October 06, 2015

Sisa Cerita Di Kelas Inspirasi Kemarin



Sedang bongkar-bongkar kamar eh malah nemu sesuatu yang menarik dari sisa-sisa Kelas Inspirasi belum lama ini. Kebetulan saya di ajakin teman untuk jadi panitia lokal yaudah sih. Ternyata enggak rugi buat ikutan karena banyak sekali hal yang saya dapatkan ketika mengikuti Kelas Inspirasi ini. Yokk beringkitt!..


Oh ya kamu udah tau belum apa itu Kelas Inspirasi? Jadi Kelas Inspirasi ini adalah kelas dimana para professional meluangkan waktu mereka sehari untuk mengajar di sekolah-sekolah dasar sekedar sharing atau memperkenalkan profesi mereka. Jadi mereka akan mengajar anak-anak dan merasakan susahnya menjadi seorang pengajar. Kegiatan ini di lakukan sekali setahun di beberapa kota di Indonesia dan di gagas oleh pak Anies Baswedan.  Gituu.. kalo mau lebih jelas lagi kamu boleh cek website mereka di Indonesiamengajar.com.

Nah salah satu pengalaman yang menarik menurut saya selama kegiatan kelas inspirasi adalah mengunjungi sekolah-sekolah Dasar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Selain itu saya juga merasakan bagaimana sulitnya untuk menjadi seorang pengajar. Dari Kelas Inspirasi inilah saya berpikir bahwa untuk menajar anak-anak di sekolah dasar di perlukan tamatan S2 atau yang memang punya kompetensi yang cukup untuk itu. kenapa? Karena dalam usia mereka di Sekolah Dasar mereka masih mencontoh apa yang di lakukan oleh guru-guru mereka. Dan ini akan berpengaruh pada mereka ketika melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Saya jadi sadar bahwa pendidikan dasar adalah aspek penting dalam pendidikan. 

Selain itu, saya juga berkesempatan mengajar di kelas di karenakan ada relawan guru yang tidak bisa hadir. Jadilah saya ikut mengajar dan memang sangat seru. Karena saya suka menulis dan juga punyabackground di bidang itu maka saya mengajak siswa-siswi untuk membuat karangan. Mereka sepertinya semangat sekali dan saya juga terkesan karena dari beberapa orang punya bakat untuk menjadi seorang penulis nantinya. Karangan mereka masih saya simpan sampai sekarang. Memang sangat lucu. Kalo kamu penasaran dengan tulisan mereka berikut saya perlihatkan beberapa karangan mereka :










Nah bagaimana? Seru dan lucu kan? Karangan ini akan saya simpan terus. Akan saya jadikan sebagai pengingat agar saya bersemangat lagi untuk berbuat lebih banyak kebaikan. Memang yang membuat bahagia itu adalah hal yang sederhana. Sama seperti karangan-karangan mereka ini. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya pengalaman yang sama dengan saya? Atau apakah kamu punya hal-hal menarik lainnya yang bisa kamu ceritakan? Silahkan komen di bawah yaaa.. okehhh cukup itu duluuu.. smapai jumpa lagiiii di postingan selanjutnyaa.. :D

1 comment:

Melati Octavia said...

kepikiran bikin kongkownulis mengajar :D
workshop buat adek - adek SD biar suka nulis

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts