March 15, 2011

konsultasi pikiran

9:41 PM
hari ini kerjaan gue asik searching cara membuat portofolio desain. karena gue pengen membuat portofolio untuk hasil-hasil desain gue (mana tau ada yang berminat..hehe..). tapi gue bingung cara membuatnya. apakah cukup satu halaman saja atau kita harus membuat profil tentang kita, skill atau gimana. gue sampai saat ini masih belum mendapatkan solusinya.

mungkin cukup sekian dulu tulisan gue. gue masih pengen ngelanjutin perburuan gue. jika berhasil ntar gue posting..see you..:D

March 12, 2011

kualitas

6:24 PM
pagi ini gue ke ke kantin makan lontong. pas lagi mesen gue ngeliat krupuk peyek (di daerah gue namanya ini). gue peratiin peyeknya beda dari yang biasanya. biasanya peyek diatasnya pake ikan teri atau kacang tanah eh ini udah di ganti pake kacang ijo..?? wtf of this nih..? yaudah daripada penasaran gue cobain. pas gigitan pertama rasanya masih sama dengan yang biasa, gigitan kedua, ketiga sampe gigitan ke tujuh baru berasa kalo kacang ijo yang di taburi di atas peyek ini keras -_-"...yaudah daripada rugi mending gue abisin aja..

mungkin kalau soal kreatifitas memang gue akuin yang bikin peek tadi cukup kreatif. jujur seumur-umur baru pertama kali makan peyek dengan taburan kacang ijo di atasnya. saran dari gue, kreatifitas seharusnya juga di imbangi dengan kualitas hasil. ini yang akan membat produk mbak ato mas yang buat bisa menang di pasaran. (cuma saranbodoh dari seorang awam).

nah lontong guepun datang. tapi baunya agak aneh. loh?? loh? ada apalagi ini?...dan mengingat gue orang yang gak suka mubazir akhirnya lontong itu dengan berat hati gue santap juga. perpaduan yang mengerikan anatra bau lontong dengan peyek yang di taburi kacang ijo tadi.

tapi alhamdulillah semuanya habis gue santap. hehehe..

pas lagi "eneg"nya makan lontong tiba-tiba ibu di samping gue berbincang dengan bapak di sebelahnya. kira-kira begini ilustrasinya :

ibu : "pak ujang(kita sebut saja namnya ujang)..klo mau terapi di deket gang itu aja murah loh..jangan yang disana mahal, nggak bagus"
pak ujang : "yang bener buk..yaudah nanti saya kesana"

okeh mungkin maksud ibu itu baik tapi cara dia mengatakan "jangan yang disana mahal, nggak bagus". kalau dipikir-pikir kok yang mahal di bilang nggak bagus sih..memang yang murah itu belum tentu murahan tapi gue gak enak aja denger ibu itu langsung ngejudge tempat terapi yang disana itu. ka kalau bagus biasanya pasti bagus dong. kan duit gak pernah bohong, tapi yaudahlah gak mungkinkan gue nyelah ibu-ibu itu. kenal aja kagak..

okeh deh cukup untuk hari ini..:D

March 10, 2011

"peraturan dibuat untuk di langgar"

4:58 PM

begitulah jawaban dari seorang pelanggar jika di tanya kenapa melanggar peraturan -__-"..jawaban seperti ini menurut gue adalah jawaban paling sampah yang pernah gue dengar. di tempat gue kerja banyak teman kantor yang mengatakan yang demikian. mungkin menurut mereka itu sekedar becandaan atau mencari sesuatu pembenaran dari apa yang mereka lakukan. tapi menurut beberapa orang itu sudah menunjukkan mental sampah yang ada dalam diri mereka. maap sebelumnya nih ye, bukannya gue munafik atau apa. tapi tolong dong peraturan di buat karena kita di anggap sudah mampu untuk mellaksanakan dan mematuhinya jadi kalau ente-ente sekalian masih belum bisa mematuhi peraturan tersebut tolong jangan di buat dulu. okeh..okeh kita kembali ke hukm asala kalau peraturan itu di buat untuk mendisiplinkan suatu oraganisasi atau golongan atau masyarakat, dan tentu saja banyak yang akan melanggar. mungkin karena melanggar peraturan itu termasuk sesuatu yang menyanangkan menurut mereka atau apalah. yang jelas melanggar peraturan itu sangat salah. gue tegasin lagi jika suatu peraturan mulai di berlakukan berarti kita sudah masuk salam tahap untuk sebuah kebaikan atau menjadi lebih baik lagi. tapi memang dasar manusia pada umumnya (termasuk gue) suka melanggar peraturan.

atau alasannya melakukan kesalahan adalah sesuatu yang memacu adrenalin gue gak tau juga. sepertinya kita memang suka melanggar peraturan deh. gue jadi inget sebuah penelitian yang di buat oleh pak Tukiyo. mereka membuat kotak seperti kotak di wartel-wartel. trus di luarnya di tulis jangan melihat ke lubang ini! (di tengahnya di lubangi). kotak ini di taruh di tempat umum dan tau apa yang dilakukan rata-rata orang? mereka melihat ke dalam kotak tersebut. tentu saja mereka mendapatkan ganjaran karena melanggar peraturan yang di tulis di luar lubang. tapi mereka malah marah-marah dengan orang di dalam kotak yang melemparkan kue pai ke muka mereka. loh? kok marah? padahal dia yang melanggar..-_-".

contoh lainnya yaitu merokok dalam ruangan ber-AC, melanggar peraturan lalulintas yang sebenarnya peraturan itu di buat untuk keselamatan kita juga pokoknya masih banyak peraturan yang di langgar. capek deh..

mulai hari ini ayo dong kita sama-sama berubah. jangan melanggar peraturan lagi. buat apa coba? gak ada gunanya juga, justru semakin kita mematuhi peraturan itu akan semakin baik untuk kita semua. kita berkaca dari negara-negara maju, mereka sangat mematuhi peraturan yang di buat mereka karena apa? karena mereka sudah terbiasa mendisiplinkan diri mereka. mematuhi peraturan adalah llangkah awal untuk kita menuju ketahap selanjutnya. dari ugal-ugalan menuju ketertiban.

March 09, 2011

jebol

5:01 PM
pagi ini ada berita yang mngejutkan. proxy kantor jebol..wahhhhh senangnya...pas gue coba buka yang aneh-aneh (hihihi..) ternyata gak bisa -_-"..ternyata pemberitaaan tentang jebolnya hanya lelucon pagi ini..payahhh..

seperti halnya masyarakat indonesia. gue juga sangat sensitif dengan isu-isu dan berita yang berkembang. tidak peduli apakah berita itu benar atau tidak, yang jelas berita itu akan menjadi hot news di sekitar kita. saking sensitifnya kita tidak bisa memfilter berita yang masuk. mungkin perkembangan jaman yang serba online sekarang ini juga mempengaruhi perilaku dalam penerimaan berita. karena dengan seringnya seseorang terjun ke dalam dunia maya semakin banyak orang yang akan memberikan informasi tidak berdasarkan fakta. semakin sulit membedakan kebenaran dan joke. sudah banyak berita lelucon yang mengemparkan dunia, ada juga yang nggak percaya tapi yang percaya kayaknya lebih banyak.

makanya kita perlu untuk memfilter berita yang masuk agar berita bisa kita kontrol dan tahu kebenarannya. sebenarnya sulit memfilter berita yang masuk karena kita juga tidak tahu apakah berita yang benar itu benar atau tidak. sumber berita yang terpercaya juga mempengaruhi kebenaran dari berita.

trus apa hubunganya dengan jebol? hubunganya ialah jika lo nggak bisa memfilter informasi atau apapun yang masuk ke dalam telinga dan mata lo maka pertahanan lo bakal jebol. mana tau berita yang masuk itu itu ada virusnya tapi karena nggak di filter pertahanan lo bisa di jebol orang lain. lo bakal mudah di pengaruhin orang lain di sekitar lo..

intinya filter semua berita yang masuk. karena gak semua yang lo dengar dan lihat itu benar..:D

March 08, 2011

kudapan pagi

4:33 PM
pagi semuaaa...pagi yang sangat indah bukan, indah dong kan hari ini gue mau ke kilang (minyak). sambil ngikutin abang-abang senior gue juga pengen nyelidikin apakah kilang masih menghasilkan minyak tiap hari. kenapa? karena di Riau sekarang sedang terjadi krisis minyak. sudah dua hari, di mulai di kota Pekanbaru dan bertahap memberi dampak pada kota-kota lainnya. kemarin aja antrian di pom bensin di Dumai aje gile. sampai-sampai polisi ikut bertindak untuk menertibkan lalulintas di sekitar pom bensin. ckckckc....

memang ironis, Dumai yang terkenal dengan kota minyak aja bisa kehabisan minyak apalagi daerah yang nggak ngasilin minyak, kebayang dong. apalagi gue denger-denger kemarin di media elektronik (jiahh) katanya harga minyak tembus 104 dolar perbarel. kayaknya pemerintah akan mengambil opsi untuk menaikkan minyak... klo minyak naik bisa gaswat dong urusannya, gak sanggup kemana-mana bawa motor lagi dong. mulai kepikiran juga pake sepeda (udah lama sih naksirnya mau beli sepeda tapi dana tidak mau di cairin nyokap hiks..hiks..). mungkin klo minyak jadi naik ya mau gak mau nyokap harus cairin duit untuk beli sepeda.

gak kebayang jika minyak di dunia habis..waduhhhhh..hidup kita sudah sangat terikat dengan minyak, kendaraan semuanya pake minyak, listrik aja sekarang ngidupinnya pake minyak juga. makanya mulai sekarang kita hemat deh pemakaian minyak kita. bisa dari hal-hal yang simple dulu seperti mematikan lampu di siang hari, cabut yang gak perlu, keluar dengan kendaraan jika memang butuh (ini nih yang susah), pokoknya mulai dari hal-hal yang kecil dulu untuk memulai hidup go green. o ya ngerokok juga di kurangin. okehh

selain alasan harga minyak yang akan semakin naik, isu global warming juga perlu kita pertimbangkan (basi tau..) ha? basi? gue rasa isu global warming gak ada basinya deh. ini isu tentang nasib dunia 10 sampai 20 tahun ke depan, nasib anak cucu kita. jadi mau gak mau (lagi) kita musti kudu peduli sama lingkungan kita. gue cuma sekadar ngingetin untuk diri gue sendiri, elo dan kita semua yang ada di bumi ini. okeh guys..selamat menjalani pagi yang indah ini. gue mau ke kilang dulu..seee you...: )

gambar : http://kloponom.wordpress.com/


9 Simple Ways To Go Green

12:02 AM
1. Bergabung Dengan Perpustakaan


Sebagian besar buku baru yang dibeli cenderung untuk dibaca sekali dan hanya satu orang. Sumber daya alam masuk ke pembuatan kertas dan tinta untuk semua buku-buku dan juga mengangkut mereka di sekitar. Bukankah ide besar dan begitu jauh lebih sedikit boros jika setiap buku bisa dibaca oleh banyak orang? Itu belum tentu lebih baik bagi orang yang mencoba untuk menjual buku tentu saja tetapi akan lebih murah bagi kita dan baik bagi planet ini. Nah kabar baiknya adalah bahwa itu sangat mungkin. Hanya bergabung perpustakaan setempat Anda dan menikmati ribuan buku dan DVD secara gratis. Tentu ada mungkin masih ada beberapa DVD langka atau merek baru, buku baru-out mereka tidak memiliki bahwa Anda masih mungkin ingin membeli, tetapi jika Anda banyak sebuah perpustakaan pembaca dapat memotong pengeluaran Anda secara dramatis serta membantu Anda menjadi 'hijau'.

2.Itu Tidak perlu, Jadilah Baru


Untuk sebagian besar iklan abad terakhir telah menjadi kekuatan membentuk hidup kita. Sejak lahir ke kubur, tujuh hari seminggu dan untuk setiap momen, kita remorselessly dibombardir dengan iklan yang ingin kita membeli 'barang' baru. Its sangat sulit untuk melawan. Jika itu mudah untuk menolak orang bisnis kemudian keras kepala tidak akan menghabiskan miliaran setiap tahun untuk iklan. Tapi itu mungkin, jika kita berusaha sangat keras, untuk mengambil langkah mundur dan bertanya pada diri sendiri apakah kita benar-benar membutuhkan widget baru. Jika kita dapat memblokir suara-suara orang-orang iklan-sejenak mungkin kita akan menyadari bahwa kita tidak perlu sama sekali. Bahkan jika kita membutuhkannya, apakah harus merek widget baru? Menghemat uang dan sumber daya planet dengan bertanya pada diri sendiri pertanyaan ini. Ada toko penghematan besar dan murah yang bisa didapat jika kita menerima bahwa beberapa hal tidak selalu harus baru.


3. Tidak lebih menggak gas



Saya tidak mengatakan bergegas keluar dan menghabiskan banyak uang rakasa Anda mengubah-truk untuk terbaru eko mahal-mobile. Lets praktis. Hal ini dimungkinkan, meskipun, untuk mengurangi jumlah bahan bakar fosil mahal dan langka-kita gunakan cukup mudah dan tanpa mengeluarkan sepeser pun. Hanya menggunakan mobil sedikit kurang. Jika di semua berjalan mungkin atau sepeda untuk bekerja. Ini menghemat biaya gas dan parkir sementara meningkatkan kesehatan jantung kita dan mengurangi risiko obesitas. Rencana belanja sehingga kita mendapatkan segala sesuatu yang kita butuhkan dalam satu perjalanan bukan beberapa. Untuk penglaju, pertimbangkan mobil-penyatuan atau angkutan umum. Hanya berpikir tentang hal itu. Ingat ketika yang cukup dingin untuk melakukan tanpa AC yang Anda dapat menyimpan 10% dari biaya bahan bakar hanya dengan switching it off. Ban berjalan di bawah tekanan gas buang yang direkomendasikan terlalu jadi memeriksa secara teratur.


4. Membeli makanan lokal


Beli secara lokal mengangkat, manusiawi, dan organik daging, telur, dan susu kapanpun Anda bisa. Pembelian dari petani setempat terus uang dalam ekonomi lokal. Supermarket penuh dengan makanan yang diangkut dari sudut yang jauh dari dunia dengan biaya yang sangat besar terhadap lingkungan. Beberapa yang tersedia tidak secara lokal dan, karena saya sudah mencoba mengatakan semua melalui bagian ini, mari kita tetap sederhana dan praktis. Aku tidak akan mendapatkan semua hijau lebih suci dari yang engkau jika seseorang naksir sebuah persik out-of-musim dari tengah-timur. Yang saya katakan adalah bahwa sering ada pilihan dan, di mana pun ada, makanan lokal yang dihasilkan mungkin lebih enak, segar, dan ramah untuk lingkungan daripada hal-hal thats telah dikirim setengah jalan di seluruh dunia.



5. Sebarkan Shower
Kami tidak sepenuhnya serius tentang gagasan berbagi, namun air sebanyak sumber daya alam sebagai energi yang digunakan untuk panas itu. Sebagai bangsa kita terkenal boros dengan kedua tetapi, tanpa menjadi bau, ada banyak yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki masalah. Sebagai contoh, mandi menggunakan air jauh lebih sedikit dan sumber daya energi dari mandi. Mandi lebih pendek mengurangi penggunaan air bahkan lebih dan akan menurunkan tagihan air dan pemanas. Seorang kepala rendah-aliran mandi cukup murah membantu dan penghematan air dan energi dengan cepat dapat membayar kembali investasi. Memiliki aerator keran pada setiap keran air panas dan menghemat juga, sekaligus menjaga tekanan air yang tinggi. Oh dan tentu saja Anda selalu dapat mengundang orang istimewa dalam hidup Anda untuk mendapatkan di kamar mandi dengan Anda. Yang dapat menghasilkan santai serta tabungan.


6. Hemat Energi anda



Kecuali Anda seorang bankir di bonus besar Anda akan peduli dengan biaya energi yang terus meningkat. Aku tahu aku. Kabar baiknya adalah bahwa apa pun yang cukup banyak yang Anda lakukan untuk mengurangi biaya-biaya akan menjadi 'hijau' juga. Beberapa, mudah hal praktis yang dapat Anda lakukan mencakup pengaturan thermostat Anda beberapa derajat lebih rendah di musim dingin dan beberapa derajat lebih tinggi di musim panas untuk menghemat biaya pemanasan dan pendinginan; memasang bola lampu neon kompak (CFL) ketika lampu lama Anda harus diganti; mencabut peralatan saat Anda tidak menggunakan mereka; pakaian mencuci di air dingin jika memungkinkan karena sebanyak 85 persen dari energi yang digunakan untuk mesin-cuci pakaian pergi ke pemanas air; menggunakan rak pengeringan atau jemuran setiap kali Anda bisa untuk menyimpan energi yang digunakan dalam mesin pengering. Tak satu pun dari yang membutuhkan membutuhkan biaya tetapi akan menghemat sumber daya uang dan langka energi.


7. Pintar dalam belanja


Sebuah pikiran kecil dapat membuat perbedaan besar. Sebagai contoh, kita bisa membeli pakaian yang tidak perlu kering-dibersihkan untuk menghemat uang dan mengurangi limbah beracun. Daripada terus-menerus mengganti pakaian dengan apapun iklan-orang meyakinkan kita adalah yang terbaru 'harus-memiliki' gaya yang benar-doesnt sesuai dengan kita, kita bukannya bisa hanya membeli sedikit, pakaian yang lebih baik berkualitas dalam gaya yang lebih klasik yang tidak tanggal agar mudah dan menjaga mereka lebih lama. Tapi mungkin hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah bertanya apakah kita benar-benar perlu untuk membeli sesuatu sama sekali. Negara ini menghilang di bawah gunung 'barang'. Setiap orang memiliki garasi dan loteng dan basement penuh itu. 'barang' Sangat baik dibuang setiap hari untuk membuat jalan bagi 'barang' baru. Jadi mari kita lebih pintar. Apakah kita benar-benar membutuhkan apa pun yang kita sedang tergoda untuk membeli? Dan jika kita lakukan, dapat kita membeli produk yang paling merusak lingkungan? Its hanya dengan cara yang berbeda untuk melihat sesuatu.



8. Daur ulang elektronik


Kebanyakan sel-ponsel, komputer dan 'hal' listrik lain mendapat diganti bukan karena perlu tetapi hanya karena iklan-orang telah berhasil meyakinkan kita bahwa ide yang baik. Ini adalah ide yang baik, untuk mereka dan produsen. Bagi kami meskipun kadang-kadang hanya menyimpan hal-hal yang bekerja cukup baik akan lebih lama masuk akal ekonomi dan lingkungan yang lebih baik. Ketika gizmos kami akhirnya melakukan menggigit debu kita harus mendaur ulang mereka bertanggung jawab karena E-limbah mengandung merkuri dan racun lainnya dan merupakan masalah lingkungan yang berkembang. Cell-ponsel dapat didaur ulang dengan cukup mudah dan bahkan jika komputer Anda tidak memiliki lonceng terbaru dan peluit mungkin ada seseorang yang akan senang memilikinya. 'barang' Jika kita dibuang dapat digunakan oleh orang lain pasti itu lebih baik daripada maka dibuang atau kiri untuk mengumpulkan debu.


9. Gunakan Internet

Mungkin tampaknya dengan semua ini berbicara tentang tidak suckered menjadi ada pada '-ujung tombak' teknologi, di mana hal-hal selalu mahal, bahwa aku tidak antusias tentang teknologi tapi saya. Ada banyak kali saat menggunakan internet secara positif dapat membantu kita menjadi lebih hijau. Home-kerja melalui internet adalah sebuah contoh bagus karena menggunakan sumber daya yang jauh lebih sedikit daripada mengendarai gas-pemabuk melalui kemacetan lalu lintas untuk sampai ke kantor. Oke, kita dapat tidak semua bekerja dari rumah, tetapi ada hal-hal lain yang dapat kita lakukan. Seperti memeriksa barang murah digunakan pada tempat-tempat seperti Ebay dan Craigslist atau menggunakan salah satu layanan online yang memungkinkan orang untuk saling bertukar atau lulus pada hal-hal lama mereka seperti Freecycle.org. Ada informasi tentang layanan lokal gratis dan kembali bersepeda, perpustakaan, dan mobil-penyatuan di daerah Anda, serta bantuan lokal dan pemerintah untuk lebih hemat energi. Internet adalah harta karun-absolut informasi tentang cara menghemat uang dan hijau juga. Jadi gunakan Internet dan menjadi 'hijau'.


sumber : http://webecoist.com/2009/08/02/10-s...s-to-go-green/

March 07, 2011

cerita berlanjut....

10:07 PM
siang ini, setelah makan siang aku mencoba untuk membuka blog yang sudah lama aku tinggalkan ini..mendadak rindu untuk menulis sesuatu yang tidak penting terlintas di kepalaku. aku mencoba membuka blogger lagi, login..eng ing eng..ternyata masih bisa di buka cukup senang juga rasanya..

karena lagi gak ada kerjaan siang ini di kantor. jadi aku akan coba jabarkan sedikit tentang keadaan ruangan kantorku (untuk sebulan ini). di depanku duduk anak smk sedang memainkan komputernya. di sebelah kiri ku ada seorang curut yang sedang mencoba peruntungannya di dunia judi offline..sepertinya masih belum menyerah walaupun sudah beberapa kali kalah. di sebelahnya lagi ada seorang anak yang juga memainkan komputer, di sebelahnya lagi, dan sebelahnya lagi..sepertinya kami punya kesibukan tersendiri di ruangan ini.

mungkin minggu ini aku akn mencoba memperbaiki blog (jika lagi mood tentunya..hehe..) sambil membuat laporan dan kesibukan lainnya..sudah saatnya membenahi blog ini sambil menghilangkan suntuk dalam ruangan ini.

good day...:)

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts