October 01, 2014

jalan-jalan ke Mesjid Jami' Air Tiris Kabupaten Kampar #ocuisme

Haloo jumpa lagi dengan maissy disinii.. :D.. nah dalam episode #ocuisme kali ni. Saya ingin membawa kamu jalan-jalan ke Mejid Jami' yang juga merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kampar. Mesjid Jami' ini sudah berdiri sejak tahun 1901 loh.. :o.. yaudah deh gak usah berlama-lama lagi ini diaaa.. :D


 Mesjid Jami' Air Tiris ini merupakan salah satu Mesjid tertua di Kabupaten Kampar loh. Katanya sih, Mesjid ini dibangun tahun 1901 atas prakarsa seorang ulama yang bernama Engku Mudo Songkal. Panitia pembangunnya adalah Ninik Mamak Nan Dua Belas, yaitu para Ninik Mamak dari berbagai suku di seluruh kampung. Tahun 1904 Mesjid ini selesai di bangun dan dan di resmikan dengan menyembelih 10 ekor Kerbau.



Mesjid ini terletak di desa Tnjung Berulak, Pasar Usang, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. kalo dari Bangkinang jaraknya kira-kira sekitar 13 km dan dari Pekanbaru jaraknya sekitar 52 km.

Mesjid ini sering di kunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Terutama wisatawan dari Singapura dan Malaysia. 

Di luar Mesjid ini ada Bak mandi yang di dalamnya terdapat batu yang mirip dengan kepala kerbau. Katanya batu ini sering berpindah-pindah tapi masih di seputaran Mesjid Jami; kadang di temukan di dalam mesjid, dan pernah katanya di dalam sumur. Batu ini berpindah sendiri, jadi bukan di pindahin sama pengurus Mesjid :o..



Arsitektur Mesjid ini menunjukkan adanya perpaduan gaya arsitektur Melayu dan Cina. Dengan atap berbentuk Limas, uniknya dari Mesjid ini adalah seluruh pembangunan Mesjid ini tidak menggunakan besi sedikitpun. Semuanya menggunakan Kayu. Pada dinding Mesjid terdapat ornamen ukiran yang mirip dengan ukiran yang terdapat di dalam Mesjid di Pahang, Malaysia.





nahh sekian dulu yaaa.. pasti penasaran kan jalan-jalan kesana. makanya ayokkk kesanaaa.. ntar saya temenin dehh.. ciyuss.. :D. Jangan lupa ikuti episode #ocuisme selanjutnyaaa.. see yaa.. :D

Photo By : Hardinov Putra
sumber gambar kepala kerbau : riaudailyphoto


No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts