June 23, 2011

Standard operational procedure (sop)

7:34 AM

Sekarang di kampus gue lagi maraknya menempel sop di laboratorium. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar semua kegiatan di laboratorium terstruktur dan di lakukan dengan lebih bertanggung jawab. Sop biasanya berisi standar procedure untuk melakukan sesuatu agar semua sesuai dengan standar yang di berikan instistusi maupun sebuah perusahaan (pengertiannya menurut gue) .sop sangat di butuhkan untuk menjaga kualitas kerja dan keselamatan karyawan atau mahasiswa atau yang terkait di dalamnya. Contoh kecilnya saja ketika kita menghidupkan dan mematikan computer, kita punya standar operasional procedure sendiri seperti pertama menekan tombol power, tidak mematikan computer dengan paksa, tidak menghapus file yang bersangkutan dan banyak lagi. Ini sangat erat hubungannya dengan kedisiplinan individual yang melakukan sop itu sendiri untuk keselamatan dan keamanan kerja.

Mungkin tujuan lain di tempelnya sop ini karena sudah banyak pelanggaran terhadap standar kerja atau standar praktikum yang di langgar mahasiswa di kampus gue. Walaupun menurut gue sop yang kami lakukan setiap harinya sudah benar mungkin saja menurut kampus kami sopnya perlu di tingkatkan lagi.

Di perusahaan-perusahaan sop juga di berlakukan dengan ketat kepada karyawannya. Semakin berbahaya pekerjaan yang di lakukan karyawan, semakin ketat pula sop yang di terapkan perusahaan. Ini semuademi keselamatan pekerja dan standar kualitas pekerjaan yang di lakukan. Sedikit pesan gue buat temen-temen gue. Sop wajib kita taati karena semua sop itu sudah di ukur dan di perkirakan resikonya oleh pembuat sop.

June 22, 2011

ganti selera

1:50 AM

minggu ini gue mulai mengganti selera makan. soalnya lidah udah mulai boring mencicipi rasa yang sama. pindah tempat makan adalah solusi yang sangat tepat untuk melakukan misi penggantian selera gue. bosen itu kadangkala menerpa seseorang tanpa kode. pas bosen..plek ya langsung bosen begitu juga lidah gue. sebenarnya ganti selera ini termasuk variasi dalam komitmen. loh? loh? apa hubungannya coba antara ganti selera dengan komitmen....????

ganti selera itu kadang kita perlukan untuk variasi biar kita gak bosen seperti pacaran juga(walalupun saya jomblo setidaknya saya mengerti sedikit masalah seperti ini..hehehe) kadang kebosanan terhadap pasangan kita (cieilee pasangan euy)sudah di ubun-ubun kepala. mau gak mau kita bakal cari pelarian (variasi) untuk menghilangkan kebosanan kita kepada pacar seperti tidak telpon-telponan tidak smsan dan yang lebih extrim mencari pacar baru(kalo yang ini jangan sampai terjadi). ini bukan sebuah masalah besar ini hanya bentuk sebuah kebosanan yang di hadapi sebagian besar pasangan terhadap pasangannya yang lain. ini juga akan menghasilkan nilai positif terhadap pasangan tersebut. contohnya setelah bosen ilang hubungan kita akan lebih enak lagi, lebih bergairah gitu. hehehe..tapi sebagai seoarang pasangan yang bertanggung jawab dalam menjalani hubungan kita butuh komitmen. komitmen ini yang bakal jadi pita merah hubungan kita, istilah negaranya GBHN (garis besar haluan negara).

mungkin beberapa orang bilang komitmen indentik dengan konsistensi. kalo menurut gue kita yang menjalani hubungan konsisten kok tapi konsistensi harus ada jeda juga. ini untuk menjaga kenyaman dalam hal apapun. untuk menjaga balance biar keihdupan kita gak monoton..hehe..

begitu juga dengan makan. gue sudah berkomitmen untuk makan di restoran ini tapi pas di tengah jalan gue boring terpaksa gue ganti selera karena kalo di paksain makan di situ juga bisa-bisa muntah ngeliat sambal sama nasinya. jadi ganti selera itu pentinglah menurut gue. bukan melanggar komitmen di awal tapi ganti selera itu sebuah variasi. dan untuk tempat makan yang sering gue datengin minggu ini gue minta maap ama elu. klo gue paksaain ntar gue muntah di tempat. ini akan berlangsung beberapa hari ke depan. thanks buat tempat makan gue yang udah ngertiin gue..

June 20, 2011

untuk bang Alif Fuadi (penulis negeri 5 menara)

9:17 AM

perasaan ku gak karuan ketika selesai membaca novel ini. okeh..mungkin aku agak telat bacanya, kurang update gitu..hehe..maklum kesempatan untuk baca tulisannya bang Alif Fuadi ini baru sekarang. sampai jam segini perasaan ku masih gak menentu. sekali lagi salut sama bang Alif.
man jadda wajada siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. beuuhhh...ngena banget. alur cerita yang bagus dengan lelucon buat kita gak bosen-bosen. pokoknya serulah...hehehe..
setelah baca ini jadi inget satu kalimat dari Ali Bin Abi Thalib "jika kamu berusaha sedikit lebih keras maka kamu akan berpindah dari satu takdir ke takdir lainnya". sepertinya man jadda wajada klop banget klo di sandingin sama kalimat di atas.
jujur setelah baca buu ini aku jadi iri sama bang Alif. ternyata masuk pesantren itu seru ya. banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan. jadi pengen masuk pesantren..hehehehehe....kebayang aja kita belajar 24 jam, wuiiihhh seru. yang kita tahu hanya belajar dan memperkaya diri dengan imu serruuuuuuuuuu.....tapi walalupun sekarang aku bukan anak pesantren setidaknya semangat pesantren tumbuh dalam jiwa ragaku (cieeileeee..) setelah membaca buku ini semangat untuk memperbaiki diri timbul. mudah-mudahan niat untuk belajar lebih giat juga. dan bertahan dalam jiwa raga. karena seseorang yang menuntut ilmu itu sama saja jihad.
terakhir yang mau aku sampaikan ialah ..."semangat dan be positive" oy satu lagi "keikhlasan" hehe..

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts