July 09, 2015

Mengenai Allahuakbar (Puzzle ke-1)

 saya belum bisa menemukan judul yang lebih baik selain yang di atas. memang sepertinya judulnya kurang kece gitu yang yang penting isinya kan ya.. hahaha.. okehh jadi beberapa waktu lalu saya bersama dua orang teman sempat ngobrol ngalur ngidul membahas hal-hal yang random banget. mulai dari soal doa, parenting, hubungan dengan orang tua, rezki dan banyak dehhh.. karena pembahasan yang memang panjang ini akhirnya saya juga memutuskan untuk membaginya menjadi beberapa postingan hihihi.. gak papa deh ya sekali kali baca cerita bersambung. nah di tiap postingan nantinya ada 3 hal menarik atau inti sari yang saya ambil selama obrolan panjang kami ini. penasaran? yukk kita simak..



1. Mengenai Allahuakbar
pembahasan pertama kami mengenai makna dari Allahuakbar yang sering kita ucapkan sehari-hari. jadi menurut teman sekaligus senior dan mungkin saja akan menjadi mentor kami ini mengatakan bahwa Allahuakbar memiliki makna yang maha besar dan ini bersangkutan dengan kepercayaan dan doa kita. kadang kita tidak menyadari bahwa Allah itu maha besar. "Allahuakbar Allah maha besar, kalian percaya gak dengan itu?" ujar teman saya tadi. tentu saja aku beserta teman lainnya mengangguk. diapun melanjutkan "dengan kemaha besaran Allah itu, segala isi jagat raya ini adalah miliknya. bayangkan seluruh alam semesta miliknya. tapi kadang kita mengecilkan nilainya lewat doa-doa kita yang terlalu kerdil, misalnya ya Allah bisa beli motor aja udahlah ya Allah..." sontak kami sedikit kebingungan dengan maksudnya. terus saya bertanya "emang kenapa dengan doa seperti itu bang?", beliau melihat sebentar ke arah kami dan melanjutkan "dengan kebesaran Allah yang memiliki semua harta alam semesta dan nyawa kita ini, menurut kalian kalo sekedar motor di kasih gak sama Allah?" "ya di kasihlah bang" "nah itu dia, dengan Allah yang maha besar, kita cuma minta motor ckckck bayangin, rugi gak tu? dengan kebesarannya yang dia memiliki mutiara dan intan di dunia ini kalian cuma minta motor?" kami terdiam beberapa saat mencerna maksud dari beliau. seperti reaksi eureka ala Aristoteles saya seakan langsung memahami maksud dari teman saya tadi.

benar sekali, apalah arti dari sebuah motor dengan dia yang memiliki surga yang di sediakannya untuk kita di akhirat kelak. seakan kita tidak percaya bahwa Allah bisa mewujudkan keinginan kita. mungkin maksudnya mencoba realistis, tapi Allah punya kuasa, dia bisa merubah nasibmu dalam kedipan mata. mungkin Allah bingung dengan kita karena dengan kekayaan dan kemaha besaran yang dia miliki kita hanya minta hal yang sangat kecil sekali. jika berdoa, mintalah yang besar. begitulah kira-kira maksud dari teman saya mengenai Allahuakbar.

kadang kita lupa dengan kekuasaan Allah, padahal jika dia mau dan berkehendak apapun bisa di lakukannya. dia yang membuat laut merah terbelah lewat tongkat nabi Musa dan membuat api tidak membakar nabi Ibrahim. hmmm.. kurang keren apa coba.. masih ragu sama Allah?

2. Hal Sederhana
kami meneguk minuman yang ada di meja dengan syahdu ((syahdu)) x).. obrolan selanjutnya sampai kepada mengenai hal-hal sederhana yang mungkin jarang kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga kita. seperti pelukan, senyum, sapaan, dan hal-hal lainnya. padahal dengan kita secara konsisten melakukannya, akan membuat kita lebih dekat dengan keluarga atau saudara maupun teman. hal-hal sederhana ini juga bisa berupa hadiah yang tidak terlalu mahal atau berbentuk ucapan yang menyenangkan.

contoh lain adalah pelukan, mungkin banyak dari kita yang masih sungkan untuk memeluk orang tuanya di khalayak ramai tapi tahukah kamu bahwa dengan pelukan, kita akan mendapatkan energi positif. pelukan seakan seperti mentransfer energi dari satu ke yang lainnya. tapi ketentuan berlaku yaa.. kalo bukan muhrim ya jangan di peluk dulu..x))).. nah seperti teman saya ini, dia selalu memeluk anaknya ketika dia berangkat bekerja. menurut beliau, dengan pelukan ini dia seakan menyemangati anak-anaknya secara gak langsung. ada semangat yang tersembunyi di tiap pelukan. begitu katanya. begitu juga dengan orang tua jika posisi kita sebagai anak. pelukan bisa mendekatkan kita dengan orang tua. jadi tunggu apalagi, ayok peluk orang tua dan orang terdekat kamu..

selain dari hal di atas, hal sederhana lainnya yang kita sering lupa adalah bersyukur. kadang kita lupa bersyukur dengan banyaknya nikmat allah yang sudah begitu banyak kepada kita. teman saya selalu memulai harinya dengan bersyukur sebelum dia bangkit untuk mandi. beliau sebelum membuka mata selalu bersyukur atas rezeki dan hari yang di berikan Allah kepadanya. Istri yang di cintai dan anak-anak yang Insyaallah akan menjadi penopang peradaban Islam nantinya. nah.. apa yang sudah kamu syukuri hari ini?

3. niat
 semua hal yang kita lakukan akan terpulang dari apa niat kita dalam melakukannya. dengan niat yang baik dan benar tentu saja hal yang di hasilkan akan berbanding lurus. jika kita melakukan sesuatu, mulailah dari niat yang baik. jika ingin menolong orang, lakukan dengan niat yang benar.

niat yang benar juga membuat apa yang kita kerjakan di mudahkan oleh Allah. di berikan pahala dan manfaat. jadi ayo mulai perbaiki niat kita dalam melakukan sesuatu.. :D

nah bagaimana? siapkan kita menerapkan 3 hal pertama ini dalam kehidupan kita sehari-hari? tentu saja siap dong!.. itu dulu ya untuk postingan kali ini.. tunggu kelanjutannya di postingan berikutnya.. see yaa. :D


source gambar : unsplash.com
 

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts