July 18, 2011

Kampar kota sepeda (sebuah impian)

(Wah rada berat nih yang judulnya :D. tapi gak masalah, tetap nikmati tulisan gue)

Gue punya sedikit impian untuk kota kelahiran gue, Bangkinang. kampung halaman gue yang sangat gue cintai. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai Bangkinang. Tapi gue yakin setelah lo kenal dengan Bangkinang, lo bakal suka dengan kota yang satu ini. gue ceritain dikit deh mengenai Bangkinang.
Bangkinang itu ialah ibukota kabupaten Kampar. Merupakan salah satu kabupaten di provinsi Riau, Bangkinang mempunyai bahasa khas yaitu OCU, bahasa OCU itu seperti perpaduan cengkok bahasa melayu dengan Minangkabau. Kehidupan masyarakatnya yang agamis dan berpegang kepada adat membuat Bangkinang menjadi daerah yang unik.
Sekarang sedang maraknya kampanye bersepeda, daerah guepun gak mau ketinggalan. Keseriusan untuk mengkampanyekan sepeda di tunjukkan dengan terbentuknya koseka (komunitas sepeda kampar). Koseka inipun mendapat respon positif dari masyarakat Kampar khususnya Bangkinang. Perubahanpun terlihat di Bangkinang, tiap hari minggu masyakat berbondong-bondong memakai sepeda atau sekedar mararthon untuk mengisi kegiatan di pagi minggu. Walaupun gue belum punya sepeda gue juga sangat menyambut positif hal-hal seperti ini secara gue peduli sama lingkungan (hehehe..). gue berharap aja suatu hari semua masyarakat Bangkinang menggunakan sepeda. Betapa hebatnya kita. Dimana-mana yang terlihat hanya pengendara sepeda. Wawww..i’ts so cool.
Gue juga berharap Pemerintah tidak tinggal diam, mereka juga ikut ambil andil dalam hal pembangunan fasilitas untuk sepeda seperti parkiran sepeda, lajur sepeda dan lain-lain. Kita bisa menjadi daerah percontohan pengguna sepeda. Kita bisa melihat anak-anak smp, sma hanya menggunakan sepeda ke sekolah ini juga berdampak positif karena resiko kecelakaan bisa turun. Kita lihat jepang. Mereka salah satu Negara yang memproduksi sepeda motor terbesar didunia, tapi masyarakatnya menggunakan sepeda kemana-mana. Saking banyaknya pengguna sepeda di sana, sepedapun di beri stnk (surat tanda nomor kendaraan) jadi sepeda posisinya sudah setara dengan kendaraan umum lainnya di sana.
Gue juga berharap mudah-mudahan kegiatan bersepeda yang di lakukan masyarakat Bangkinang atau masyarakat Indonesia bukan hanya sekedar tren belaka, mudah-mudahan sepeda bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

No comments:

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts