March 29, 2016

Why Volunteering?



Dulu saya  pernah di Tanya oleh  saudara dan beberapa teman, kenapa saya mau menyusahkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan yang tidak penting dan hanya menyita waktu dan tenaga. Memangnya saya akan jadi bupati, gubernur gitu? mengapa sih kita mau menyusahkan diri kita untuk orang lain? 


Mengapa kita mau menghabiskan weekend kita untuk sebuah kegiatan amal bagi warga terlantar? Bukankah pergi ke mall atau nongkrong di café yang nge-hits akan lebih menyenangkan? Atau mengapa kita bergabung di aksi hari tanpa kertas atau sampah sedunia? Bukankah pergi menonton film terbaru di bioskop lebih seru? Atau mengapa kita harus bangun pagi-pagi dan menjadi panitia acara di salah satu komunitas untuk memfasilitasi pelari-pelari pemula yang sedang bersemangat untuk berolahraga dan hidup sehat? Dan Begitu banyak pertanyaan lainnya dengan jenis sama yang sering saya dengar. Mau tau kenapa saya dan sebagian orang ingin melakukannya?.

Bagi saya sendiri, saya ingin selalu menjadi bagian dari perubahan. Saya ingin selalu bisa mengajak lebih banyak orang untuk berbuat baik dan melakukan hal-hal baik.  Itulah kenapa saya selalu bersedia menjadi volunteer. Sebenarnya apasih volunteer itu?  kamu bisa baca disini.

Kalau menurut saya pribadi sih volunteer itu adalah orang-orang yang tergerak hatinya untuk membantu atau bekerja tanpa pamrih untuk bisa membuat lingkungnanya menjadi lebih baik. Volunteer pada akhirnya bukan hanya sebatas member impact bagi orang lain. Tapi juga memberi  impact yang banyak juga untuk diri kita. Berikut beberapa alasan saya mengapa volunteer adalah jalan yang baik untuk anak-anak muda seperti kita.

11. Talenta baru
Dengan volunteering, kita akan belajar talenta baru yang  sebelumnya mungkin sangat asing bagi kita. karena volunteering akan menambah pengalan bagi diri kita sendiri sehingaa secara tidak langsung kita akan menemukan hal baru yang kita kerjakan.

22.  Kesempatan untuk belajar hal baru
Tentu saja volunteering membuka kesempatan untuk belajar hal-hal baru selebar-lebarnya. Dengan berbagai kegiatan ataua penugasan dalam proyek yang kita laksanakan, akan kita temui hal-hal  baru yang bisa di pelajari. Saya sendiri juga akhirnya berlatih membuat poster untuk salah satu komunitas dan juga belajar bagaimana harus berbicara di depan orang banyak. Tentu saja itu hal baru bagisaya dulunya.

33. Membangun jejaring
Selain hal baru, jejaringpun akan terbuka untuk kita. di beberapa kegiatan mungkin saja kita akan bertemu dengan orang-orang hebat yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Dengan semakin banyaknya jaringan, tentu saja koneksi kita akan semakin kuat. 

44. Menjadi bagian dari perubahan
Kesempatan lain yang ditawarkan di volunteering dalah menjadi bagian dari perubahan. Bisa jadi hal yang kita lakukan bersama teman-teman lainnya sangat bermanfaat dan bisa membantu orang lain. Pada akhirnya ilmu pengetahuan dan pemahaman yang baik akan berkembang dengan cepat. Itu salah satu cara paling mudah untuk membantu dan beraksi untuk membuat hal yang lebih baik.

55. Mengasah empati
Volunteering jugamelatih diri kita unutk berempati kepada orang-orang yang mungkin tidak seberuntung kita. kita akan lebih sadar bahwa kita harus bergerak agar lingkungan kita juga bisa baik. 

66. Mengasah komitmen dan konsistensi
Dan yang paling penting dengan volunteering kita mengasah diri kita agar bisa berkomitmen dan konsisten. Karena komitmen adalah hal penting dimanapun kamu berada nantinya.

“volunteers are not paid because they are worthless, but because they are priceless” – buku kelas, Ainun Chomsun

Dengan volunteering, kita khususnya anak-anak muda akan membuka wawasan mereka mengenai sesuatu hal. Mungkin manfaatnya tidak akan dirasakan dalam waktu dekat tapi akan terlihat dari karakter diri. Volunteering adalah investasi masa depan. 

Bagaimanapun, volunteering akan sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda karena terbatasnya pengalaman kita. jangan Tanya berapa uang yang akan kamu hasilkan tapi tanyalah hal baru apakah yang akan kamu dapatkan dari volunteering.

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts