May 27, 2013

the MLM Standard Procedure ala gue

    jadi tadi pas makan siang gue ketemu orang yang sepertinya sedang memprospek teman di depannya. maksud gue, emang masih musim MLM? :| . tapi setelah gue simak-simak akhirnya gue dapat kesimpulan, yah setidaknya kesimpulan sementara gue setelah menganalisa objek selama 15 menit. *orang kepo gini ni biasanya.. 

    proses yang sangat awam di lakukannya adalah seperti ini :
1. membuka pembicaraan dengan berkata "eh mau uang gak?, saya punya sesuatu yang baru yang masih jarang ni orang tau.. ". setelah objek terpancing untuk mengetahui apa itu maka si oknum yang kita sebut saja namanya tak bernama :D langsung memulai yang dalam istilah presentasi adalah latar belakang dan masalah. 
2. setelah itu dia akan mengatakan temannya yang sudah memiliki pemasukan sekian dengan hanya duduk-duduk di rumah sekarang.
3. pada masa ini posisi korban sudah 50-50. oknum *tsaaahh oknum :D.. mengeluarkan brosur dan berbagai perlengkapan untuk menunjang aksinya agar lebih meyakinkan.
4. korban sudah berada di posisi 60-40. dan akhrinya menanyakan prosedur untuk bergabung. atau setidaknya mencoba produk yang di tawarkan. 
5. oknum akan bilang bahwa barangnya sudah habis dan hanya sisa sedikit. agar calon tree nya percaya bahwa ini sudah sangat laku di pasaran. 
6. akhirnya korban terbujuk untuk ikut serta atau setidaknya menginformasikan kepada teman-temannya. tapi oknum akan mengatakan bahwa inia dalah kesempatan emas dan jangan di sia-siakan. jika misalnya nanti temannya ata kolega tahu lebih daulu dan bergabung lebih dulu bisa jadi korban akan berada di posisi orang yang di beri tahunya. dan itu akan sangat merugikan korban. 
7. korban mulai bimbang, di dalam pikiran sudah tergambar keuntungan ketika berada di posisi puncak dan teman atau kolega bergabung dan berada di bawahnya. 
8. sebelum korban sempat utuk berpikir lagi, oknum langsung meminta identitas agar di urus proses keanggotaan secepatnya.
9. korban masih ragu, tapi oknum akan mendesak.
10. korban malu-malu kucing. akhirnya mengajak oknum kerumah atau oknum sendiri yang menawarkan untuk mendatangi korban secepatnya. 
11. akhirnya korban pasrah dan siap untuk mengikuti step selanjutnya.

     begitulah saudara sekilas tentang prosedur yang di lakukan oknum untuk memikat korban agar bergabung. ini hanya analisa loh.  mudah-mudahan bermanfaat.. :D

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts