April 20, 2014

selayang pandang Earth Hour Pekanbaru



Hei hei… kali ini gue Cuma mau review Earth Hour Pekanabru.. selayang pandang aja sih.. yukk simak..
Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Untuk tahun 2014, Earth Hour telah mengembangkan isunya selain mematikan lampu atau untuk Hemat Energi, Earth Hour juga mengkampanyekan Penggunaan kertas, air dan Pengelolaan sampah.

 Earth Hour Pekanbaru terbentuk di tahun 2012 hingga sekarang. sudah beberapa kegiatan yang di adakan oleh Earth Hour Pekanbaru seperti Transmetro day yaitu kegiatan atau aksi untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum sebagai upaya penghematan energi, Pengelolan sampah dengan melakukan aksi Rampok sampah di Car Free Day Pekanbaru dan melakukan kerjasama dengan Dalang Collection sebagai salah satu bank dan tempat pengelolaan sampah yang ada di Pekanbaru, aksi Bijak kertas untuk mengajak masyarakat lebih bijak dalam penggunaan kertas. Melakukan sosialisasi penggunaan biopori untuk rumah untuk menjadi tempat resapan air dan bisa mengurangi efek banjir.

gue gabung dengan Earth Hour Pekanbaru pada bulan Februari 2014 kemarin. kebetulan gue di beri amanah sebagai Koordinator Korporasi dan Pemerintahan. Fungsinya adalah bekerja bersama tim Fund Raising melakukan kerjasama dengan pihak lain untuk mendukung program di Earth Hour.

Mengapa gue bergabung dengan Earth Hour? Salah satu alasannya adalah gue sangat suka berorganisasi dan dari dulu gue juga mencari komunitas yang punya aksi nyata dan melakukan hal-hal yang bermanfaat tentunya. Ketika gue searching,  gue menemukan Earth Hour, Ternyata Earth hour adalah salah satu komunitas relawan yang sudah ada di berbagai Negara. Guepun menanyakan bagaimana cara bergabung di Earth Hour Indonesia. ternyata eh ternyata Earth Hour juga ada di Pekanbaru. gue langsung gabung dong..
jujur gue masih baru di Earth Hour tapi dengan aksi-aksi yang di adakan membuat gue terus bersemangat untuk bisa berkontribusi lebih banyak untuk lingkungan gue.  

 setelah gue bergabung dengan Earth Hour, sekarang gue membawa botol minum kemanapun gue pergi. Mungkin ini hanya hal kecil bagi sebagian orang tapi dengan botol/tumler  ini ternyata gue sudah ikut berkampanye untuk mengurangi penggunaan botol minum plastik.. wow.. what a little step. gue juga lebih bijak dalam penggunaan barang yang mungkin hanya tersimpan di lemari tapi sebenarnya bisa sangat berguna. gue dan adik gue kemarin baru membuat tas dari baju kaos yang sudah lama tidak terpakai. Ini juga akan menghemat penggunaan kantong plastik. Dengan hal-hal kecil seperti di atas jika tetangga gue juga melakukannya,  Saudara tetangga gue juga, teman saudara tetangga gue juga. Apakah lo bisa membayangkan bagaimana efek domino yang terjadi dengan hal-hal sederhana seperti di atas? 

untuk ke depannya Earth Hour Pekanbaru ingin mengajak lebih banyak orang untuk bergabung dan berkampanye bersama. Dengan aktif secara media sosial ataupun personal untuk melakukan pemberitaan tentang Earth Hour dan programnya. Earth Hour juga akan mengajak lebih banyak komunitas, aktivis lingkungan, Aktivis kampus untuk bergabung dan mendukung program Earth Hour, juga akan terus melakukan kerjasama dengan media massa dan media elektronik untuk menjadi media partner yang juga akan melakukan pemberitaan seputar aksi atau program yang di buat. Merangkul korporasi dan pemerintahan untuk bisa membantu dari segi pendanaan atau kerjasama yang bisa membawa manfaat lebih besar lagi. akhirnya kita dan semua kalangan bisa berkontribusi untuk membuat dunia lebih baik dengan hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan. See yaa.. :D

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts