October 17, 2011

hadapilah dindingmu sekarang!!

5:34 PM
hari ini adalah hari pertama gue menapaki perkuliahan di semester tujuh. dan tentu saja ini menjadi titik kritis dalam hidup gue, gimana nggak dalam semester ini gue mesti menyelesaikan proyek akhir (skripsi) secepatnya dan mempersembahkan gelar sarjana teknik  ke orang tua gue tercinta. Lo pasti tau bagaimana kegalauan yang gue hadapi saat ini. seakan-akan gue belum siap menghadapi projek akhir ini. waktu memang cepat berlalu..
tadi siang gue mengikuti pertemuan untuk bimbingan. Sekaligus memahami semua tetek bengek tentang projek akhir . nggak tau kenapa gue rasanya deg-degan banget, rasanya gak karuan. Karena ini adalah fase penting gue mendengarkan semua penjelasan dari coordinator PA gue dengan serius dan seksama. Gue catat semua yang gue rasa perlu untuk di catat. Gue jadi inget acara game reality di tipi dulu kalo gak salah namanya hall in the wall. Presenternya sering bilang kayak gini “siap tidak siap hadapilah dindingmu sekarang!!” dan sebuah dinding berjalan menuju peserta dan peserta harus memilih yang manakah gambar yang memiliki lobang agar si pemain tidak terjatuh ke dalam kolam di bawahnya karena terkeseret dinding tadi. Sekarang peran gue seakan-akan jadi peserta di game itu. Dan gue  akan bersiap-siap menghadapi dinding gue, bagaimanapun gue mesti siap. Siap grak!!
Akhirnya pertemuan selesai. Gue langsung menuju kosan. Pikiran gue masih kacau, yang harus gue lakuin sampai minggu depan ialah menemukan judul untuk PA gue, tapi kkarena hati yang galau ini akhirnya gue memutuskan untuk refreshing dulu. Biar pikiran gue nggak tambah kalut gue pergi ke gramedia. Ya mudah-mudahan dengan membaca buku gue bisa menenangkan pikiran dan mendapat inspirasi untuk judul PA gue.
Macet!! Itulah yang menghiasi sepanjang perjalan gue menuju gramedia. Di tambah hujang yang kayaknya mulai turun rintik-rintik membuat gue gak sabar pengen nyampe di gramedia, maklum si revolina s temat gue baru di cuci, kan sayang kalo sampe kotor.  Hehehe….
Akhirnya gue sampai di gramedia. Gue masuk langusng menuju ke tangga yang berada di tengah ruangan. Di kanan kiri gue berjejer tas- tas dan mbak-mbak spg. Gue langsung tancap ke lantai dua.
Sesampainya di lantai dua, gue mulai melihat ke kanan kiri gue. memilih daerah yang akan gue ekplorasi. akhirnya mata gue tertuju ke rak buku tentang traveling, yawdague langsung singgah.
  Setelah melihat beberapa baris buku akhirnya mata gue tertuju ke satu buku yang berjudul “Merah Putih di Benua Biru”, sepertinya bagus . guepun menuju tempat duduk yang sudah di sediakan, selamat membaca!!

Buku yang gue baca ini menceritakan petualangan penulis ketika mendapat program exchange student ke Polandia..wawwww…  seru banget pastinya… dia menceritakan bagaimana perjuangannya untuk bisa ke sana. Gue jadi  iri  sama ni orang, dia udah menginjakkan kakinya di eropa, di benua biru. Mudah-mudahan gue bisa bersekolah atau paling tidak menginjakkan kaki gue di benua biru itu amin ya allah.
Abis baca-baca dan melihat-lihat buku lainnya gue pun kembali ke kosan Dan melanjutkan kegalauan gue  mencari judul untuk PA gue. mudah-mudahan mala mini gue bisa mendapatkan pencerahan untuk  judul PA gue. amin ya allah… semangat!!!

July 20, 2011

Musholla baru

9:18 PM

tadi malam gue bersama temen gue datang ke mushola di sebelah rumah dalam rangka sukuran plus pembukaan musholla untuk umum cieilleee..jujur gue juga larut dalam euphoria berdirinya musholla kami ini. dengan adanya musholla ini gue yakin penduduk komplek gue bisa legih dekat dan solid. Sholat pertama di musholla ini di mulai pas maghrib tadi (gue nulis ini abis pulang dari musholla :D), walaupun gak jadi sholat maghrib di musholla Alhamdulillah gue sama temen-temen gue dapet sholat isya di sana. Sholat maghrib gagal di musholla di karenakan musholla yang penuh sesak oleh masyarakat setempat. Sehingga kami kehabisan tempat.

“Dod cepet dod..udah azan” teriak gue ke Dodi yang kontan langsung keluar kamar dengan baju kokonya. Kami berlari menuju musholla tapi apa daya tempat gak ada lagi dengan hati remuk kamipun kembali ke peraduan. “yaaa udah penuh..gimana Dod?” Tanya gue ke Dodi, Dodi menjawab “yaudah pulang aja ntar kesini lagi ka nada acara makan-makan hehe..”gue “yaudah”.

Akhirnya kami pulang sesampai di rumah ada panggilan dari ibu tetangga yang “mengintruksikan” kami untuk datang hehe..akhirnyaa..kamipun menuju ke mushola. Sebenernya malu juga kalo balik lagi ke musholla, Kan tadi gak sholat di sana ternyata masyarakat peduli dengan kami T_T..(thanks warga).

Sholat isya selesai bapak-bapak dan ibu-ibu jemaah musholla memulai rapat untuk merundingkan maslah sholat tarawih dan ceramah yang akan di adakan di bulan ramadhan walau berjalan a lot akhirnya keputusan yang bijaksana dapat diambil.

Daaannn besok mudah-mudahan gue bangun pagi biar bisa sholat subuh di musholla kami tercinta..see you.. :D

July 18, 2011

Kampar kota sepeda (sebuah impian)

7:31 PM
(Wah rada berat nih yang judulnya :D. tapi gak masalah, tetap nikmati tulisan gue)

Gue punya sedikit impian untuk kota kelahiran gue, Bangkinang. kampung halaman gue yang sangat gue cintai. Mungkin banyak yang belum tahu mengenai Bangkinang. Tapi gue yakin setelah lo kenal dengan Bangkinang, lo bakal suka dengan kota yang satu ini. gue ceritain dikit deh mengenai Bangkinang.
Bangkinang itu ialah ibukota kabupaten Kampar. Merupakan salah satu kabupaten di provinsi Riau, Bangkinang mempunyai bahasa khas yaitu OCU, bahasa OCU itu seperti perpaduan cengkok bahasa melayu dengan Minangkabau. Kehidupan masyarakatnya yang agamis dan berpegang kepada adat membuat Bangkinang menjadi daerah yang unik.
Sekarang sedang maraknya kampanye bersepeda, daerah guepun gak mau ketinggalan. Keseriusan untuk mengkampanyekan sepeda di tunjukkan dengan terbentuknya koseka (komunitas sepeda kampar). Koseka inipun mendapat respon positif dari masyarakat Kampar khususnya Bangkinang. Perubahanpun terlihat di Bangkinang, tiap hari minggu masyakat berbondong-bondong memakai sepeda atau sekedar mararthon untuk mengisi kegiatan di pagi minggu. Walaupun gue belum punya sepeda gue juga sangat menyambut positif hal-hal seperti ini secara gue peduli sama lingkungan (hehehe..). gue berharap aja suatu hari semua masyarakat Bangkinang menggunakan sepeda. Betapa hebatnya kita. Dimana-mana yang terlihat hanya pengendara sepeda. Wawww..i’ts so cool.
Gue juga berharap Pemerintah tidak tinggal diam, mereka juga ikut ambil andil dalam hal pembangunan fasilitas untuk sepeda seperti parkiran sepeda, lajur sepeda dan lain-lain. Kita bisa menjadi daerah percontohan pengguna sepeda. Kita bisa melihat anak-anak smp, sma hanya menggunakan sepeda ke sekolah ini juga berdampak positif karena resiko kecelakaan bisa turun. Kita lihat jepang. Mereka salah satu Negara yang memproduksi sepeda motor terbesar didunia, tapi masyarakatnya menggunakan sepeda kemana-mana. Saking banyaknya pengguna sepeda di sana, sepedapun di beri stnk (surat tanda nomor kendaraan) jadi sepeda posisinya sudah setara dengan kendaraan umum lainnya di sana.
Gue juga berharap mudah-mudahan kegiatan bersepeda yang di lakukan masyarakat Bangkinang atau masyarakat Indonesia bukan hanya sekedar tren belaka, mudah-mudahan sepeda bisa menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

June 23, 2011

Standard operational procedure (sop)

7:34 AM

Sekarang di kampus gue lagi maraknya menempel sop di laboratorium. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan agar semua kegiatan di laboratorium terstruktur dan di lakukan dengan lebih bertanggung jawab. Sop biasanya berisi standar procedure untuk melakukan sesuatu agar semua sesuai dengan standar yang di berikan instistusi maupun sebuah perusahaan (pengertiannya menurut gue) .sop sangat di butuhkan untuk menjaga kualitas kerja dan keselamatan karyawan atau mahasiswa atau yang terkait di dalamnya. Contoh kecilnya saja ketika kita menghidupkan dan mematikan computer, kita punya standar operasional procedure sendiri seperti pertama menekan tombol power, tidak mematikan computer dengan paksa, tidak menghapus file yang bersangkutan dan banyak lagi. Ini sangat erat hubungannya dengan kedisiplinan individual yang melakukan sop itu sendiri untuk keselamatan dan keamanan kerja.

Mungkin tujuan lain di tempelnya sop ini karena sudah banyak pelanggaran terhadap standar kerja atau standar praktikum yang di langgar mahasiswa di kampus gue. Walaupun menurut gue sop yang kami lakukan setiap harinya sudah benar mungkin saja menurut kampus kami sopnya perlu di tingkatkan lagi.

Di perusahaan-perusahaan sop juga di berlakukan dengan ketat kepada karyawannya. Semakin berbahaya pekerjaan yang di lakukan karyawan, semakin ketat pula sop yang di terapkan perusahaan. Ini semuademi keselamatan pekerja dan standar kualitas pekerjaan yang di lakukan. Sedikit pesan gue buat temen-temen gue. Sop wajib kita taati karena semua sop itu sudah di ukur dan di perkirakan resikonya oleh pembuat sop.

June 22, 2011

ganti selera

1:50 AM

minggu ini gue mulai mengganti selera makan. soalnya lidah udah mulai boring mencicipi rasa yang sama. pindah tempat makan adalah solusi yang sangat tepat untuk melakukan misi penggantian selera gue. bosen itu kadangkala menerpa seseorang tanpa kode. pas bosen..plek ya langsung bosen begitu juga lidah gue. sebenarnya ganti selera ini termasuk variasi dalam komitmen. loh? loh? apa hubungannya coba antara ganti selera dengan komitmen....????

ganti selera itu kadang kita perlukan untuk variasi biar kita gak bosen seperti pacaran juga(walalupun saya jomblo setidaknya saya mengerti sedikit masalah seperti ini..hehehe) kadang kebosanan terhadap pasangan kita (cieilee pasangan euy)sudah di ubun-ubun kepala. mau gak mau kita bakal cari pelarian (variasi) untuk menghilangkan kebosanan kita kepada pacar seperti tidak telpon-telponan tidak smsan dan yang lebih extrim mencari pacar baru(kalo yang ini jangan sampai terjadi). ini bukan sebuah masalah besar ini hanya bentuk sebuah kebosanan yang di hadapi sebagian besar pasangan terhadap pasangannya yang lain. ini juga akan menghasilkan nilai positif terhadap pasangan tersebut. contohnya setelah bosen ilang hubungan kita akan lebih enak lagi, lebih bergairah gitu. hehehe..tapi sebagai seoarang pasangan yang bertanggung jawab dalam menjalani hubungan kita butuh komitmen. komitmen ini yang bakal jadi pita merah hubungan kita, istilah negaranya GBHN (garis besar haluan negara).

mungkin beberapa orang bilang komitmen indentik dengan konsistensi. kalo menurut gue kita yang menjalani hubungan konsisten kok tapi konsistensi harus ada jeda juga. ini untuk menjaga kenyaman dalam hal apapun. untuk menjaga balance biar keihdupan kita gak monoton..hehe..

begitu juga dengan makan. gue sudah berkomitmen untuk makan di restoran ini tapi pas di tengah jalan gue boring terpaksa gue ganti selera karena kalo di paksain makan di situ juga bisa-bisa muntah ngeliat sambal sama nasinya. jadi ganti selera itu pentinglah menurut gue. bukan melanggar komitmen di awal tapi ganti selera itu sebuah variasi. dan untuk tempat makan yang sering gue datengin minggu ini gue minta maap ama elu. klo gue paksaain ntar gue muntah di tempat. ini akan berlangsung beberapa hari ke depan. thanks buat tempat makan gue yang udah ngertiin gue..

June 20, 2011

untuk bang Alif Fuadi (penulis negeri 5 menara)

9:17 AM

perasaan ku gak karuan ketika selesai membaca novel ini. okeh..mungkin aku agak telat bacanya, kurang update gitu..hehe..maklum kesempatan untuk baca tulisannya bang Alif Fuadi ini baru sekarang. sampai jam segini perasaan ku masih gak menentu. sekali lagi salut sama bang Alif.
man jadda wajada siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. beuuhhh...ngena banget. alur cerita yang bagus dengan lelucon buat kita gak bosen-bosen. pokoknya serulah...hehehe..
setelah baca ini jadi inget satu kalimat dari Ali Bin Abi Thalib "jika kamu berusaha sedikit lebih keras maka kamu akan berpindah dari satu takdir ke takdir lainnya". sepertinya man jadda wajada klop banget klo di sandingin sama kalimat di atas.
jujur setelah baca buu ini aku jadi iri sama bang Alif. ternyata masuk pesantren itu seru ya. banyak pengalaman yang bisa kita dapatkan. jadi pengen masuk pesantren..hehehehehe....kebayang aja kita belajar 24 jam, wuiiihhh seru. yang kita tahu hanya belajar dan memperkaya diri dengan imu serruuuuuuuuuu.....tapi walalupun sekarang aku bukan anak pesantren setidaknya semangat pesantren tumbuh dalam jiwa ragaku (cieeileeee..) setelah membaca buku ini semangat untuk memperbaiki diri timbul. mudah-mudahan niat untuk belajar lebih giat juga. dan bertahan dalam jiwa raga. karena seseorang yang menuntut ilmu itu sama saja jihad.
terakhir yang mau aku sampaikan ialah ..."semangat dan be positive" oy satu lagi "keikhlasan" hehe..

March 12, 2011

kualitas

6:24 PM
pagi ini gue ke ke kantin makan lontong. pas lagi mesen gue ngeliat krupuk peyek (di daerah gue namanya ini). gue peratiin peyeknya beda dari yang biasanya. biasanya peyek diatasnya pake ikan teri atau kacang tanah eh ini udah di ganti pake kacang ijo..?? wtf of this nih..? yaudah daripada penasaran gue cobain. pas gigitan pertama rasanya masih sama dengan yang biasa, gigitan kedua, ketiga sampe gigitan ke tujuh baru berasa kalo kacang ijo yang di taburi di atas peyek ini keras -_-"...yaudah daripada rugi mending gue abisin aja..

mungkin kalau soal kreatifitas memang gue akuin yang bikin peek tadi cukup kreatif. jujur seumur-umur baru pertama kali makan peyek dengan taburan kacang ijo di atasnya. saran dari gue, kreatifitas seharusnya juga di imbangi dengan kualitas hasil. ini yang akan membat produk mbak ato mas yang buat bisa menang di pasaran. (cuma saranbodoh dari seorang awam).

nah lontong guepun datang. tapi baunya agak aneh. loh?? loh? ada apalagi ini?...dan mengingat gue orang yang gak suka mubazir akhirnya lontong itu dengan berat hati gue santap juga. perpaduan yang mengerikan anatra bau lontong dengan peyek yang di taburi kacang ijo tadi.

tapi alhamdulillah semuanya habis gue santap. hehehe..

pas lagi "eneg"nya makan lontong tiba-tiba ibu di samping gue berbincang dengan bapak di sebelahnya. kira-kira begini ilustrasinya :

ibu : "pak ujang(kita sebut saja namnya ujang)..klo mau terapi di deket gang itu aja murah loh..jangan yang disana mahal, nggak bagus"
pak ujang : "yang bener buk..yaudah nanti saya kesana"

okeh mungkin maksud ibu itu baik tapi cara dia mengatakan "jangan yang disana mahal, nggak bagus". kalau dipikir-pikir kok yang mahal di bilang nggak bagus sih..memang yang murah itu belum tentu murahan tapi gue gak enak aja denger ibu itu langsung ngejudge tempat terapi yang disana itu. ka kalau bagus biasanya pasti bagus dong. kan duit gak pernah bohong, tapi yaudahlah gak mungkinkan gue nyelah ibu-ibu itu. kenal aja kagak..

okeh deh cukup untuk hari ini..:D

March 10, 2011

"peraturan dibuat untuk di langgar"

4:58 PM

begitulah jawaban dari seorang pelanggar jika di tanya kenapa melanggar peraturan -__-"..jawaban seperti ini menurut gue adalah jawaban paling sampah yang pernah gue dengar. di tempat gue kerja banyak teman kantor yang mengatakan yang demikian. mungkin menurut mereka itu sekedar becandaan atau mencari sesuatu pembenaran dari apa yang mereka lakukan. tapi menurut beberapa orang itu sudah menunjukkan mental sampah yang ada dalam diri mereka. maap sebelumnya nih ye, bukannya gue munafik atau apa. tapi tolong dong peraturan di buat karena kita di anggap sudah mampu untuk mellaksanakan dan mematuhinya jadi kalau ente-ente sekalian masih belum bisa mematuhi peraturan tersebut tolong jangan di buat dulu. okeh..okeh kita kembali ke hukm asala kalau peraturan itu di buat untuk mendisiplinkan suatu oraganisasi atau golongan atau masyarakat, dan tentu saja banyak yang akan melanggar. mungkin karena melanggar peraturan itu termasuk sesuatu yang menyanangkan menurut mereka atau apalah. yang jelas melanggar peraturan itu sangat salah. gue tegasin lagi jika suatu peraturan mulai di berlakukan berarti kita sudah masuk salam tahap untuk sebuah kebaikan atau menjadi lebih baik lagi. tapi memang dasar manusia pada umumnya (termasuk gue) suka melanggar peraturan.

atau alasannya melakukan kesalahan adalah sesuatu yang memacu adrenalin gue gak tau juga. sepertinya kita memang suka melanggar peraturan deh. gue jadi inget sebuah penelitian yang di buat oleh pak Tukiyo. mereka membuat kotak seperti kotak di wartel-wartel. trus di luarnya di tulis jangan melihat ke lubang ini! (di tengahnya di lubangi). kotak ini di taruh di tempat umum dan tau apa yang dilakukan rata-rata orang? mereka melihat ke dalam kotak tersebut. tentu saja mereka mendapatkan ganjaran karena melanggar peraturan yang di tulis di luar lubang. tapi mereka malah marah-marah dengan orang di dalam kotak yang melemparkan kue pai ke muka mereka. loh? kok marah? padahal dia yang melanggar..-_-".

contoh lainnya yaitu merokok dalam ruangan ber-AC, melanggar peraturan lalulintas yang sebenarnya peraturan itu di buat untuk keselamatan kita juga pokoknya masih banyak peraturan yang di langgar. capek deh..

mulai hari ini ayo dong kita sama-sama berubah. jangan melanggar peraturan lagi. buat apa coba? gak ada gunanya juga, justru semakin kita mematuhi peraturan itu akan semakin baik untuk kita semua. kita berkaca dari negara-negara maju, mereka sangat mematuhi peraturan yang di buat mereka karena apa? karena mereka sudah terbiasa mendisiplinkan diri mereka. mematuhi peraturan adalah llangkah awal untuk kita menuju ketahap selanjutnya. dari ugal-ugalan menuju ketertiban.

March 09, 2011

jebol

5:01 PM
pagi ini ada berita yang mngejutkan. proxy kantor jebol..wahhhhh senangnya...pas gue coba buka yang aneh-aneh (hihihi..) ternyata gak bisa -_-"..ternyata pemberitaaan tentang jebolnya hanya lelucon pagi ini..payahhh..

seperti halnya masyarakat indonesia. gue juga sangat sensitif dengan isu-isu dan berita yang berkembang. tidak peduli apakah berita itu benar atau tidak, yang jelas berita itu akan menjadi hot news di sekitar kita. saking sensitifnya kita tidak bisa memfilter berita yang masuk. mungkin perkembangan jaman yang serba online sekarang ini juga mempengaruhi perilaku dalam penerimaan berita. karena dengan seringnya seseorang terjun ke dalam dunia maya semakin banyak orang yang akan memberikan informasi tidak berdasarkan fakta. semakin sulit membedakan kebenaran dan joke. sudah banyak berita lelucon yang mengemparkan dunia, ada juga yang nggak percaya tapi yang percaya kayaknya lebih banyak.

makanya kita perlu untuk memfilter berita yang masuk agar berita bisa kita kontrol dan tahu kebenarannya. sebenarnya sulit memfilter berita yang masuk karena kita juga tidak tahu apakah berita yang benar itu benar atau tidak. sumber berita yang terpercaya juga mempengaruhi kebenaran dari berita.

trus apa hubunganya dengan jebol? hubunganya ialah jika lo nggak bisa memfilter informasi atau apapun yang masuk ke dalam telinga dan mata lo maka pertahanan lo bakal jebol. mana tau berita yang masuk itu itu ada virusnya tapi karena nggak di filter pertahanan lo bisa di jebol orang lain. lo bakal mudah di pengaruhin orang lain di sekitar lo..

intinya filter semua berita yang masuk. karena gak semua yang lo dengar dan lihat itu benar..:D

contact me

hallo! saya hairil habibi. saya adalah salah satu Social Media Enthusisast dan sangat Passionate mengenai Komunitas. tahun 2014 saya bersama teman mendirikan Kongkownulis sebagai sarana untuk semua orang dalam mengekpresikan pemikiran mereka dalam tulisan. masa lalu saya alhamdulilah di penuhi oleh pasang surutnya dunia keorganisasian di kampus. dan pemikiran-pemikiran absurd dengan campuran mimpi level keras! blog ini akan lebih banyak berisi pendapat-pendapat saya mengenai kehidupan atau apa saja yang menurut saya menarik untuk di ceritakan.. mudah- mudahan bisa menginspirasi.. :D untuk kritik, saran, komentar dan pertanyaan layangkan ke hairilhabibi[at]gmail[dot]com

Recent

recentposts

Random

randomposts