai ilmu agama untuk bisa mempersiapkan kondisi seperti ini di  masa depan.. saya berharap kamu juga begitu..

Nah itulah cerita tidak penting saya sehari menjelang puasa kemarin.. yang menjadi noted untuk diri saya adalah bahwa kita generasi muda juga harus belajar agama dengan baik biar nanti  tidak gagap ketika di minta untuk memimpin masyarakat dan juga bisa membuat lingkungna kita jadi lebih baik.. gimana cerita hari pertama puasamu? Jika ada sesuatu yang menarik silahkan di share di komentar yaaa.. see yaa.. :D

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts